Sukses

Lapar Saat Nonton Bola Dini Hari, Haruskah Makan?

Saat sedang asyik menonton bola dini hari, rasa lapar kerap melanda. Jika sudah mengalami itu, haruskah Anda makan?

Klikdokter.com, Jakarta Bagi pencinta sepak bola, aktivitas begadang untuk menonton pertandingan sepak bola liga-liga Eropa adalah hal yang biasa. Namun tak jarang, saat terjaga menonton bola dini hari ini, rasa lapar muncul. Tapi apa efeknya bila Anda memutuskan makan dini hari?

Menjawab hal tersebut, dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter menjelaskan, Anda sebenarnya boleh saja makan sesuatu saat lapar ketika nonton bola dini hari.

"Jangan buat diri Anda tersiksa karena lapar. Boleh saja makan saat sedang begadang nonton bola. Tapi ingat, Anda harus memperhatikan jenis asupan yang masuk,” tutur dr. Alvin. 

Salah satunya adalah buah-buahan atau kacang-kacangan. Sebaiknya, hindari makanan tinggi kalori, seperti mi instan; atau asupan sumber lemak dan kolesterol, seperti gorengan, daging merah, serta camilan gurih dengan sodium tinggi.

Camilan sehat untuk menemani nonton bola

Menurut dr. Alvin, Anda sebenarnya bisa mengonsumsi camilan sehat ketika nonton bola. Tidak harus makan berat, yang penting bisa mengisi perut saat keroncongan.

Berikut beberapa ide camilan sehat untuk menemani nonton bola dini hari:

  1. Buah 

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, buah adalah pilihan yang aman. Selain mengenyangkan, makan buah juga menyehatkan. Buah kaya akan serat penting bagi sistem pencernaan. Alhasil, Anda tidak akan gampang gemuk jika menjadikan buah sebagai camilan kala begadang. 

  1. Granola

Camilan yang satu ini memiliki berbagai manfaat sehat, seperti melancarkan pencernaan, menambah energi, menurunkan kolesterol, dan baik untuk kesehatan jantung. Kandungan seratnya yang tinggi juga baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Granola juga dapat dikonsumsi dengan berbagai macam kombinasi. Mau dicampur dengan kacang, buah, kue, madu, yoghurt, atau dimakan begitu saja, granola sama enaknya.

  1. Yoghurt rendah lemak

Dijelaskan dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, yoghurt kaya akan probiotik, yang baik untuk kesehatan pencernaan.

“Tak hanya itu, camilan kekinian yang satu ini juga mengandung kalsium, vitamin B2, B12, potasium dan magnesium, yang baik untuk kesehatan tubuh Anda," ujar dr. Nadia lagi.

Namun begitu, bijaklah sebelum membeli yoghurt favorit Anda. Pilihlah jenis yoghurt yang rendah lemak, dan hindari menambahkan atasan (topping) tinggi kalori, seperti cokelat, biskuit, atau saus manis.

  1. Oatmeal

Jika saat tengah malam Anda merasa benar-benar lapar dan membutuhkan makanan yang lebih berat, oatmeal bisa menjadi pilihan yang baik. Anda bisa menambahkan sayur atau buah-buahan untuk menambahkan rasa.

  1. Kacang almon

Jenis kacang ini kaya akan manfaat. Almond kaya akan antioksidan, bisa menstablikan gula darah, membantu menurunkan risiko penyakit jantung, membantu menurunkan berat badan, sampai baik untuk kesehatan kulit.

Di sisi lain, meski bisa lapar saat dini hari bisa disiasati dengan camilan-camilan di atas, dr. Nitish Basant Adnani, BmedSc, MSc dari KlikDokter tidak menyarankan Anda sering-sering begadang. Pasalnya, terjaga hingga dini hari akan menyebabkan Anda kurang tidur. 

“Sistem daya tahan tubuh akan berfungsi maksimal jika tubuh mendapatkan tidur yang cukup. Produksi sel darah putih, yang berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh, akan terganggu apabila Anda kurang tidur. Akibatnya, kalau sering kurang tidur, Anda akan lebih mudah jatuh sakit,” kata dia.

Makan untuk mengatasi lapar saat menonton bola di dini hari sebenarnya boleh. Tapi, pilihlah jenis makanan yang tepat –seperti camilan sehat yang rendah lemak dan rendah kalori. Satu lagi—seperti kata sebuah lagu—jangan begadang kalau tidak ada artinya. Memenuhi waktu tidur setiap hari sangat penting.

[HNS/ RH]

1 Komentar