Sukses

Jaga Kulit Tetap Sehat Meski Sering Main Skuter Listrik

Bermain skuter listrik sedang menjadi tren beberapa waktu ini. Tetap waspada dan jangan lupa untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki kulit yang sehat dan terawat menjadi dambaan setiap orang. Sayangnya, ada saja hal yang bisa bikin kulit jadi tampak lebih kering dan kusam, salah satunya gara-gara sering main skuter listrik. 

Tidak disangkal lagi, bermain skuter listrik memang sedang tren. Meski menyenangkan dan bisa merasakan sensasi yang berbeda, Anda mesti waspada dan berhati-hati. Sebab, bermain skuter listrik bisa memicu masalah pada kulit, apalagi jika Anda melakukannya saat siang hari.

Faktanya, paparan sinar matahari, debu dan asap kendaraan bisa merusak tampilan kulit Anda. Jika kondisi ini tidak ‘dilawan’ dengan perawatan yang memadai, kulit Anda bisa terlihat kusam, kering bahkan bersisik dan tidak enak dipandang.

Lantas, harus bagaimana agar kondisi kulit bisa tetap terjaga meski sering main skuter listrik? Dijelaskan oleh dr. Sara Elise Wijono dari KlikDokter, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Gunakan sunblock atau sunscreen 

Anda bisa menurunkan risiko kulit kering dan kusam akibat bermain skuter listrik dengan mengaplikasikan sunblock atau sunscreen, khususnya di bagian kulit yang tidak tertutup pakaian. Gunakan sunblock atau sunscreen dengan minimal SPF 30, agar kulit bisa terlindung sepenuhnya.

Jangan lupa untuk mengaplikasikan secara berulang, apalagi bila Anda sering berkeringat. Dengan ini, kulit Anda bisa sepenuhnya terlindungi dari dampak buruk paparan sinar ultraviolet matahari.

Sunblock bekerja dengan membentuk lapisan pelindung pada permukaan kulit, sehingga menghalangi sinar ultraviolet dari matahari agar tidak mencapai kulit. Sedangkan sunscreen, bisa membentuk lapisan yang bisa menyerap sinar ultraviolet sebelum sinar tersebut mencapai kulit,” ujar dr. Sara Elise pada KlikDokter.

  • Minum air putih

Melembapkan kulit tidak hanya dilakukan dari luar, tapi juga dari dalam. Minum air putih yang cukup bisa menjaga kulit tetap terhidrasi sehingga kesehatan lebih terjaga.

“Minum dua liter atau delapan gelas air putih dalam satu hari. Dengan ini, kebutuhan cairan tubuh Anda akan terpenuhi sehingga kulit tetap terhidrasi dan sehat,” tutur dr. Sara.

  • Menggunakan pakaian tertutup

Saat bermain skuter listrik, pastikan untuk menggunakan pakaian yang menutupi seluruh area tubuh. Hal ini berguna untuk mencegah sinar matahari masuk ke dalam kulit secara langsung. 

“Agar tubuh Anda tidak merasa terlalu panas, gunakan pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat dan berwarna cerah,” ujar dr. Sara.

  • Memilih waktu yang tepat

Menurut dr. Sara, waktu paling tepat untuk bermain skuter listrik adalah pagi hari sejak pukul 06.00 hingga 10.00 dan dilanjutkan dengan waktu sore pukul 17.00 hingga malam hari. 

Anda tidak dianjurkan untuk bermain skuter listrik di atas jam 10.00 pagi, karena pancaran sinar matahari di waktu tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh termasuk kulit. 

“Sinar matahari di siang hari bisa meningkatkan risiko dehidrasi pada orang-orang yang sering berkeliaran di luar ruangan. Selain itu, paparan sinar matahari di waktu terik juga bisa meningkatkan risiko kanker kulit,” kata dr. Sara. 

  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Jika perlu, Anda bisa meningkatkan pasokan makanan yang mengandung vitamin E seperti semangka, stroberi atau melon, agar kulit lebih lembap dan terlindung dari bahaya radikal bebas.

Main skuter listrik memang sangat menyenangkan, apalagi bila dilakukan bersama teman-teman. Meski demikian, Anda tetap tidak boleh lupa untuk melakukan perawatan kulit agar penampilan tetap terjaga. Anda tak ingin kulit terlihat lebih kusam gara-gara sering main skuter listrik, bukan?

(NB/RPA)

0 Komentar

Belum ada komentar