Sukses

Diet Kesuburan dan Makanan agar Cepat Hamil

Kebanyakan pasangan menikah mendambakan kehadiran anak. Berencana melakukan program hamil? Ketahui diet kesuburan dan makanan agar cepat hamil.

Klikdokter.com, Jakarta Pola makan tertentu bisa berpengaruh terhadap kondisi kesuburan seseorang. Bila Anda mendambakan kehadiran buah hati dan sedang melakukan program hamil, kenali diet kesuburan dan makanan agar cepat hamil.

Apa pun yang Anda konsumsi dapat memengaruhi kadar hormon dalam tubuh, sirkulasi peredaran darah, dan kualitas sperma seseorang. Semuanya itu berperan dalam kesuburan dan proses terjadinya kehamilan.

Diet yang direkomendasikan untuk meningkatkan kesuburan

Pola makan yang baik untuk kesuburan pada umumnya adalah diet yang tinggi akan lemak baik, sayur-sayuran dan buah-buahan, gandum utuh, dan protein. 

Menurut beberapa riset, ada jenis makanan yang secara spesifik dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesuburan wanita maupun pria. Agar kehamilan bisa cepat terwujud,  konsumsi ini:

  • Ikan salmon

Salmon adalah sumber baik omega-3, yaitu jenis lemak baik yang berfungsi dalam pembentukan hormon tubuh. Omega-3 juga penting bagi kesehatan otak dan membantu meregulasi menstruasi.

Selain itu, salmon juga tinggi akan selenium yang penting untuk kesehatan sperma. 

Lalu, kadar vitamin D yang tinggi dalam salmon diketahui dapat membantu menyeimbangkan hormon seks pada wanita dan memperbaiki jumlah  sperma pada pria.

  • Susu dan yoghurt full-fat

Menurut sebuah penelitian di Universitas Harvard, produk susu dan yogurt full-fat memiliki nutrisi dan manfaat kesehatan yang lebih banyak dibandingkan yang low-fat.

Susu dan yoghurt yang tinggi lemak merupakan sumber baik protein, kalsium, dan vitamin D. Vitamin D berperan penting dalam menjaga siklus menstruasi dan meningkatkan kesuburan dengan cara menyeimbangkan hormon seksual.

  • Bayam 

Bayam, serta sayuran berdaun hijau lainnya, adalah sumber baik zat besi dan asam folat. 

Zat besi sangat penting dalam meregulasi menstruasi dan meningkatkan kualitas sel telur saat ovulasi. Selain itu, terpenuhinya kebutuhan harian zat besi dapat mengurangi risiko anemia saat kehamilan terjadi.

Asam folat penting dalam minggu pertama kehamilan karena berperan dalam pembentukan otak, jantung, dan sistem saraf pada janin, serta mencegah komplikasi.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan terutama kacang hitam, kacang kedelai, kacang polong, kacang hijau, dan kacang merah adalah sumber asam folat, zat besi, serat, dan protein.  

Kacang-kacangan banyak mengandung polyamine spermidine, yaitu zat yang membantu sperma dalam membuahi sel telur. Sementara itu, memenuhi kebutuhan serat sangat penting dalam membantu kesuburan dengan cara menyeimbangkan hormon tubuh.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  • Buah berry

Blueberry, rasberi, dan stroberi diketahui tinggi akan vitamin C, asam folat, dan serat. Aneka buah berry juga kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan kesuburan, dengan cara menghambat kerusakan sel reproduksi akibat radikal bebas.

Delima atau pomegranate juga diketahui memiliki komponen nutrisi serupa. Pomegranate diketahui dapat meningkatkan pergerakan sperma sebanyak 60 persen.

  • Gandum utuh

Gandum utuh seperti roti gandum, nasi merah, dan quinoa mengandung serat dan protein tinggi, yang mana tubuh akan butuh waktu yang lebih lama untuk mencernanya. Kondisi demikian dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil dan tidak mudah lapar.

Bila Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi gula, insulin dalam tubuh dapat naik secara drastis. Hal tersebut dapat memengaruhi keseimbangan hormon.

Naiknya kadar gula darah secara terus-menerus dapat menyebabkan tubuh kebal terhadap insulin, bahkan dapat memicu diabetes yang dapat mengganggu kesuburan, kehamilan, dan gangguan lainnya.

  • Tiram (oyster)

Selain ikan, udang, cumi, atau kerang, tiram juga termasuk hidangan laut yang disuka banyak kalangan. Tiram biasa diolah dengan cara dipanggang atau dibakar, atau disajikan mentah dengan diberi perasan lemon.

Nah, tiram mengandung kadar zink yang tinggi, yang dapat meningkatkan kualitas sperma.

  • Biji matahari

Biji matahari adalah sumber vitamin E yang tinggi yang bermanfaat dalam meningkatkan  jumlah dan pergerakan sperma. Selain itu, biji matahari juga kaya akan omega-3 dan omega-6 yang penting untuk kesuburan pria dan wanita. 

Selain mengatur diet kesuburan dan makanan agar cepat hamil seperti yang tertulis di atas, Anda dan pasangan juga sangat direkomendasikan untuk meningkatkan aktivitas seks di masa subur dan menerapkan pola hidup sehat. Informasi mengenai pola hidup sehat, bisa Anda dapatkan di KlikDokter.

(RN/ RH)

1 Komentar

  • Ina Hayati

    dok saya mau tanya...kalo kita lgi berhubungan intim dengan suami tapi pada saat melakukan itu perut saya terasa sakit itu knp ya dok...??