Sukses

7 Manfaat Magnesium untuk Tubuh

Tubuh tak hanya butuh kalsium, tapi juga magnesium. Ketahui manfaat magnesium untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Klikdokter.com, Jakarta Tubuh Anda butuh berbagai macam kandungan mineral, salah satunya adalah magnesium. Jangan remehkan kandungan mineral karena tanpa ini, tubuh Anda bisa dalam bahaya. Mari ketahui manfaat magnesium untuk tubuh Anda.

Mineral magnesium mendukung begitu banyak fungsi dalam tubuh manusia untuk menjaga tetap sehat. Penelitian menunjukkan bahwa magnesium mendukung fungsi otot dan saraf, membantu mengatur kadar gula darah, meningkatkan tekanan darah normal, dan meningkatkan kesehatan tulang.

"Magnesium itu manfaatnya banyak –dan merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan untuk kekuatan tulang, gigi juga, kerja saraf, dan otot. Bisa dibilang, hampir semua aspek dalam tubuh digerakkan oleh magnesium," ujar dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter.

"Makanan yang mengandung magnesium antara lain cokelat hitam, alpukat, kacang-kacangan, tahu, biji-bijian, gandum, susu, ikan, pisang, dan sayuran hijau," sambungnya.

Manfaat magnesium untuk tubuh

Anda harus memenuhi kebutuhan magnesium dalam tubuh. Berikut manfaatnya kalau magnesium tercukupi:

  • Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Jika Anda berisiko terkena diabetes tipe 2, ini mungkin menjadi salah satu manfaat potensial magnesium yang paling penting bagi Anda.

Penelitian yang dilakukan pada 2016 dan melibatkan lebih dari 600 ribu pria dan wanita, terungkap bahwa orang dengan asupan magnesium 17 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan mereka yang asupannya paling rendah. 

  • Bangun tulang yang lebih kuat

Anda pasti tahu bahwa untuk membuat tulang kuat, diperlukan asupan makanan yang punya kandungan kalsium dan vitamin D yang tinggi. Faktanya, meningkatkan kadar kalsium tanpa menambahkan magnesium bisa menjadi kurang efektif bagi tulang Anda.

Selain itu, menurut penelitian pada 2017 dalam jurnal Open Heart, kurang magnesium justru bisa meningkatkan kemungkinan terserang penyakit jantung.

  • Menurunkan tekanan darah

Setelah meninjau 34 studi yang melibatkan lebih dari 2000 orang dengan tekanan darah tinggi, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi suplemen magnesium bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. 

Namun, jika Anda tidak terkena hipertensi, jangan gunakan magnesium sebagai pencegahan. Sebuah studi pada 2009 menunjukkan bahwa menambahkan nutrisi magnesium tidak memengaruhi level tekanan darah pada orang yang memiliki tekanan darah normal.

  • Cegah migrain

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki migrain kronis juga mungkin kekurangan magnesium. Dalam sebuah studi pada 2016 dari 21 studi yang dipublikasikan, pengobatan magnesium intravena bisa mengurangi gejala pada orang yang migrain.

Dalam ulasan yang sama, orang yang mengalami migrain dan diminta untuk mengonsumsi suplemen magnesium, didapat mengalami penurunan frekuensi dan intensitas sakit kepala yang menyakitkan. 

  • Kurangi tingkat stres

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa magnesium dapat berperan dalam mengurangi stres dan gejala kecemasan. Itu tidak mengherankan mengingat bahwa tingkat stres dan magnesium saling terhubung.

Jika Anda ingin mengonsumsi cokelat ketika Anda merasa stres, itu ada alasan yang bagus. Cokelat hitam kaya akan magnesium.

  • Kurangi peradangan

Peradangan kronis telah dikaitkan dengan segala sesuatu mulai dari peningkatan risiko diabetes tipe 2 hingga penyakit kardiovaskular dan penyakit kronis lainnya. Satu studi kecil melihat peran magnesium sebagai anti-inflamasi pada wanita paruh baya yang kelebihan berat badan. 

  • Atasi gejala ADHD 

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa anak-anak yang didiagnosis dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) lebih mungkin memiliki kekurangan magnesium dari pada anak-anak yang tidak. Namun sebenarnya belum ada bukti bahwa kekurangan tersebut sebenarnya menyebabkan ADHD.

Satu studi kecil dari 25 anak-anak dengan ADHD dan 25 anak-anak tanpa ADHD, menyebut bahwa suplemen magnesium membantu meningkatkan fungsi kognitif pada anak-anak dengan ADHD yang juga memiliki kekurangan magnesium.

Dengan begitu besarnya manfaat magnesium seperti yang sudah dijelaskan di atas, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium. Anda bisa menikmati manfaatnya dari beberapa makanan seperti biji-bijian, sayuran hijau, hingga cokelat.

[RPA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar