Sukses

8 Manfaat Baby Oil untuk Merawat Rambut

Terbukti aman untuk bayi, baby oil pun banyak dimanfaatkan orang dewasa, misalnya untuk rambut. Apa saja manfaat baby oil untuk merawat rambut?

Klikdokter.com, Jakarta Baby oil biasanya dioleskan ke kulit bayi agar lembut, halus, dan wangi. Terbukti aman untuk bayi, baby oil pun banyak dimanfaatkan orang dewasa, misalnya untuk rambut. Sebetulnya, apa saja manfaat baby oil untuk merawat rambut?

Seperti namanya, baby oil memang tak dapat dipisahkan dari bayi. Seperti petroleum jelly, minyak mineral buatan manusia ini terbuat dari sisa produk sampingan penyulingan minyak, lalu disempurnakan lebih lanjut hingga aman untuk kulit dan penggunaan dengan tujuan kecantikan lainnya.

Baby oil merupakan produk sementara dari hasil penyulingan minyak mentah yang berbasis petroleum. Untuk pemakaian luar, baby oil dinyatakan aman untuk kulit dan ampuh mengatasi ruam popok pada bayi.

Manfaat baby oil untuk merawat rambut

Baby oil memang terbukti aman dan efektif untuk menjaga kondisi kulit bayi. lantas, apakah minyak tersebut juga membawa manfaat untuk orang dewasa?

"Sebetulnya manfaat pasti dari baby oil untuk rambut belum ada penelitiannya. Namun, baby oil diketahui sangat aman untuk pemakaian di manapun, termasuk di rambut. Penggunaan di rambut boleh saja, tidak masalah. Sifat baby oil yang lembut mungkin bisa membantu perawatan rambut kering,” ungkap dr. Seruni Mentari Putri dari KlikDokter saat ditanya.

Dilansir dari Healthline, ada beberapa potensi manfaat merawat rambut dengan baby oil, yakni:

1. Melembapkan rambut

Baby oil menciptakan barrier (penghalang) kulit. Ini dapat mencegah hilangnya kelembapan akibat penguapan. Dengan cara kerja yang mirip, menggunakan baby oil di rambut dapat mengunci setiap kutikula.

Cara tersebut dapat mengunci kelembapan alami rambut saat Anda mengeringkan atau menata rambut. Cara itu juga bisa membantu melindungi kehilangan kelembapan dari akibat kerusakan dari angin dan sinar matahari.

2. ‘Menenangkan’ kulit kepala yang kering

Kulit kepala yang kering bisa menciptakan sisik dan menyebabkan ketombe. Kondisi kulit kepala yang seperti itu dapat merusak akar rambut dan memperlambat pertumbuhan rambut. Kulit kepala yang sehat dapat membuat rambut lebih kuat, lebih lembut, dan tampak lebih sehat.

Menjaga kelembapan kulit kepala bisa mencegah kekeringan dan munculnya serpihan akibat sisik di rambut. Minyak bisa bertahan lebih lama di kulit ketimbang pelembap. Ingin mencobanya? Aplikasikan baby oil di akar rambut sebelum keramas.

3. Mengatasi masalah di kulit kepala

Baby oil dan minyak mineral lainnya bisa menjadi pilihan yang baik untuk mengatasi masalah kulit kepala pada bayi, seperti cradle cap. Iritasi kulit kepala ini mirip dengan ketombe.

Dengan mengoleskan lalu memijat lembut baby oil di kulit kepala, ada kemungkinan itu dapat mencegah dan mengatasi ketombe, baik pada anak-anak maupun dewasa.

4. Menguatkan rambut

Rambut memiliki banyak pori. Artinya, rambut dapat menyerap banyak air. Ini membuat tiap helaian ‘bengkak’, yang bisa berujung pada rambut rapuh dan rusak.

Meregangkan atau menarik rambut dan penggunaan produk kimia untuk rambut, misalnya pewarna rambut, juga bisa merusak rambut.

Menggunakan baby oil sebagai melakukan perawatan rambut, misalnya sebelum keramas, bisa mengurangi jumlah pori-pori rambut. Artinya, penyerapan air ke dalam rambut berkurang, sehingga membuat rambut lebih kuat dan mencegahnya patah, kusut, dan mengembang berantakan (frizzy).

 

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

5. Rambut lebih halus

Menggunakan baby oil sebagai perawatan setelah mandi dapat membantu membuatnya lebih halus, berkilau, dan tidak kusut mengembang.

Tuang sedikit saja minyak pada rambut yang masih basah setelah keramas. Minyak akan menutup tiap kutikula rambut, sehingga dapat mencegah kerusakan rambut akibat panas dari pengering rambut atau alat tata rambut lainnya.

6. Pelindung rambut

Aplikasikan baby oil di rambut sebelum berenang di kolam renang atau berendam di bathtub. Cara sederhana ini dapat melindungi rambut dan kulit kepala dari kimia seperti klorin.

7. Membantu menata rambut

Anda juga bisa menggunakan sedikit baby oil untuk membantu menata rambut. Tidak seperti gel rambut atau hairspray, baby oil tidak akan meninggalkan kerak.

8. Bantu basmi kutu rambut

Ternyata, baby oil juga  bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kutu di kulit kepala pada orang dewasa dan anak-anak. Aplikasikan baby oil secara merata di kulit kepala dan rambut (dari akar hingga ujungnya). Diamkan selama kurang lebih 8 jam sebelum mencuci rambut.

Baby oil dapat membantu mengenyahkan kutu dan telurnya. Akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan perawatan dengan produk kimia perawatan kutu rambut.

Manfaat lain baby oil untuk orang dewasa

Juga dari KlikDokter, dr. Sepriani T. Limbong mengatakan bahwa baby oil adalah salah satu produk yang multifungsi.

“Teksturnya cocok untuk dijadikan minyak saat memijat. Kulit pun akan lebih halus dan lembap dengan memakai baby oil. Selain itu, baby oil juga ampuh untuk membersihkan riasan, bahkan bila Anda menggunakan produk kosmetik yang tahan air (waterproof),” ungkap dr. Sepriani.

“Cukup teteskan baby oil di kapas, lalu usapkan di daerah mata, bibir, dan, seluruh wajah untuk mengangkat riasan tanpa ada efek iritasi seperti pada produk pembersih yang mengandung alkohol,” lanjutnya.

Setelah membaca semua berbagai manfaat baby oil untuk merawat rambut (dan kulit), rasanya sayang jika tidak menyetoknya di rumah. Meski tergolong aman, tetapi tetap ada risiko yang perlu Anda perhatikan. Untuk informasi lainnya mengenai kesehatan rambut, Anda bisa konsultasi dengan dokter melalui fitur Live Chat KlikDokter.

(RN/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar