Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Pakai Kondom saat Berhubungan Seks Bikin Tidak Nikmat, Benarkah?

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Pakai Kondom saat Berhubungan Seks Bikin Tidak Nikmat, Benarkah?

Tak sedikit yang mengatakan bahwa pakai kondom saat berhubungan seks bikin tidak nikmat. Bagaimana faktanya?

Klikdokter.com, Jakarta Kondom adalah alat kontrasepsi berbahan lateks yang mudah dibeli dan dipakai. Sayangnya, beberapa pria enggan pakai kondom saat berhubungan seks karena diduga bisa menurunkan kenikmatan dan keintiman. 

Hal apa yang sebenarnya melandasi pernyataan tersebut? Apakah memang benar bahwa kondom bisa membuat hubungan seks terasa kurang nikmat?

Kondom dan kepuasan seksual

Pada dasarnya, fungsi kondom adalah mencegah kehamilan dengan cara ‘menampung’ sperma saat ejakulasi agar tidak masuk ke vagina. Alat kontrasepsi ini juga turut membantu mencegah penularan penyakit menular seksual

Di balik manfaat yang ditawarkan, penelitian dari Emory University mengungkapkan bahwa sepertiga pria tidak lagi dapat ereksi setelah mereka menggunakan kondom. Tak hanya itu, terdapat pula penelitian lain dalam jurnal Arch Sex Behav yang mengaitkan antara pengaruh penggunaan kondom dan kepuasan seksual. 

Penelitian tersebut melibatkan 115 orang (pria dan wanita) yang bersedia mengisi kuesioner tentang kepuasan seksual setelah tiga bulan memakai kondom. Hasilnya, pria dan wanita lebih suka berhubungan seks tanpa kondom. Dilihat dari nilai penurunan kepuasan seksual lebih besar, hal ini lebih dialami oleh pria (30 persen) dibandingkan wanita (8 persen).

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dr. Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter memberi tanggapan. Menurutnya, pakai kondom saat berhubungan seks memang bisa mengurangi sensasi yang dirasakan pria karena ada batasan sentuhan pada kulit.

“Namun, kalau sampai mengurangi kepuasan seksual, rasanya tidak. Karena kepuasan seksual ditandai dengan ejakulasi. Kenyataannya, meski sensasinya sedikit berkurang, pria tetap bisa ejakulasi walau pakai kondom,” tutur dr. Sara. 

Itu berarti penggunaan kondom saat berhubungan seks hanya menurunkan sedikit penetrasi, tanpa mengganggu tingkat kepuasan seksual yang diraih. Lagi pula, dr. Sara juga mengatakan bahwa penggunaan kondom justru dianjurkan bagi mereka yang punya masalah ejakulasi dini. 

“Karena diberikan pembatas pada kulit penis, pria dengan masalah ejakulasi dini tidak merasakan sensasi berlebih saat berhubungan seks, sehingga dapat menunda sperma keluar terlalu cepat,” kata dr. Sara.

Lalu, bagaimana dengan wanita yang turut mengalami penurunan kepuasan seksual saat pasangannya memakai kondom? Dikatakan dr. Sara, gesekan antar kulit yang minim memang bisa membuat sensasi sedikit berkurang.

“Akan tetapi, hal itu seharusnya tidak sampai menurunkan kepuasan. Pada wanita, biasanya sugesti pikiran yang berperan besar di sini,” ujar dr. Sara. 

Bisa jadi, sambung dr. Sara, karena sedari awal pasangannya memakai kondom dengan terpaksa, pikiran si wanita akhirnya terganggu dengan hal itu. Akhirnya, karena terlalu memikirkan rasa tidak nyaman yang mungkin dirasakan pasangan, wanita jadi lebih sulit klimaks. 

1 dari 2 halaman

Tips hubungan seks tetap nikmat meski pakai kondom

Berdasarkan pengakuan dr. Sara, sebenarnya tak ada jenis spesifik dari kondom yang bisa meningkatkan kepuasan seksual. Sebab, hal yang paling penting terkait penggunaan kondom adalah mencegah penularan penyakit menular seksual.

“Jika kedua pihak punya pemikiran yang sama, chemistry yang kuat dan tidak memiliki masalah ejakulasi dini atau disfungsi ereksi, seharusnya kepuasan seksual bisa tetap didapatkan meski pakai kondom,” jelas dr. Sara.

Selain itu, perhatikan juga apakah Anda atau pasangan memiliki alergi terhadap lateks. Jika punya alergi lateks, sebaiknya pilih kondom yang terbuat dari polyurethane, polyisoprene atau lambskin. Untuk menghindari sperma bocor, gunakanlah kondom setelah ereksi dan bukan sesaat sebelum ejakulasi. 

Mulai saat ini, jangan lagi menelan mentah-mentah informasi yang mengatakan bahwa pakai kondom saat berhubungan seks bikin tidak nikmat. Meski bisa sedikit menurunkan sensasi karena ada batasan skin-to-skin, tetapi kondom tak sampai menurunkan kepuasaan seksual yang didapatkan. Jika sampai terjadi, bahkan hingga menurunkan gairah, mungkin saja permasalahannya ada pada diri Anda sendiri. Jadi, cobalah konsultasikan hal tersebut kepada dokter. 

(NB/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar