Sukses

Penyakit Serius Penyebab Lidah Berwarna Putih

Hati-hati, lidah berwarna putih bias disebabkan beberapa penyakit. Apa saja penyebab lidah putih yang harus diwaspadai? Simak di sini!

Ada banyak hal yang menyebabkan lidah berwarna putih, baik itu karena masalah kebersihan maupun karena kondisi kesehatan serius. Kondisi ini tak bisa dibiarkan karena lidah memiliki fungsi yang sangat vital bagi tubuh.

Lidah putih terjadi karena tonjolan-tonjolan pada lidah atau yang disebut papilla mengalami pertumbuhan berlebih dan mengalami pembengkakan. 

Munculnya lapisan putih ini dapat disebabkan karena bakteri, sisa-sisa makanan yang tersangkut di antara papilla, atau sel-sel mati yang terjebak di antara papilla sehingga menyebabkan peradangan.  

Lidah berwarna putih dapat mengindikasikan adanya suatu penyakit yang cukup serius. Berikut ini adalah beberapa penyakit serius penyebab lidah berwarna putih:

1 dari 10 halaman

1. Oral Thrush 

Oral thrush atau kandidiasis mulut adalah salah satu penyebab lidah berwarna putih. Kondisi ini dapat terjadi akibat infeksi jamur Candida albicans

Infeksi jamur ini menyebabkan munculnya sensasi terbakar yang membuat lidah terasa perih atau nyeri.

Oral thrush sering ditemukan pada orang lanjut usia, bayi, orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah, dan penderita diabetes.

Di samping itu, oral thrush juga dapat dialami mereka yang kekurangan vitamin B dan zat besi atau terlalu sering mengonsumsi antibiotik.

2 dari 10 halaman

2. Geographic Tongue

Geographic tongue merupakan kondisi lidah yang terlihat seperti ‘pulau’ dengan pinggiran berwarna putih akibat hilangnya papila.

Kondisi ini umumnya terjadi pada orang dewasa atau lansia. Penyebab geographic tongue masih belum diketahui dengan pasti. Namun, diduga kondisi ini berkaitan dengan genetik atau keturunan. 

Artikel Lainnya: Fakta Medis Menarik Lidah Ketika Tidak Sadarkan Diri

3 dari 10 halaman

3. Sifilis

Sifilis merupakan penyakit kelamin yang bisa menyebabkan luka di bagian mulut. Penyakit ini terjadi akibat adanya infeksi bakteri Treponema pallidum.

Sifilis bisa menyebar melalui aktivitas seksual berisiko, baik saat penetrasi penis ke dalam vagina maupun akibat seks anal atau seks oral (melalui mulut). 

4 dari 10 halaman

4. Oral Lichen Planus

Oral lichen planus adalah peradangan kronis yang berkaitan dengan masalah sistem kekebalan tubuh alias autoimun.

Kondisi ini umumnya tidak menyebabkan rasa sakit, meski pada beberapa kasus bisa menyebabkan penderitanya mengalami nyeri gusi.

5 dari 10 halaman

5. Leukoplakia 

Kondisi ini muncul ketika lidah mengalami iritasi. Faktor penyebab di antaranya karena terlalu banyak minum alkohol dan merokok. 

Pada beberapa kasus, leukoplakia bisa berkembang menjadi keganasan alias kanker. Ciri khas dari penyakit ini adalah bercak yang mudah mengalami penebalan dan tidak dapat dihilangkan dengan cara digosok.

Artikel Lainnya: Menyikat Lidah dengan Sikat Gigi, Benarkah Berbahaya?

6 dari 10 halaman

6. Kanker Mulut

Lidah berwarna putih juga dapat menandakan gejala kanker mulut. Selain warna lidah putih, penyakit ini juga ditandai dengan adanya luka dan rasa nyeri di lidah yang tak kunjung sembuh.

7 dari 10 halaman

7. Kanker Lidah

Kanker lidah umumnya sama dengan jenis kanker mulut lainnya. Jenis kanker ini dimulai di sel-sel lidah dan dapat terjadi di bagian depan lidah atau di dasar lidah.

Gejala awal kanker lidah yang paling umum adalah munculnya luka di lidah yang tidak kunjung sembuh dan mudah berdarah. 

Selain itu, muncul rasa sakit atau nyeri, timbulnya bercah merah atau putih di permukaan lidah, kesulitan saat menelan, perdarahan di mulut, dan adanya benjolan di lidah yang tak kunjung sembuh.

8 dari 10 halaman

8. Obat-obatan

Lidah berwarna putih juga dapat disebabkan oleh konsumsi obat-obatan golongan antibiotik sehingga menyebabkan infeksi jamur di permukaan lidah.

Selain penggunaan antibiotik, obat-obat kortikosteroid untuk penderita asma dan kemoterapi untuk penderita kanker juga dapat menimbulkan bercak putih pada lidah.

Artikel Lainnya: Penyebab Papila Lidah Membesar dan Cara Atasinya

9 dari 10 halaman

9. Imunosupresi Akibat Penyakit Seperti HIV/AIDS

Orang dengan penyakit HIV/AIDS memiliki sistem imun atau kekebalan yang lemah sehingga tidak dapat melawan infeksi dari mikroorganisnme yang menyerang tubuh.

Keadaan ini disebut juga sebagai infeksi oportunistik. Umumnya, kelainan mulut yang paling sering dialami penderita HIV/AIDS ini adalah infeksi jamur Candida.

Itu dia beberapa penyakit serius penyebab lidah putih. Meskipun lidah berwarna putih tidak selalu menunjukkan hal yang serius, tetapi jika kondisi tersebut berlangsung dalam waktu lama, segera lakukan pemeriksaan ke dokter gigi. 

Dokter dapat mengindentifikasi penyebab dan segera mengatasi kondisi lidah putih. Dokter juga dapat memberikan perawatan lebih lanjut sehingga penyakit yang lebih serius dapat dicegah.

Dapatkan informasi kesehatan tepercaya lainnya dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter

(OVI/JKT)

1 Komentar