Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Mau Sulam Bibir seperti Barbie Kumalasari? Kenali Dulu Efek Sampingnya

Mau Sulam Bibir seperti Barbie Kumalasari? Kenali Dulu Efek Sampingnya

Barbie Kumalasari baru saja menjalani sulam bibir hingga bibirnya tampak bengkak. Sebelum menjalani prosedur ini, yuk kenali efek sampingnya!

Klikdokter.com, Jakarta Baru-baru ini, warganet dihebohkan dengan swafoto selebritas Barbie Kumalasari. Dalam fotonya, Barbie menunjukkan dirinya yang baru saja menjalani prosedur sulam bibir. Seperti dikutip dari Liputan6.com, karena baru pertama kali, aktris sensasional itu sempat terkejut dengan efek samping sulam bibir tersebut.

Pasalnya, bibir Barbie Kumalasari menjadi dua kali lebih besar dari ukuran normal. Bahkan, dia mengaku sempat takut melihat wajahnya sendiri saat becermin. Karena merasa tak percaya diri, Barbie sempat enggan memperlihatkan wajah di hadapan orang-orang dan memilih menggunakan masker. 

Melihat kondisi di atas, apakah sulam bibir aman untuk dilakukan? Selain itu, adakah efek samping yang menyertai Anda pasca melakukan sulam bibir?

Sulam bibir dan efek sampingnya

Dilansir dari Healthline, sulam bibir adalah prosedur kecantikan dengan memasukkan pigmen warna ke bibir Anda menggunakan jarum berukuran kecil. Hasil yang diharapkan usai menjalani prosedur ini adalah bibir akan berwarna merah jambu, meski tidak dipoles lipstik.

Hasil yang didapat dari sulam bibir ini tidaklah permanen. Setelah beberapa bulan atau setahun, Anda tetap harus me-retouch agar sulam bibir kembali tampak sempurna. Meskipun semakin populer belakangan ini, prosedur ini bukannya tanpa risiko dan efek samping.

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, setiap metode kecantikan, termasuk sulam bibir, tetap memiliki efek samping.

“Kondisi bibir bengkak, misalnya, umum terjadi ketika Anda baru melakukan prosedur sulam bibir. Namun, normalnya, bibir bengkak ini akan hilang dengan sendirinya sekitar beberapa jam atau beberapa hari. Jika bengkak tak kunjung membaik dalam kurun waktu satu minggu bahkan lebih, tandanya ada yang salah selama proses sulam bibir berlangsung, ” ujar dr. Dyan Mega.

Tidak hanya terlihat bengkak, masih ada efek samping yang juga bisa Anda rasakan usai menjalani sulam bibir, yaitu: 

  • Iritasi 

Karena proses sulam bibir dilakukan seperti tato, yakni dengan menggunakan jarum, bukan tidak mungkin bibir Anda jadi teriritasi. Kulit bibir itu tipis dan sensitif, sehingga mudah mengalami iritasi apabila ada benda yang menusuk bibir, terutama jika suntikan dilakukan dalam kurun waktu yang cukup lama. 

Selain itu, warna merah yang ada di sekitar bibir pasca sulam bibir adalah bentuk iritasi yang bisa hilang dalam waktu beberapa jam. Akan tetapi, itu semua tergantung pada pada kondisi kulit bibir dan ketebalan bibir masing-masing orang.

  • Alergi 

Selain iritasi, sulam bibir juga berisiko menimbulkan alergi. Warna tinta yang digunakan untuk memberi warna pada bibir, bisa menimbulkan alergi pada wanita yang memiliki kulit sensitif.

Alergi yang dirasakan biasanya berupa gatal, bengkak, bibir terasa terbakar, dan kering. Jika hal ini terjadi pada Anda, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan alergi Anda. 

  • Kulit bibir jadi tipis 

Jarum yang disuntikkan pada bibir bisa membuat kulit bibir jadi semakin tipis dan merusak lapisan epidermis pada bibir.

“Lapisan epidermis adalah lapisan teratas pada kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit. Jika lapisan epidermis rusak, permukaan kulit bagian bawah tentu tidak ada yang melindungi dan membuat bibir jadi lebih cepat kering, menghitam, terkelupas, dan tipis, ” tutur dr. Dyan Mega. 

  • Menimbulkan luka 

Karena menggunakan jarum suntik, risiko bibir menjadi luka akibat suntikan pun semakin meningkat. Jika Anda melakukan sulam bibir di tempat yang kurang profesional dan tidak tersertifikasi, bukan tidak mungkin bibir Anda jadi terluka dan semakin meradang setelahnya. 

  • Risiko tertular HIV atau hepatitis 

Higienitas adalah yang utama saat menjalani prosedur semacam ini. Apabila peralatan yang digunakan tidak steril, seperti jarum bekas pakai, Anda akan berisiko terkena penyakit menular, seperti HIV dan hepatitis. Itulah sebabnya, lakukan prosedur kecantikan apa pun—bukan hanya sulam alis—di tempat dan dokter yang tepercaya serta profesional.

Jadi, amankah?

Mengetahui beberapa efek samping yang mungkin dialami oleh pasien sulam bibir, amankah sulam bibir untuk dilakukan? 

Menjawab pertanyaan tersebut, dr. Dyan Mega mengatakan bahwa sulam bibir pada dasarnya aman untuk dilakukan. Dengan catatan, semuanya dilakukan oleh dokter atau ahli kecantikan profesional. 

“Semua orang memang bisa belajar sulam bibir. Tapi tidak semua orang punya pengetahuan tentang medis yang bersangkutan dengan prosedur tersebut. Selain itu, tidak semua orang memahami betul jaringan-jaringan yang ada di bibir. Saat dua hal ini tidak dipahami, risikonya akan besar,” kata dr. Dyan.

Anda saat ini mempertimbangkan menjalani prosedur sulam bibir seperti yang dilakukan Barbie Kumalasari? Kalau iya, pilihlah klinik atau rumah sakit dan dokter ahli yang tepercaya. Jangan tergiur dengan harga lebih murah yang ditawarkan. Hal ini penting untuk mencegah efek samping yang ditimbulkan sulam bibir.

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar