Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Fun Walk IDINESIA, Rasakan Manfaat Sehat Jalan Kaki Sambil Senang-Senang

Fun Walk IDINESIA, Rasakan Manfaat Sehat Jalan Kaki Sambil Senang-Senang

Akhir pekan minggu depan masih kosong? Daripada bengong, yuk ikuti Fun Walk IDINESIA untuk senang-senang dan menuai manfaat sehat dari jalan kaki!

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu alasan orang malas berolahraga karena tak ada teman. Nah, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyelenggarakan acara Fun Walk IDINESIA tanggal 24 November mendatang. Acara ini sangat cocok untuk Anda yang ingin tetap sehat di akhir pekan bersama teman dan anggota keluarga.

Dari KlikDokter, dr. Nadia Octavia mengatakan bahwa setidaknya ada lima manfaat sehat jalan kaki yang bisa didapat jika Anda ikut serta keseruan Fun Walk IDINESIA, yaitu:

  • Memperbaiki mood

Akhir pekan merupakan waktu yang tepat untuk memperbaiki suasana hati. Setelah hampir seminggu stres akibat pekerjaan, Anda bisa mereset ulang semangat dengan melakukan aktivitas fisik yang tidak terlalu melelahkan, tetapi tetap bermanfaat, yaitu jalan kaki.

Daripada memperbaiki mood dengan makan cokelat, minum boba tea, atau konsumsinya yang manis-manis lainnya yang malah bisa menambah kalori, lebih baik jalan kaki.

“Selain dapat membakar kalori, jalan kaki di luar ruangan dapat membuat Anda terpapar sinar matahari yang membuat suasana hati menjadi lebih baik,” kata dr. Nadia.

  • Menurunkan berat badan

Jalan kaki selama 30 menit mampu membakar 90-200 kalori sehingga bisa membantu menurunkan atau mempertahankan lingkar paha dan perut Anda.

“Agar kalori yang dibakar lebih banyak, tingkatkan intensitas jalan kaki menjadi lebih cepat dan lama. Namun sama seperti olahraga lainnya, pastikan Anda terlebih dahulu melakukan pemanasan,” tambah dr. Nadia.

  • Mencegah penyakit kronis

American Diabetes Association melaporkan bahwa rutin berjalan kaki dapat menurunkan kadar gula darah dan menurunkan risiko penyakit diabetes.

Berdasarkan studi yang dilakukan University of Boulder Colorado dan University of Tennessee di Amerika Serikat, jalan kaki dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi (hipertensi) dan stroke hingga 20-40 persen!

Ada lagi, sebuah riset yang dipublikasikan dalam “New England Journal of Medicine” mengungkapkan, rutin jalan kaki 30 menit setiap hari mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

Namun, untuk mewujudkan hal tersebut, Anda tak boleh hanya berjalan kaki saat acara Fun Walk IDINESIA saja. Perlu sebuah rutinitas yang konsisten untuk benar-benar mendapatkan segala manfaatnya.

  • Memelihara kesehatan sendi

Berjalan kaki termasuk gerakan dan mobilitas yang dapat melancarkan aliran darah sekaligus menguatkan otot dan sendi tubuh. Penelitian dalam jurnal “American Journal of Preventive Medicine” yang diterbitkan tahun ini mengatakan bahwa rutin jalan kaki dapat menjaga kesehatan sendi.

Penelitian tersebut dilakukan pada 1.564 partisipan yang usianya sudah lebih dari 49 tahun dan mengalami nyeri sendi. Mereka diminta untuk berjalan kaki selama 1 jam setiap minggunya. Hasilnya, jalan kaki selama 1 jam setiap minggu bisa mengurangi rasa nyeri, kekambuhannya, dan mempercepat gerakan mereka.

  • Meningkatkan kreativitas

Olahraga, dalam hal ini jalan kaki, dapat menangkal kebuntuan pikiran sehingga memunculkan ide yang lebih cemerlang. Ini merupakan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam “Journal of Experimental Psychology, Learning, Memory, and Cognition” tahun 2014. Jalan kaki dianggap lebih memicu banyak pemikiran atau ide ketimbang duduk termenung.

Sudah cukup tergiur dengan kelima manfaat sehat jalan kaki di atas? Yuk datang ke acara Fun Walk IDINESIA pada Hari Minggu, 24 November 2019, di Pintu 5 Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan.

Untuk informasi dan pendaftaran, hubungi KlikDokter di 0800120888 hari Senin-Jumat pukul 08:00-16:30 WIB dan Sabtu pukul 08:00-12:00 WIB; lewat WhatsApp di 0811-157-8705, 0811-157-8702, dan 0878-7513-0888; atau lewat e-mail di cs@klikdokter.com.

Fun Walk IDINESIA adalah bagian acara puncak Hari Bakti Dokter Indonesia ke-111 dan HUT IDI ke-69. Tak hanya manfaat jalan sehat yang didapat, Anda juga bisa menikmati bazar makanan sehat, konsultasi dan cek kesehatan gratis, door prize, penampilan musik, serta area bermain anak. Sebelum kehabisan, yuk segera daftar!

(RN/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar