Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Biji Rami, Benarkah Bermanfaat bagi Kesehatan Ibu Hamil?

Biji Rami, Benarkah Bermanfaat bagi Kesehatan Ibu Hamil?

Manfaat biji rami sudah tidak diragukan lagi. Namun, apakah ibu hamil bisa ikut merasakan manfaat tersebut?

Klikdokter.com, Jakarta Biji rami atau flaxseed adalah satu dari sekian sumber serat yang sudah ada sejak zaman Mesir dan Cina kuno. Meski memiliki nama yang kurang ‘ramah’ di telinga masyarakat Indonesia, manfaat biji rami sudah tidak diragukan lagi. Namun apakah tetap aman dikonsumsi bagi ibu hamil?

Mengonsumsi Biji Rami bagi Ibu Hamil

Biji rami memang punya banyak manfaat bagi tubuh, tak terkecuali untuk ibu hamil. Namun, menurut penelitian yang dilakukan pada hewan, mengonsumsi biji rami dengan dosis tinggi bisa memberi risiko bagi janin dalam kandungan. 

Oleh karena itu, jika ingin mengonsumsi biji rami untuk menjaga berat badan, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan tetap rutin mengikuti anjuran dokter.

 

1 dari 2 halaman

Manfaat Biji Rami bagi Kesehatan Ibu Hamil

Biji rami memang punya segudang manfaat bagi kehamilan. Namun, bagi Anda yang sedang hamil, pastikan berkonsultasi kepada dokter untuk mengonsumsi biji rami. Berikut manfaat biji rami bagi ibu hamil:

  • Mengandung nutrisi penting

Faktanya, biji rami banyak mengandung lignan dan alpha linoleic acid (ALA). Kandungan tersebut mendukung perkembangan otak janin, khususnya pada bulan pertama masa kehamilan.

  • Menjaga kesehatan saluran cerna

Biji rami kaya akan serat pangan, yang terdiri dari serat larut (20–40 persen) dan serat tidak larut (60–80 persen). Kedua jenis serat ini akan difermentasikan di usus besar oleh bakteri dan membantu melancarkan proses pencernaan. 

Selain itu, serat larut berguna meningkatkan konsistensi isi dari usus dan memperlambat proses pencernaan. Hal tersebut membantu tubuh mengatur kadar gula darah dan turut menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. 

Serat tidak larut juga akan membuat lebih banyak air yang terikat ke kotoran dan membantu melembutkannya sehingga mencegah terjadinya konstipasi alias sembelit. 

  • Mengatur tekanan gula darah

Tekanan gula darah biasanya meningkat selama masa kehamilan, biji rami bisa membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Manfaatnya berat badan ibu hamil tetap terjaga.

  • Meningkatkan imunitas

Mengonsumsi biji rami bisa menurunkan risiko kanker. Sebab, biji rami kaya akan lignan yang berguna untuk menurunkan risiko kanker. 

Senyawa ini merupakan bahan tanaman yang mengandung antioksidan dan estrogen, di mana keduanya berperan dalam menurunkan risiko kanker. 

Penelitian yang ada menyimpulkan bahwa orang yang mengonsumsi biji rami memiliki risiko kanker payudara lebih rendah. Manfaat ini khususnya dirasakan oleh wanita post-menopause.

  • Mengendalikan diabetes

Biji rami juga sangat efektif untuk mengatasi diabetes karena kandungan seratnya mudah larut.

  • Mengurangi risiko gangguan jantung

Ibu hamil rentan mengalami gangguan pada jantung, yang disebabkan oleh aliran darah yang cepat untuk memproses penyediaan makanan bagi janin. Mengonsumsi biji rami –sesuai anjuran dokter, bisa menjaga kesehatan jantung.

Manfaat biji rami bagi kesehatan sangat besar. Akan tetapi, mengingat adanya risiko mengonsumsi biji rami saat masa kehamilan, ibu hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi flaxseed mentah. Berkonsultasilah terlebih dulu dengan dokter. 

(NB/ RPA)

1 Komentar