Sukses

4 Jenis Olahraga yang Bisa Mengecilkan Paha

Sering merasa frustrasi karena ukuran paha tak kunjung mengecil? Jangan khawatir, empat jenis olahraga ini bisa bantu mengecilkan paha Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki paha yang ramping ideal ada keinginan banyak orang. Sayangnya, tumpukan lemak sering kali menyasar bagian paha—selain perut—untuk sebagian orang. Di sisi lain, mengecilkan paha juga tidaklah mudah. Untuk mengatasinya, ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan Anda lakukan.

Lemak di kaki

Lemak di kaki memang kerap menjengkelkan. Akan tetapi, seperti dinukil dari Healthline, Anda harus tahu bahwa memiliki lemak tubuh (tentu saja yang tidak berlebihan) adalah normal dan sehat.

Menurut American Council on Exercise (ACE), pria dengan berat badan normal memiliki rata-rata 18-24 persen lemak tubuh. Sementara, wanita rata-rata memiliki 25-31 persen lemak tubuh.

Lemak tubuh ini biasanya didistribusikan secara merata, meski terkadang Anda dapat memiliki beberapa area yang memiliki lebih banyak lemak. Kondisi ini umumnya dipengaruhi oleh gen Anda.

  • Lemak kaki sendiri dapat terdiri dari berbagai jenis sel lemak, yaitu:
  • Lemak subkutan: paling umum di paha dan terletak tepat di bawah kulitLemak intramuskular: lemak tersebar di dalam otot itu sendiri, terlihat seperti marmer pada daging 

Olahraga untuk mengecilkan paha

Meski keberadaan lemak di kaki pada umumnya adalah normal, beberapa orang ingin membuangnya sebagian untuk membuat paha terlihat ramping. Nah, beberapa olahraga ini patut Anda coba untuk mengecilkan paha Anda:

  • Lari 

Menurut dr. Arina Heidyana dari KlikDokter, lari atau joging merupakan salah satu olahraga yang paling dianjurkan bagi Anda yang ingin mengecilkan area paha.

“Saat Anda lari, anggota tubuh yang paling bergerak adalah bagian kaki. Lemak yang terdapat di area paha, bokong, betis pun akan terbakar dengan sendirinya ketika Anda berlari,” tutur dr. Arina.

  • Bersepeda 

Selain lari, aktivitas fisik lain yang juga bisa menjadi pilihan untuk mengecilkan paha adalah bersepeda.

“Saat bersepeda, kaki –termasuk juga paha dan betis– akan lebih aktif bergerak untuk mengayuh sepeda agar tetap berjalan. Karena itulah, bersepeda merupakan olahraga yang cocok untuk Anda yang sedang ingin mengecilkan area kaki, terutama paha,” ujar dr. Arina.

Tidak hanya mengecilkan area paha, bersepeda juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh lainnya, seperti meningkatkan fungsi jantung dan melatih kegel Anda tetap kuat.

  • Squat 

Siapa yang tidak kenal dengan teknik olahraga yang satu ini? Meski sulit untuk dilakukan oleh beberapa orang, squat memberikan segudang manfaat bagi tubuh. Salah satunya untuk mengecilkan dan mengencangkan paha.

Gerakan olahraga yang satu ini juga bisa Anda lakukan di mana saja. Baik di kamar, ruang tamu, tempat olahraga, maupun di tempat kerja ketika sedang ada waktu luang.

Lakukan posisi tegak sambil membuka kedua kaki Anda selebar bahu. Setelah itu, rentangkan kedua tangan Anda di depan dada lalu kencangkan otot perut kemudian tarik napas.

Secara perlahan, tekuk kedua tungkai dan dorong bagian bokong ke arah belakang hingga posisi Anda setengah duduk. Lakukan sebanyak 3 set (10 kali per satu set) dan tahan posisi setengah duduk selama 10 detik setiap hitungan ke-10.

  • Jump Squat 

Tidak hanya squad, Anda juga bisa melakukan jump squat. Mirip dengan teknik sebelumnya, namun jump yang berarti lompatan akan membuat teknik ini jadi semakin sulit dan melelahkan untuk dilakukan. Anda diminta untuk melebarkan kaki hingga sejajar dengan bahu, lalu letakkan kedua tangan di samping tubuh.

Setelah mengatur posisi, turunkan tubuh Anda seperti posisi squat, lalu loncatlah setinggi mungkin, dan kembali menapak di permukaan dengan posisi squat lagi. Ulangi gerakan ini minimal 20 kali dalam sehari untuk mendapatkan bentuk paha impian.

Agar usaha semakin efektif, Anda juga sebaiknya menjaga pola makan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengurangi asupan kalori. Pasalnya, saat asupan kalori berkurang, tubuh secara alami akan menggunakan lemak berlebih sebagai sumber energi berikutnya.

Itulah empat jenis olahraga yang dapat bermanfaat untuk mengecilkan paha. Tak harus selalu harus mahal atau dilakukan di pusat kebugaran, Anda bisa mempraktikkannya sendiri di rumah dengan menggunakan alat-alat sederhana. Namun yang terpenting, lakukan latihan fisik secara konsisten yang dibarengi dengan pengaturan pola makan.

[HNS/ RH]

2 Komentar