Sukses

Penyakit Serius Penyebab Lidah Berwarna Putih

Malas menyikat gigi bisa jadi penyebab lidah berwarna putih. Tapi, kondisi ini juga bisa merupakan gejala dari adanya penyakit serius.

Klikdokter.com, Jakarta Ada banyak hal yang bisa jadi penyebab lidah berwarna putih. Baik itu karena masalah kebersihan, maupun karena penyakit serius yang ada di baliknya. Kondisi ini tak bisa dibiarkan karena lidah memiliki fungsi yang sangat vital bagi tubuh.

Menurut dr. Arina Heidyana dari KlikDokter, lidah berwarna putih atau coated tongue bisa terjadi akibat adanya papila―bintik-bintik kecil pada lidah―yang mengalami pertumbuhan berlebih dan membengkak. 

“Lapisan berwarna putih pada lidah bisa muncul karena sisa-sisa makanan yang Anda makan, bakteri atau sel-sel mati yang bersarang atau tersangkut di antara papila,” ujar dr. Arina.

Tidak hanya itu, lidah berwarna putih juga bisa terjadi pada orang yang baru sembuh dari penyakit atau sedang rutin mengonsumsi obat-obatan tertentu. Di luar keadaan tersebut, lidah berwarna putih dapat pula menjadi gejala dari adanya penyakit serius.

Penyakit serius penyebab lidah berwarna putih

Berikut ini adalah beberapa penyakit serius yang bisa menyebabkan terjadinya lidah berwarna putih: 

Oral thrush atau kandidiasis mulut adalah kondisi lidah berwarna putih yang terjadi akibat adanya infeksi jamur Candida albicans. Kondisi ini bisa menyebabkan munculnya sensasi terbakar yang membuat lidah terasa perih atau nyeri.

Oral thrush sering ditemukan pada orang lanjut usia, bayi, orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah, dan penderita diabetes. Di samping itu, oral thrush juga bisa terjadi pada mereka yang kekurangan vitamin B dan zat besi, atau terlalu sering mengonsumsi antibiotik.

Ini adalah kondisi lidah yang terlihat seperti ‘pulau’ dengan pinggiran berwarna putih akibat hilangnya papila. Kondisi ini umumnya terjadi pada orang dewasa atau lansia. Penyebab geographic tongue masih belum diketahui dengan pasti. Para pakar menduga bahwa kondisi ini berkaitan dengan genetik atau keturunan.

Sifilis merupakan penyakit kelamin yang bisa menyebabkan luka pada bagian mulut. 

Penyakit ini terjadi akibat adanya infeksi bakteri Treponema pallidum. Sifilis bisa menyebar melalui aktivitas seksual berisiko, baik saat penetrasi penis ke dalam vagina maupun akibat seks anal atau seks oral (melalui mulut).

  • Oral lichen planus 

Oral lichen planus adalah peradangan kronis yang kejadiannya berkaitan dengan masalah pada sistem kekebalan tubuh alias autoimun. Kondisi ini umumnya tidak menyebabkan rasa sakit, meski pada beberapa kasus bisa membuat penderitanya mengalami rasa nyeri pada gusi.

Kondisi ini muncul ketika lidah Anda mengalami iritasi, terlalu banyak minum alkohol dan merokok. 

Dalam beberapa kasus, leukoplakia bisa berkembang menjadi keganasan alias kanker. Ciri khas dari penyakit ini adalah bercak yang mudah mengalami penebalan dan tidak dapat dihilangkan dengan cara digosok.

Penyebab lidah berwarna putih tidak melulu karena hal-hal yang sepele. Kalau kondisi lidah Anda yang berwarna putih tidak kunjung hilang meski telah berkali-kali disikat atau hadir bersama dengan gejala-gejala lain yang mengganggu, segera periksakan diri ke dokter. Semakin dini penyebabnya dideteksi, maka semakin cepat diobati dan semakin besar pula kemungkinan untuk sembuh.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar