Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Mungkinkah Seorang Wanita Bisa Tidak Sadar Sedang Hamil?

Mungkinkah Seorang Wanita Bisa Tidak Sadar Sedang Hamil?

Model asal Australia mengaku tidak sadar jika dirinya sedang hamil. Sampai-sampai, ia melahirkan si buah hati di kamar mandi. Kok bisa?

Klikdokter.com, Jakarta Kejadian mengejutkan dialami model asal Australia, Erin Langmaid. Ia mengaku tidak sadar jika dirinya sedang hamil, sampai akhirnya melahirkan si buah hati di kamar mandi secara tak sengaja.

Melansir dari New York Post, Langmaid mengaku tidak sadar akan ciri dan tanda kehamilan pada dirinya. Ia menyebut tidak merasakan tanda atau gejala kehamilan, seperti mual, perut membuncit atau mengidam. Bahkan, ia juga mengaku bahwa selama ini dirinya rajin suntik KB.

"Saya tidak tahu. Tentu saja, karena saya merasa fit. Ini adalah kejutan terbesar dalam hidup saya," kata Langmaid soal kehamilannya.

Fenomena hamil tanpa disadari

Kehamilan seharusnya disadari oleh setiap wanita. Pasalnya, kehamilan itu sendiri bisa menyebabkan banyak perubahan pada tubuh wanita. Perut yang membuncit memang salah satu perubahan yang paling terlihat. Tapi masih tanda lain yang bisa diperhatikan, seperti mual atau muntah (morning sickness).

Seperti dikatakan dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, sebagian besar wanita yang hamil akan merasakan tanda-tanda yang sangat jelas.

"Rahim yang membesar pasti ada penonjolan, itu tanda yang pertama. Lalu, wanita pasti tidak haid kalau sedang hamil. Kalau tidak haid, wanita pasti akan bertanya-tanya tentang kondisi yang sedang dialaminya,” ujar dr. Dyan Mega.

“Kemudian, ada juga pergerakan janin. Kalau yang baru pertama kali hamil, pergerakan janin biasanya terjadi di usia kehamilan di atas 26 minggu. Bukan usus yang bergerak, tapi janin yang menendang atau berputar di dalam perut," sambungnya.

Analisis dr. Dyan Mega terkait kasus Langmaid, bisa jadi wanita tersebut tidak mengindahkan ciri dan tanda kehamilan yang muncul padanya. Pasalnya, hampir tidak mungkin jika seorang wanita hamil tidak mengalami tanda-tanda seperti yang telah disebutkan.

“Memang tingkat sensitif orang berbeda-beda. Tapi seharusnya, wanita secara umum itu bisa tahu bahwa dirinya sedang hamil. Tidak ada tanda sama sekali itu tidak mungkin. Hal yang mungkin adalah tidak menyadari tanda-tandanya saja," ungkap dr. Dyan Mega.

Satu hal yang mungkin jadi pertanyaan lain terkait kasus Langmaid: bagaimana mungkin bayi bisa lahir dengan selamat dan sehat meski tanpa bantuan dokter kandungan? Bukankah wanita hamil perlu periksa berkala dan melahirkan dengan bantuan dokter kandungan?

"Kalau hamilnya sehat-sehat saja memang tidak ada masalah. Dalam arti, melahirkan normal itu sangat memungkinkan sekali,” tutur dr. Dyan Mega.

“Sebenarnya, secara anatomis manusia mirip hewan simpanse dan primata lainnya. Primata kalau hamil tidak periksa ke dokter, bukan? Nah, manusia sebenarnya juga bisa begitu. Asal tidak ada gangguan atau komplikasi sama sekali, posisi janin baik, tidak besar, pinggul ibunya mumpuni, wanita bisa saja melahirkan tanpa bantuan dokter," pungkas dokter yang kerap disapa Ega ini.

Langmaid baru saja mengalami kondisi ‘ajaib’ yang membuatnya tidak merasakan tanda kehamilan hingga akhirnya melahirkan di kamar mandi tanpa disadari. Kondisi yang dialaminya disebut sebagai cryptic pregnancy alias kehamilan samar-samar. Ajaib, namun benar-benar ada. Apakah Anda punya kerabat yang juga mengalami hal serupa?

(NB/RPA)

1 Komentar