Kesehatan Mental

Puasa Dopamin, Membatasi Kesenangan Agar Tidak Kecanduan

dr. Dyah Novita, 10 Feb 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sekarang sedang viral soal puasa dopamin. Sebenarnya, puasa jenis apa itu? Cari tahu lewat penjelasan berikut ini.

Puasa Dopamin, Membatasi Kesenangan Agar Tidak Kecanduan

Pernahkah kamu mendengar soal puasa dopamin? Pola diet ini sempat ramai diperbincangkan di Amerika Serikat beberapa tahun silam.

Psikiater asal AS, dr. Cameron Sepah adalah orang yang pertama kali memperkenalkan puasa dopamin alias dopamine detox. Dopamin adalah zat kimia di dalam tubuh yang bertanggung jawab atas rasa senang, perasaan dihargai, dan timbulnya motivasi.

Kadar dopamin bisa meningkat ketika kamu melakukan hal-hal yang menyenangkan, seperti olahraga atau mengonsumsi makanan favorit.

Manfaat Puasa Dopamin 

Menurut dr. Sepah,  puasa dopamin dilakukan dengan membatasi perilaku yang bisa memicu pelepasan dopamin dalam jumlah besar. Tujuannya adalah untuk memungkinkan proses pemulihan otak dan tubuh.

Dopamine detox digagas karena manusia zaman sekarang dianggap mengalami kecanduan terhadap hal yang menyenangkan. Contohnya, bermain gim secara berlebihan atau berselancar di internet tanpa kenal waktu dan tempat.

Meski begitu, cara mengurangi dopamin di otak ini menimbulkan reaksi pro dan kontra. Dokter Peter Grinspoon, seorang pengajar di Harvard Medical School termasuk orang yang tidak setuju dengan puasa dopamin.

Menurutnya, dopamin adalah zat kimia yang memang ada di dalam tubuh.  Menghindari aktivitas yang merangsang peningkatan dopamin, tidak bisa menurunkan kadar dopamin dalam tubuh kamu. 

Hal ini dibenarkan oleh Kent Berridge, PhD, seorang profesor psikologi dan ilmu saraf di Universitas Michigan, AS. Berridge mengatakan bahwa dopamine detox tidak bisa mereset otak dari aktivitas yang merangsang tubuh menghasilkan hormon dopamin.

Karena itu, Berridge menyarankan agar puasa dopamin tidak dilakukan secara berlebihan. Ketika melakukan dopamine detox, bukan berarti kamu harus menghentikan kebiasaan yang dianggap buruk sama sekali.

“Sebab salah satu elemen penting untuk mengurangi kecanduan adalah dengan berani menghadapi penyebab kecanduan tersebut,” jelas Berridge.

Cara Puasa Dopamin (Dopamine Detox) 

Jadi, apakah kamu tertarik melakukan puasa dopamin? Jika ya, cara melakukan dopamine detox adalah dengan membatasi hal yang kamu anggap menyenangkan secara secukupnya.

Artinya, kamu tetap boleh bersinggungan dengan sumber kesenangan, asalkan pada kadar yang tidak berlebihan. Karena pada dasarnya, hal-hal menyenangkan bisa membuat kamu terhindar dari stres dan depresi.

Bagi kamu yang tertarik mencoba puasa dopamin, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut pada dokter atau psikolog mengenai cara paling tepat untuk melakukannya. Tujuannya adalah supaya puasa yang kamu lakukan memberikan manfaat yang sesuai dengan harapan.

Apabila kamu hendak menjalani metode puasa lain demi #JagaSehatmu, konsultasikan kepada dokter spesialis gizi klinik lewat layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(ADT/NM

StresDepresikesehatan mentalDopaminPuasa DopaminPuasa Kecanduan

Konsultasi Dokter Terkait