Sukses

7 Cara Mengatasi Mata Sembap dengan Efektif

Selain membuat tidak nyaman, mata sembap juga bisa mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Lakukan ini untuk mengatasinya!

Klikdokter.com, Jakarta Ada banyak alasan yang bisa bikin Anda menangis. Patah hati, ditinggal oleh orang tersayang, penyakit atau karena perasaan bahagia. Apapun alasannya, menangis bisa mencetuskan mata sembap alias bengkak. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, mata sembap juga bisa menurunkan penampilan hingga rasa percaya diri Anda, lho!

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir berlebihan. Mata sembap bukanlah kondisi gawat darurat yang membutuhkan pertolongan medis dengan segera. Kondisi tersebut bisa Anda atasi dengan terapi rumahan sebagai berikut:

  1. Kompres dengan air dingin 

Untuk meredakan bengkak, Anda bisa mengompres mata dengan air dingin. Caranya, tuangkan air dingin ke dalam mangkuk, ambil kain atau handuk kecil dan rendam selama satu menit. 

Setelah kain atau handuk berubah menjadi dingin, peras sampai tidak ada air yang tersisa. Lalu, tempelkan ke bawah mata Anda dan pijit secara lembut. Ulangi metode ini beberapa kali hingga mata terlihat lebih baik dari sebelumnya.

“Anda juga bisa mengompres mata dengan es batu. Caranya, ambil tiga sampai lima bongkah kecil es batu dan bebat dengan kain. Tempelkan kain tersebut di bawah kelopak mata. Pijit bagian bawah mata sekitar 10 sampai 20 menit, dan mata akan terasa lebih baik dari sebelumnya,” kata dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter.

  1. Kompres dengan timun 

Selain menggunakan air dingin dan es batu, Anda juga bisa menggunakan irisan timun untuk mengatasi mata sembap. Sensasi dingin yang diberikan oleh timun bisa membantu meredakan bengkak yang dialami oleh mata. 

“Kandungan antioksidan pada timun dapat memberikan rasa segar dan menyehatkan permukaan kulit sekitar mata,” ungkap dr. Dyan Mega.

  1. Kompres dengan sendok 

Ya, Anda bisa menggunakan sendok untuk meredakan mata sembap. Caranya, masukan sendok ke dalam kulkas selama 10 hingga 15 menit. Kemudian, letakan bagian belakang sendok yang telah didinginkan di bawah kelopak mata. Lakukan secara hati-hati, karena sensasi dingin yang disalurkan melalui sendok bisa membuat Anda terkejut. 

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Gunakan concealer

Tidak sempat mengompres mata karena sedang terburu-buru? Jangan khawatir, peralatan make up yang Anda gunakan bisa jadi solusi!

“Oleskan concealer atau color correcting concealer warna merah atau hijau untuk menutupi jejak mata sembap. Jika sudah dioleskan secara rata, Anda bisa mengoleskan bedak lagi sebagai penutupnya,” tutur dr. Dyan Mega. 

  1. Minum Air Putih 

Minum air putih yang banyak. Selain buat pikiran jadi lebih relaks, air putih juga bisa mengurangi pembengkakkan yang terjadi pada mata. Maka dari itu, jangan lupa minum dua sampai tiga gelas air putih saat masa sembap terjadi.

  1. Hindari rokok dan alkohol

Merokok dan minum alkohol justru bisa membuat mata sembap terlihat lebih parah. Ini karena kedua hal tersebut berperan dalam pembentukan kantung mata, juga dapat mempercepat terjadinya proses penuaan. 

  1. Gunakan kacamata hitam 

Mata sembap yang terkena paparan sinar matahari bisa bikin bengkak dan meradang. Karena itu, jangan lupa untuk menggunakan kacamata hitam agar sinar ultraviolet tidak menyebabkan sembap pada mata jadi semakin parah.  

Selain itu, menggunakan kacamata hitam juga bisa ‘melindungi’ Anda dari pertanyaan-pertanyaan orang lain mengenai penyebab kondisi mata sembap yang dialami.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mata sembap setelah menangis. Agar keluhan tidak makin parah, jangan lupa juga untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama teman. Dengan demikian, Anda akan kembali ceria dan lupa dengan segala hal yang bisa memicu keinginan untuk menangis dan terbebas dari mata sembap.

[NB/RPA] 

0 Komentar

Belum ada komentar