Sukses

Pendapat Dokter Terkait Manfaat Penggunaan Jade Roller

Beberapa tahun belakangan, jade roller menjadi tren tersendiri dalam perawatan kulit. Apa pendapat dokter terkait manfaat penggunaan jade roller?

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki kulit sehat tampak awet muda adalah dambaan setiap wanita. Tak heran, banyak yang rela menghabiskan banyak uang untuk “investasi” berbagai produk perawatan kulit. Salah satunya adalah batu giok dalam bentuk jade roller. Bagaimana pendapat dokter tentang penggunaan jade roller untuk kesehatan dan kecantikan kulit?

Metode pemijatan wajah dengan menggunakan alat jade roller disebut sebagai jade rolling. Jade roller berbentuk menyerupai paint roller berukuran kecil. Umumnya, jade roller memiliki dua ujung: sisi satu memiliki batu berukuran besar yang dapat digunakan pada dahi, pipi, rahang, serta leher, dan sisi satu lagi memiliki batu berukuran kecil yang dapat digunakan di area bawah mata.

Versi terpopuler roller ini adalah yang terbuat dari batu giok (jade stone). Namun, variannya terus berkembang. Kini sudah ada facial roller yang terbuat dari rose quartz dan agate jade.

Banyak pengguna yang melaporkan bahwa jade rolling dapat membantu menghilangkan garis halus, meningkatkan sirkulasi, hingga membantu kondisi sinusitis. Bagaimana pendapat ahli medis?

Manfaat penggunaan jade roller

Menurut dr. Sara Elise Wijono, M.Res, dari KlikDokter, sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan manfaat jade roller pada kulit wajah. Namun bila melihat dari cara penggunaannya, yaitu digerakkan di wajah mirip memijat, alat yang satu ini mungkin bisa meningkatkan aliran darah di wajah, serta membuat kulit sehat.

“Kalau ada yang mengklaim bahwa jade roller bisa meningkatkan kadar kolagen, menghilangkan flek hitam, dan mencegah jerawat, baiknya jangan percaya. Karena, pada dasarnya fungsi jade roller adalah untuk membuat wajah relaks agar otot tidak kencang dan kaku, serta melancarkan peredaran darah.” Demikian dikatakan oleh dr. Sara.

Durasi penggunaan yang dianjurkan adalah 5 menit selama dua kali sehari, setelah membersihkan wajah dan mengaplikasikan krim atau serum. Dikatakan oleh ahli kecantikan Gina Pulisciano seperti dikutip di Healthline, cara tersebut dapat membantu produk yang digunakan menembus kulit lebih dalam. Ia memberikan tips untuk menggerakkan jade roller dari atas ke bawah untuk mengencangkan kulit.

Optimalkan dengan perawatan kulit lainnya

Apabila ingin terbebas dari berbagai macam permasalahan kulit, mengandalkan jade roller saja tidak cukup. Anda butuh perawatan lainnya yang memang sudah terbukti ampuh dalam meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit. Apa saja?

1. Gunakan tabir surya dan pelembap 

Paparan radiasi ultraviolet dari sinar matahari dapat menyebabkan wajah kusam dan muncul tanda-tanda penuaan dini di kulit wajah. Untuk mencegahnya, gunakan tabir surya dengan minimal SPF 30, khususnya saat beraktivitas di luar rumah.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembap agar garis halus penyebab keriput tidak mudah muncul akibat terpapar sinar matahari.

2. Rajin membersihkan wajah 

Bersihkan wajah setidaknya dua kali sehari dengan produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit. Pastikan produk tidak mengandung detergen atau zat kimia berbahaya. Segera ganti produk pembersih jika wajah memerah dan mengelupas sehabis menggunakannya.

3. Gunakan produk skincare 

Gunakan produk skincare yang cocok untuk kulit wajah dan memiliki keunggulan sesuai target yang Anda inginkan. Mulai dari toner, serum, krim mata, pelembap, essence, masker, dan lain-lain sesuai preferensi.

4. Olahraga rutin 

Olahraga secara teratur dapat membentuk peredaran darah dan daya tahan tubuh yang lebih baik. Hal ini akan memengaruhi kondisi kesehatan kulit secara keseluruhan.

5. Tidur cukup 

Tidur akan membuat proses regenerasi sel-sel di dalam tubuh berjalan lebih optimal. Dengan demikian, kesehatan tubuh dan kulit Anda bisa lebih terjaga. Durasi tidur yang dianjurkan adalah 7-8 jam.

Merawat kesehatan dan kecantikan kulit tak bisa hanya bergantung pada jade roller. Manfaat penggunaan jade roller bisa makin optimal bila didukung dengan produk perawatan kecantikan yang sesuai dengan kondisi kulit, kebiasan merawat wajah yang baik, serta pola hidup sehat.

(RN/RPA)

2 Komentar

  • Sity Sity

    krna dlu wajah saya tidak berjerawat lalu saya pke cream yg ada toner nya gk berapa lama wajah saya berjerawata.. dan skrg saya berhenti pakai cream wajah saya jdi pulih kembali dan jerawat hilang namun bekas jeràwat sebelum nya masih ada gimana cara menghilangkan bekas jerawat itu ya dok terimakasih

  • Sity Sity

    dok, saya kan termasuk wajah sensitif trus gk bsa pke toner dan cream apapun.