Sukses

Mencukur vs Mencabut Bulu Ketiak, Mana Lebih Baik?

Banyak orang ingin menghilangkan bulu ketiak karena dianggap mengganggu. Mana metode yang lebih baik: mencukur atau mencabut?

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang yang telah memasuki usia pubertas biasanya akan memiliki bulu ketiak. Menurut dr. Atika dari KlikDokter, rambut-rambut di ketiak memiliki fungsi untuk melindungi kulit di daerah tersebut agar tidak mudah iritasi dan terkena infeksi. Sayangnya, tidak sedikit yang malah menganggap bahwa kehadiran bulu ketiak adalah hal yang mengganggu.

Nah, Anda yang tidak nyaman punya bulu ketiak pasti berpikir untuk menghilangkannya. Cara yang bisa dilakukan adalah mencukur atau mencabut. Keduanya sama-sama bisa menghilangkan bulu ketiak dengan cepat.

Mencukur bulu ketiak sangat mudah dilakukan. Namun, metode ini tidak sepenuhnya efektif karena bulu ketiak akan tumbuh kembali dalam beberapa hari hingga minggu. Lalu, bagaimana dengan mencabut? Tindakan ini efektif menghilangkan bulu ketiak dan mencegah pertumbuhannya selama beberapa saat. Akan tetapi, mencabut bulu ketiak bisa menimbulkan risiko infeksi maupun iritasi.

Mana yang terbaik?

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, tidak ada yang lebih baik antara mencukur atau mencabut bulu ketiak. Keduanya sama-sama bisa menyebabkan efek samping merugikan apabila dilakukan.

"Tidak hanya mencabut, mencukur bulu ketiak juga bisa menimbulkan iritasi. Penggunaan pisau cukur pada orang dengan kulit sensitif dan kering bisa mengiritasi permukaan kulitnya," ujar dr. Dyan Mega.

"Kalau ditanya mana yang lebih baik antara mencukur atau mencabut bulu ketiak, tidak ada yang lebih baik di antara keduanya. Ini karena dua-duanya mempunyai risiko masing-masing,” sambungnya.

Lalu, adakah cara aman yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bulu ketiak? Ada! Berdasarkan penuturan dr. Dyan Mega, cara yang relatif aman dan efektif menghilangkan bulu ketiak adalah dengan metode Intense Pulsed Light (IPL).

Apa itu metode IPL? Mudahnya, ini adalah cara menghilangkan bulu ketiak dengan sinar laser intensitas rendah. Metode ini terbukti mampu ‘memusnahkan’ bulu ketiak hingga ke akarnya.

Metode IPL memiliki risiko yang lebih rendah untuk mencetuskan iritasi, sekalipun pada orang yang memiliki kulit sensitif atau kering. Bisa dibilang, metode ini adalah cara terbaik untuk menghilangkan bulu ketiak hingga tuntas.

“IPL bisa memberikan hasil yang memuaskan dalam menghilangkan bulu ketiak. Hanya saja, metode ini tidak bisa dilakukan dalam satu kali treatment,” ungkap dr. Dyan Mega.

Melanjutkan penjelasan, dr. Dyan Mega mengatakan bahwa metode IPL tahap awal hanya mampu membasmi bulu ketiak yang sudah ‘dewasa’. Apabila bulu ketiak masih ‘bayi’, maka IPL masih belum mampu menjangkaunya.

“Bulu ketiak yang masih bayi belum bisa dihentikan pertumbuhannya atau tunggu dewasa dahulu baru bisa dihilangkan. Tapi, metode ini lebih aman bagi kulit sekalipun memiliki kondisi kulit yang sensitif. Risiko iritasinya juga lebih aman dibandingkan mencukur atau mencabut bulu ketiak," pungkas dr. Dyan Mega.

Tertarik mencoba metode Intense Pulsed Light (IPL) untuk menghilangkan bulu ketiak secara permanen? Atau, Anda tetap memaksakan diri untuk mencukur atau mencabut bulu ketiak? Metode apapun yang dipilih, semuanya dikembalikan lagi ke pribadi Anda masing-masing. Yang penting, jangan sampai niat menghilangkan bulu ketiak malah menimbulkan masalah baru bagi Anda.

(NB/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar