Sukses

7 Makanan Enak yang Aman untuk Penyandang Diabetes

Penyandang diabetes tidak selalu harus makan yang tidak enak. Ini dia deretan makanan yang enak sekaligus aman untuk diabetesi.

Klikdokter.com, Jakarta Mengontrol diabetes berhubungan erat dengan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Diabetesi disarankan untuk mengurangi makanan manis dan berkalori tinggi.

Itulah sebabnya, asupan untuk diabetesi lekat dengan citra makanan hambar dan tawar. Padahal, masih banyak makanan enak yang aman untuk diabetesi.Yang penting, makanan tersebut dikonsumsi pada batas wajar,tidak berlebihan. Anda bisa meminta bantuan dokter atau ahli gizi untuk menentukan jumlah yang aman dikonsumsi sesuai kondisi tubuh.

Makanan enak yang aman untuk diabetesi

Jadi, apa saja makanan enak yang aman dikonsumsi diabetesi? Simak ulasannya di bawah ini.

  • Ikan berlemak

Ikan berlemak merupakan makanan yang paling sehat sekaligus enak. Jenis ikan ini mengandung asam lemak omega-3, DHA, dan EPA sehingga baik untuk kesehatan jantung dan tubuh. Misalnya, salmon, sarden, dan tuna.

Diabetesi yang mengonsumsi ikan berlemak ini secara teratur akan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

  • Telur

Telur adalah makanan yang sering dikonsumsi masyarakat karena mudah didapat plus murah. Selain enak, telur diketahui dapat menurunkan risiko penyakit jantung karena sifatnya yang menurunkan peradangan.

Sumber protein ini juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik pada tubuh (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh (LDL).

  • Kayu manis

Kayu manis merupakan bumbu yang dapat menggantikan gula. Kayu manis memiliki sifat antioksidan yang melawan radikal bebas perusak sel-sel tubuh. Pada beberapa studi, kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah tubuh dan meningkatkan sensitivitas hormon insulin.

  • Yoghurt

Produk turunan susu ini juga termasuk ke dalam makanan yang enak dan sehat. Namun, hati-hati dalam memilih yoghurt.

Hindari memilih yoghurt yang mengandung gula tinggi. Pilihlah yoghurt Greek yang baik untuk mengendalikan kadar gula tubuh. Yoghurt juga baik untuk kesehatan jantung dan pencernaan.

  • Kacang-kacangan

Kacang merupakan salah satu camilan enak dan menyehatkan. Sumber protein nabati ini juga sumber serat dan lemak yang baik. Contoh kacang yang baik dikonsumsi diabetesi adalah almon, cashew, dan hazelnut.

  • Stroberi

Buah asam ini mengandung antioksidan yang tinggi, yaitu antosianin. Antioksidan bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan hormon insulin setelah makan.

Stroberi juga dapat memperbaiki kadar gula darah tubuh dan menurunkan risiko penyakit jantung pada diabetesi. Selain dikonsumsi langsung, stroberi juga bisa dijadikan jus tanpa tambahan gula.

  • Alpukat

Selain stroberi, alpukat juga merupakan buah yang mengandung lemak baik dan bagus penderita diabetes. Alpukat membantu menjaga kadar gula darah tubuh dan mencegah lonjakan gula darah pada tubuh.

Selain itu, ada juga asupan yang tak kalah enak tapi aman untuk diabetesi, yaitu Diabetasol. Produk-produk Diabetasol terdiri dari Diabetasol Powder, Diabetasol Bar, dan Diabetasol Zero Calorie Sweetener. Ketiganya diformulasi khusus untuk diabetesi.

Diabetasol Powder adalah nutrisi makanan pengganti yang lengkap dengan kandungan Vita Digest Pro dan indeks glikemik rendah. Vita Digest Pro merupakan karbohidrat lepas lambat, sehingga membuat Anda kenyang lebih lama dan memiliki indeks glikemik rendah, sehingga menstabilkan gula darah. Konsumsi 4 sendok takar dua kali sehari, sebagai pengganti sarapan Anda dan sebelum tidur.

Adapun, Diabetasol Bar adalah camilan tinggi serat yang mengandung rendah natrium, rendah indeks glikemik dengan oat asli, serta 11 vitamin dan 5 mineral.

Sedangkan Diabetasol Zero Calorie Sweetener adalah pengganti gula tanpa kalori dengan kandungan sukralosa yang 600 kali lebih manis dibandingkan gula tebu. Pemanis ini cocok digunakan untuk minum teh, membuat kue, dan puding untuk diabetesi.

Jadi, siapa bilang diabetesi harus menderita karena makanan tidak enak? Tujuh makanan enak di atas nyatanya bisa Anda konsumsi dengan aman selama porsinya tepat. Semoga di World Diabetes Day ini, Anda juga semakin cermat memilih asupan yang aman sesuai kondisi tubuh, termasuk produk Diabetasol.

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar