Kulit

Atasi Sunburn dengan Lidah Buaya

dr. Valda Garcia, 17 Sep 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Lidah buaya dipercaya bermanfaat mengatasi sunburn atau luka terbakar matahari. Simak cara mengatasi sunburn dengan lidah buaya di sini.

Atasi Sunburn dengan Lidah Buaya

Sebelum menyebabkan perubahan warna kulit menjadi kehitaman, kulit yang terbakar matahari (sunburn) juga bisa membuat kulit memerah, perih, bahkan melepuh. 

Kondisi tersebut bisa diatasi dengan lidah buaya. Bahan alami ini memiliki keampuhan antiinflamasi sekaligus efek menenangkan kulit yang meradang. Karena itu, Anda bisa mengatasi sunburn dengan lidah buaya.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Terbakar Matahari

Ada cukup banyak penelitian yang menunjukkan daging lidah buaya dapat digunakan untuk membantu proses penyembuhan akibat sunburn.

Beberapa penelitian terdahulu telah membuktikan lidah buaya bermanfaat dalam penyembuhan luka bakar tingkat pertama hingga kedua. Kondisi ini meliputi sengatan matahari ringan sampai sedang.

Dalam penelitian yang lebih baru, ditemukan terdapat kandungan senyawa di dalam lidah buaya yang disebut aloin. Senyawa tersebut diketahui memiliki sifat antiinflamasi.

Kulit yang terbakar matahari akan tampak memerah dan kering. Pada kondisi tersebut, lidah buaya dapat membantu mengurangi kemerahan, melembapkan kulit, dan mencegah pengelupasan akibat sunburn.

Artikel Lainnya: Lidah Buaya Bisa Bantu Atasi Masalah Panu

Cara Mengatasi Sunburn dengan Lidah Buaya

Untuk mengobati sunburn, Anda dapat menggunakan lidah buaya secara langsung. 

Caranya, keluarkan isi daun lidah buaya yang berbentuk gel bening. Oleskan ke bagian kulit yang mengalami sunburn. Ulangi beberapa kali sehari bila perlu.

Namun, jika memiliki riwayat alergi berat, khususnya terhadap kandungan lidah buaya, sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya.

Kalau kesulitan mendapatkan tanaman lidah buaya, American Academy of Dermatology mengatakan Anda juga dapat menggunakan produk berbahan dasar lidah buaya dalam bentuk krim atau gel.

Produk yang disarankan adalah yang kandungan lidah buayanya sekitar 90-100 persen. Selain itu, lidah buaya yang suhunya dingin akan lebih efektif membantu mengatasi kulit sunburn.

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Luka Bakar di Rumah Saat Pandemi, Lakukan Ini!

Ada penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Pakistan Medical Association yang membandingkan lidah buaya dengan silver sulphadiazine 1 persen untuk mengatasi luka bakar derajat dua. 

Hasilnya, pasien yang diberi lidah buaya mengalami penyembuhan lebih cepat.

Sunburn umumnya bukanlah hal serius dan bisa pulih dengan sendirinya. Namun, jika kulit terlalu sering terpapar sinar matahari khususnya saat terik, itu bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang. 

Kerusakan yang ditimbulkan juga dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

Manfaat lidah buaya untuk kulit terbakar matahari memang cukup efektif. Meski begitu, lidah buaya hanya efektif pada luka bakar derajat pertama dan kedua. 

Bila lebih parah dari itu, penanganan dokter lebih dibutuhkan. Anda bisa konsultasi lebih mudah lewat LiveChat dokter kulit.

(FR/AYU)

Lidah Buayakulit terbakarSunburn

Konsultasi Dokter Terkait