HomeInfo SehatKulitMakan Ini agar Herpes Genital Tak Kambuh Lagi
Kulit

Makan Ini agar Herpes Genital Tak Kambuh Lagi

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, 15 Jun 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Banyak cara untuk mencegah herpes genital tidak bolak-balik kambuh. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan dengan nutrisi ini.

Makan Ini agar Herpes Genital Tak Kambuh Lagi

Herpes genital adalah suatu infeksi menular seksual yang disebabkan oleh virus HSV-2, dan terkadang oleh HSV-1. Cara utama penyebaran virus adalah melalui kontak seksual. 

Gejala penyakit herpes genital dapat berupa gatal, sensasi terbakar, luka lecet atau lepuh di sekitar genital, serta kesulitan buang air kecil akibat rasa nyeri. 

Di sisi lain, seseorang dapat juga terinfeksi herpes genital meski tidak ada luka yang tampak.

Setelah seseorang terinfeksi, virus akan “bersembunyi dan tidur” di dalam sistem saraf. Ketika daya tahan tubuh sedang turun, virus bisa kembali aktif dan menyebabkan herpes kambuh. 

Obat dan gaya hidup yang baik dapat meredakan gejala dan mengurangi kekambuhan. Salah satu upayanya yakni dengan mengonsumsi makanan dengan nutrisi tertentu. 

Apa saja makanan untuk penderita herpes genital? Berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Daging Sapi dan Ayam

Daging atau produk hewani lainnya diketahui kaya akan lisin. Lisin adalah salah satu asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi lebih banyak kolagen, enzim pencernaan, antibodi, serta hormon protein. 

Karena tubuh tidak dapat memproduksi asam amino esensial, dibutuhkan dari asupan makanan.

Produk hewani juga diketahui banyak mengandung zink, yang dapat mencegah terjadinya kekambuhan gejala herpes genital. 

2. Produk Susu dan Olahan

Produk susu dan olahannya -- seperti susu segar, keju, yoghurt, dan mentega – merupakan makanan yang baik untuk penderita herpes genital. Sebab, jenis makanan ini mengandung lisin yang dapat menjaga sistem imun tubuh. 

Selain itu, produk yoghurt mengandung probiotik yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara menyeluruh. 

Suplemen probiotik yang mengandung strain Lactobacillus rhamnosus juga diketahui dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Artikel lainnya: Mengenal Jenis dan Prosedur Pemeriksaan Sifilis

3. Buah-buahan

Beberapa jenis buah yang mengandung vitamin C diketahui dapat membantu mengobati dan mencegah timbulnya gejala luka terbuka pada herpes genital

Coba tingkatkan asupan buah dan sayuran yang mengandung vitamin C seperti paprika, jeruk, dan stroberi agar mengurang risiko kekambuhan. 

 

4. Bayam dan Brokoli

Makanan seperti bayam dan brokoli juga baik untuk penderita penyakit herpes, karena mengandung sejumlah senyawa yang dapat memperbaiki sistem pertahanan tubuh.

Zat-zat yang terkandung di dalamnya, antara lain antioksidan, vitamin C, dan vitamin B kompleks. Dengan mengonsumsi sayuran jenis ini, maka risiko kekambuhan dari gejala herpes akan semakin rendah.

Artikel lainnya: Gejala dan Cara Mengatasi Herpes Mata

5. Tumbuhan Polong-polongan

Tumbuhan polong-polongan, seperti kacang kedelai dan produk turunannya, diketahui kaya akan protein. Zat protein sangat penting untuk respons imun tubuh terhadap virus herpes dan patogen lainnya. 

Karena itu, pola makan tinggi protein dan rendah lemak jenuh bisa mengurangi risiko kambuhnya gejala herpes.

Kekambuhan herpes genital sangat bergantung pada imunitas. Oleh sebab itu, menjaga daya tahan tubuh adalah cara yang terbaik. 

Lisin menjadi salah satu nutrisi penting yang mendukung hal tersebut. Kebutuhan lisin adalah satu gram per hari.

Jika kamu ingin mengonsumsi lisin ekstra untuk mencegah kekambuhan herpes, pastikan konsumsi arginin kamu rendah. Arginin adalah asam amino semi esensial, yang diproduksi tubuh serta bisa didapatkan dari makanan. 

Walau baik untuk tubuh, arginin “berkompetisi” dengan lisin dalam hal penyerapan. Jadi, agar lisin dapat terserap dengan maksimal, asupan arginin wajib dikurangi. 

Tak hanya itu, jalani pola hidup sehat untuk menunjang imunitas yang baik, yaitu dengan rutin berolahraga, cukup istirahat, mempu mengelola stres dengan baik, hindari rokok, serta batasi konsumsi alkohol. 

Itulah berbagai makanan yang baik untuk penderita penyakit herpes genital. Terapkan pola hidup sehat lainnya agar herpesmu tidak kambuh terus-menerus.

Cari tahu informasi kesehatan lainnya seputar herpes atau penyakit lain di aplikasi KlikDokter. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui layanan Live Chat 24 jam. Yuk, #JagaSehatmu selalu!

[RS]

NutrisiHerpesHerpes Genital

Konsultasi Dokter Terkait