Sukses

Pasta Gigi Rasa Mint, Lebih Efektif Bikin Mulut Segar?

Pasta gigi dengan kandungan mint menjadi varian yang dianggap efektif mengatasi bau mulut. Apa benar? Yuk, simak penjelasannya di sini.

Pasta gigi adalah salah satu bahan yang efektif untuk membersihkan dan menjaga kesehatan gigi. Dengan rajin menyikat gigi dengan pasta gigi, kita akan terhindar dari risiko terjadinya karies gigi atau gigi berlubang, penyakit gusi, karang gigi, hipersensitivitas dentin, pemutihan gigi, hingga bau mulut.

Saat ini, sudah banyak pasta gigi yang dijual di pasaran dengan rasa dan kelebihannya masing-masing. Rasa yang ditambahkan tidak hanya untuk membuat pasta gigi lebih menyenangkan saat digunakan, tetapi juga untuk membuat mulut menjadi lebih segar.

Sebenarnya, ada banyak cara alami untuk mendapatkan napas segar. Salah satunya dengan menggunakan pasta gigi mint. Varian ini dapat membuat napas terasa lebih segar.

1 dari 3 halaman

Kandungan Mint Ampuh Basmi Bau Mulut?

Kandungan mint yang ada dalam pasta gigi memang banyak diminati. Terdapat bahan aktif yang terkandung di dalamnya yaitu menthol.

Ternyata, menthol dalam mint memiliki kemampuan dalam memberikan sinyal dan membuat sensasi dingin seakan ada es batu di mulut kita. 

Ketika menggunakan produk mengandung menthol, Anda akan merasakan sensasi dingin pada lidah dan gusi. Mulut akan terasa lebih bersih dan menyegarkan.

Selain itu, kandungan mint biasanya akan menghilangkan bau tak sedap dengan cepat di mulut. Itulah yang mungkin membuat rasa mint selalu ada dalam kandungan produk perawatan gigi. Kandungan mint paling banyak ada dalam produk pasta gigi dan obat kumur.

Artikel lainnya: Atasi Jerawat dengan Pasta Gigi, Efektifkah?

2 dari 3 halaman

Bagaimana dengan Pasta Gigi Mint?

Meskipun rasa mint dalam pasta gigi bisa memberi napas yang segar, namun sebenarnya hanya dapat menutupi bau mulut sementara saja. 

Pasta gigi mint tidak mengurangi bakteri atau penyebab utama bau mulut. Tapi, bisa mengurangi penumpukan plak gigi.

Lalu, pasta gigi mint juga telah dilaporkan dapat menimbulkan efek samping seperti alergi. Untuk itu, Anda harus berhati-hati dalam menggunakannya terutama bagi anak-anak.

Sebenarnya, rasa dalam pasta gigi mint tidak akan berpengaruh besar pada kesehatan mulut. Tetapi, kandungan lain dalam produk tersebutlah yang memiliki peran penting, seperti fluoride

Fluoride adalah salah satu bahan dalam pasta gigi yang berfungsi mencegah kerusakan gigi dan gigi berlubang. Bahan tersebut akan memberikan perlindungan untuk gigi, sehingga menjadi lebih kuat dan terhindar dari kerusakan akibat serangan asam.

Hal terpenting lainnya yang perlu diperhatikan adalah cara menyikat gigi. Dengan menggunakan teknik yang benar dan tepat, rongga mulut akan benar-benar bersih dari sisa-sisa makanan dan tidak menimbulkan bau mulut. 

Jangan lupa mengganti sikat gigi tiga bulan sekali supaya efektif dalam membersihkan plak gigi. Perhatikan juga kandungan dalam pasta gigi mint, apakah ada bahan yang menyebabkan alergi muncul atau tidak. 

Pasta gigi mint memang dapat membuat aroma mulut menjadi lebih segar. Tetapi, jika bau mulut tak kunjung hilang, maka segera lakukan pemeriksaan langsung dengan dokter gigi agar dapat diketahui penyebab pasti dan rencana perawatannya. 

Untuk membaca artikel seputar gigi dan mulut lainnya, download aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa konsultasi dengan dokter gigi lebih mudah pakai Live Chat

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar