HomeGaya hidupDiet dan NutrisiTidak Ingin Berat Badan Bertambah? Patuhi Aturan Ngemil Ini!
Diet dan Nutrisi

Tidak Ingin Berat Badan Bertambah? Patuhi Aturan Ngemil Ini!

dr. Valda Garcia, 04 Sep 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Hobi ngemil, tapi takut berat badan bertambah? Ikuti aturan ngemil berikut.

Tidak Ingin Berat Badan Bertambah? Patuhi Aturan Ngemil Ini!

Makan camilan alias ngemil di waktu senggang memang sangat menyenangkan. Sayangnya, tidak sedikit orang yang enggan ngemil dengan alasan takut berat badan bertambah. Anda salah satunya?

Tidak dimungkiri, kebiasaan ngemil yang salah memang bisa membuat berat badan naik. Jika kebiasaan ngemil dengan cara tersebut terus dilanjutkan, Anda berisiko mengalami obesitas dan penyakit berbahaya lainnya.

Namun, tidak usah khawatir! Anda bisa tetap ngemil tanpa takut berat badan bertambah dengan memperhatikan beberapa aturan ngemil berikut:

1. Pilihlah Karbohidrat Kompleks

Tips ngemil sehat yang pertama adalah pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Pasalnya, karbohidrat kompleks membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna oleh tubuh dan tidak membuat gula darah melonjak tinggi.

Selain itu, karbohidrat kompleks juga dapat memberikan pasokan energi bagi tubuh Anda. Jadi, ingatlah untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan ini, ya. Beberapa contoh camilan yang bisa Anda pilih, di antaranya produk kedelai, oat, dan roti gandum.

2. Perbanyak Konsumsi Kacang-kacangan

Aturan ngemil berikutnya adalah perbanyak konsumsi kacang-kacangan. Sebab, kacang-kacangan merupakan kombinasi yang sempurna antara protein dengan lemak. Keduanya dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

Selain itu, kacang juga mengandung kalori dalam jumlah kecil, disertai berbagai mikronutrien lain yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Beberapa jenis kacang-kacangan yang sangat dianjurkan, di antaranya kacang almond, hazelnut, dan macadamia.

Artikel Lainnya: Memilih Camilan Sesuai Kondisi Kesehatan

3. Berikan Waktu Khusus

Anda sering ngemil sambil melakukan aktivitas lain? Jika ya, hentikan dari sekarang. Faktanya, ngemil sambil melakukan aktivitas lain bisa membuat Anda makan camilan dalam porsi yang lebih besar dalam waktu singkat.

Karena itu, akan lebih baik bila Anda memberikan waktu dan durasi khusus untuk ngemil. Tindakan ini bertujuan untuk membatasi porsi serta membiarkan tubuh mencerna dengan perlahan, yang pada akhirnya tidak akan membuat Anda gemuk.

Usahakan untuk mengatur waktu ngemil setiap hari di jam yang sama, misalnya jam 3 atau 4 sore. Dengan memilih waktu di sore hari, Anda dapat menghindari gangguan pada jam makan malam Anda.

Selain itu, aturan ngemil di sore hari juga dapat membantu menghindari kesulitan tidur pada malam hari akibat kebiasaan ngemil setelah makan malam.

Artikel Lainnya: Tubuh Langsing dengan Camilan Sehat

4. Utamakan Buah dan Sayuran

Cara ngemil sehat untuk diet selanjutnya adalah dengan mengonsumsi camilan sehat. Utamakan camilan yang tidak membuat gemuk, seperti buah dan sayuran.

Pilihlah jenis buah yang tidak mengandung kalori dan kadar gula yang tinggi, misalnya apel, buah beri, dan sejenisnya. Untuk sayuran, Anda bisa menjadikan timun dan seledri sebagai camilan sehari-hari.

Sekarang ini, sudah banyak juga buah dan sayuran yang dikeringkan tanpa tambahan gula atau pengawet. Camilan ini memiliki tekstur garing seperti kerupuk. Enak dan tidak buat gemuk!

5. Pilih Makanan dengan Kandungan Protein Tinggi

Pilihlah camilan dengan kandungan protein yang tinggi. Aturan ngemil ini dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat menurunkan frekuensi dan jumlah camilan yang dikonsumsi.

Artikel Lainnya: Ngemil Meningkatkan Risiko Gigi Berlubang

6. Jangan Tertipu Camilan 'Low-Fat'

Ketika mengonsumsi makanan atau camilan dengan label 'low-fat' di kemasannya, Anda akan cenderung untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Nah, jangan sampai Anda terjebak akan hal ini.

Sebab, jumlah kalori dan lemak yang Anda konsumsi bisa saja berlebihan jika mengonsumsi camilan tersebut dalam jumlah yang banyak. Jadi, meskipun camilan tersebut tergolong 'low-fat', tetap batasi konsumsinya, ya.

7. Ingatlah untuk Olahraga

Selain memperhatikan aturan ngemil, kunci agar tidak mengalami pertambahan berat badan adalah kalori yang dibakar harus berbanding lurus dengan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Ini artinya, jika Anda hobi makan dan ngemil, Anda mesti berolahraga untuk membakar kalori yang masuk dari makanan tersebut agar tidak menyebabkan kenaikan berat badan.

Salah satu jenis olahraga yang dapat Anda lakukan adalah high-intensity interval training (HIIT). Pemilihan jenis olahraga ini dimaksudkan agar membakar kalori banyak dalam waktu yang singkat.

Selain membakar kalori, olahraga juga bisa sangat menyenangkan. Pilihlah olahraga seperti zumba, menari, atau berenang.

Itulah beberapa aturan ngemil sehat untuk diet. Ngemil tidak selalu menambah berat badan, apabila dilakukan dengan cara yang tepat. Oleh karena itu, segera benahi cara ngemil Anda agar berat badan bisa tetap terjaga.

Bagi Anda yang berencana untuk melakukan program diet, konsultasikan mengenai diet yang akan Anda jalani kepada dokter lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

[WA]

Diet

Konsultasi Dokter Terkait