Sukses

4 Perawatan Payudara Pasca Menyapih

Merasakan perubahan payudara setelah selesai menyusui? Jangan cemas, ada perawatan payudara pasca menyapih yang bisa dilakukan.

Klikdokter.com, Jakarta Saat memutuskan untuk menyapih atau menyetop pemberian ASI pada si Kecil, perubahan pada payudara wajar terjadi. Misalnya, payudara lebih kendur dan terasa tidak nyaman. Jangan cemas, ada perawatan payudara pasca menyapih untuk membantu mengatasinya.

Meski demikian, Anda harus harus tahu kalau payudara kendur bukan disebabkan karena menyusui. Lebih tepatnya, payudara kendur terjadi karena kehamilan.

Saat hamil, payudara akan terlihat berbeda, baik dalam ukuran, bentuk, dan bahkan penampilan. Karena usai melahirkan Anda langsung memberikan ASI, menyusui dianggap sebagai penyebab payudara kendur.

Berbagai masalah pasca menyapih

Ada beberapa masalah pada payudara yang umumnya akan terjadi pasca menyapih. Beberapa di antaranya adalah:

  • Payudara bengkak

Setelah berhenti menyusui, tidak jarang payudara membengkak selama beberapa hari atau lebih. Engorgement atau pembengkakan dan mastitis atau saluran yang tersumbat adalah komplikasi penyapihan yang menyakitkan, terutama bila penyapihan dilakukan secara tiba-tiba.

Kabar baiknya, nyeri payudara setelah disapih dapat dicegah dengan perlahan menyapih bayi Anda. Selain itu, hal ini bisa diobati dengan perawatan di rumah dan pengobatan.

  • Pengenduran payudara

Salah satu hal pertama yang diperhatikan setelah memulai proses penyapihan adalah payudara tampak mengendur. Hal ini disebabkan oleh ASI yang mengering.

Beberapa wanita akan mempertahankan ukuran payudara mereka yang menjadi lebih besar daripada sebelum hamil. Namun, sebagian besar payudara wanita akan menyusut hingga ke ukuran yang bisa lebih kecil dari sebelum hamil.

Produksi ASI dan peningkatan ukuran payudara dapat menyebabkan kulit dan jaringan payudara meregang. Setelah Anda selesai menyusui, payudara menjadi kurang padat serta memiliki tampilan dan rasa yang kosong, kendur, atau rata.

  • Kebocoran ASI

Pasokan susu pasca menyapih butuh waktu berbulan-bulan untuk benar-benar kering. Anda juga akan mengalami hal seperti ASI keluar tiba-tiba, rasa sakit, rasa penuh, juga kesemutan.

  • Timbul benjolan

Saat ASI mulai berkurang, akan terasa benjolan pada payudara. Timbulnya benjolan ini akan lebih terasa, terutama jika Anda berhenti menyusui tiba-tiba dibandingkan bila Anda perlahan-lahan menyapih dalam jangka waktu tertentu. Tak perlu cemas, benjolan tersebut akan hilang saat penyapihan berakhir.

  • Puting susu mengecil

Pasca menyapih, puting susu akan kembali mengecil dengan ukuran dan warna seperti semula. Hal ini juga bisa disertai bekas seperti stretch mark.

Cara perawatan payudara pasca menyapih

Meski ada sejumlah masalah mengintai pasca menyapih, Anda bisa melakukan perawatan untuk mengatasinya. Ikuti caranya di bawah ini.

1. Mengatur pola makan agar payudara tetap kencang

Pastikan Anda mengatur pola makan sejak menyusui. Sertakan lemak jenuh dalam pola makan untuk memberikan nutrisi dan mengembalikan elastisitas payudara.

Dengan menghindari lemak jenuh, bisa terjadi  kerusakan kulit terutama di sekitar payudara. Hal ini membuat payudara kehilangan elastisitasnya.

Cukupi juga asupan yang banyak mengandung vitamin A, C, dan E. Vitamin tersebut bermanfaat dalam memelihara kulit dan meningkatkan produksi kolagen, sehingga dapat mengencangkan kulit yang kendur.

2. Berolahraga

Push-up, berenang, chest press, dan pull-up adalah bentuk olahraga yang dapat membantu mengencangkan payudara. Gunakan juga bra yang tepat saat olahraga.

Anda juga bisa melakukan senam untuk payudara dengan merangsang otot-otot payudara. Aliran darah yang lancar serta otot penopang payudara yang kencang akan membuat payudara lebih terangkat dan kencang.

3. Pijat payudara secara rutin untuk atasi bengkak

Bengkak diakibatkan oleh penyumbatan saluran air susu. Dengan rutin memijat payudara, sumbatan akan berkurang dan hilang.

Cara lainnya adalah dengan menempatkan daun kubis dingin ke dalam bra dan menukarnya setiap beberapa jam sekali. Daun kubis bisa mengurangi nyeri payudara akibat pembengkakan setelah menyapih. Pijatan rutin juga dapat membantu mengatasi kekenduran payudara pasca menyapih.

4. Jaga kebersihan payudara

Hindari kelembapan di sekitar payudara untuk mencegah terjadinya infeksi.

Selain itu, hindari membersihkan puting dengan sabun. Kandungan soda di dalam sabun dapat membuat kulit menjadi kering, sehingga mudah lecet dan iritasi. Nah, untuk proses pembersihannya, cukup gunakan kapas dan air hangat.

Itulah beberapa perawatan alami untuk payudara pasca menyapih yang bisa Anda lakukan. Hindari perawatan instan, misalnya mengonsumsi obat-obatan pengencang payudara, karena malah berisiko bagi kesehatan payudara Anda.

[HNS/RN]

0 Komentar

Belum ada komentar