Sukses

Makan Ini agar Herpes Genital Tak Kambuh Lagi

Banyak cara untuk mencegah herpes genital tidak bolak-balik kambuh. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan dengan nutrisi ini.

Klikdokter.com, Jakarta Setelah menginfeksi, virus penyebab herpes genital akan bertahan di dalam tubuh penderita. Sewaktu-waktu, ketika daya tahan tubuh penderita sedang lemah, virus tersebut dapat kembali aktif dan herpes pun jadi kambuh. Padahal, ada banyak cara agar herpes genital tak kambuh lagi, yaitu dengan mengonsumsi makanan dengan nutrisi tertentu.

Herpes genital dan gejalanya

Herpes genital adalah suatu infeksi menular seksual yang disebabkan oleh virus HSV-2 dan terkadang oleh HSV-1. Cara utama penyebaran virus adalah melalui kontak seksual.

Penyakit ini menyebabkan gejala seperti gatal, sensasi terbakar, luka lecet atau lepuh di sekitar genital, serta kesulitan buang air kecil akibat rasa nyeri. Di sisi lain, seseorang dapat juga terinfeksi herpes genital meski tidak ada luka yang tampak.

Setelah seseorang terinfeksi, virus akan “bersembunyi dan tidur” di dalam sistem saraf. Ketika daya tahan tubuh sedang turun, virus bisa kembali aktif dan menyebabkan kekambuhan.

Obat dan gaya hidup yang baik dapat meredakan gejala dan mengurangi kekambuhan, yang mana upaya tersebut akan makin optimal dengan pemilihan makanan tertentu.

Nutrisi yang diperlukan untuk mencegah kekambuhan herpes genital

Karena kekambuhan herpes genital sangat bergantung pada imunitas, menjaga daya tahan tubuh adalah cara yang terbaik. Salah satu nutrisi penting yang mendukung hal tersebut adalah lisin. Individu yang terkena virus herpes simpleks atau mengidap diabetes bisa mendapatkan keuntungan dari konsumsi lisin.

Lisin adalah salah satu asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi lebih banyak kolagen, enzim pencernaan, antibodi, serta hormon protein. Karena tubuh tidak dapat memproduksi asam amino esensial, dibutuhkan dari asupan makanan.

Kebutuhan lisin adalah 1 gram per hari. Walau produk hewani diketahui mengandung banyak lisin, Anda juga bisa mendapatkannya dari sumber nabati. Berikut adalah daftar makanan yang kaya akan lisin:

  1. Buah dan sayuran, misalnya alpukat, aprikot yang dikeringkan, mangga, buah bit, bawang prei, tomat, pir, paprika hijau dan merah, serta kentang.
  2. Tumbuhan polong-polongan, seperti kacang kedelai dan produk turunannya, seperti tahu, tempe, susu kedelai; serta tofu, edamame, kacang lentil, dan buncis. 
  3. Kacang dan biji-bijian, antara lain biji labu, pistachio, kacang mede, kacang macademia, quinoa, dan gandum hitam.
  4. Susu dan produk turunannya, yakni yoghurt, keju, dan mentega.
  5. Makanan laut, seperti tiram, siput, ikan, dan udang.
  6. Daging, antara lain daging sapi dan ayam.

Jika Anda ingin mengonsumsi lisin ekstra untuk mencegah kekambuhan herpes, pastikan konsumsi arginin Anda rendah. Arginin adalah asam amino semi esensial, yang diproduksi tubuh serta bisa didapatkan dari makanan.

Walau baik untuk tubuh, arginin “berkompetisi” dengan lisin dalam hal penyerapan. Oleh karena itu, agar lisin dapat terserap dengan maksimal, asupan arginin wajib dikurangi. Salah satu makanan kaya arginin adalah kalkun. Beberapa makanan yang kaya akan lisin di atas juga ada yang mengandung arginin.

Sebagai contoh, gambaran diet kaya lisin dan rendah arginin adalah:

  • Keju parmesan yang telah diparut, yang mengandung 2,2 gram lisin per 100 gram keju dan 1,5 gram arginin.
  • Daging sapi panggang dan steak, dengan perkiraan 85 gram atau 3 ons, dengan tulang dan lemak yang telah disingkirkan, mengandung 3 gram lisin dan kurang lebih 2 gram arginin.

Konsumsi makanan yang kaya akan lisin dapat mencegah herpes genital tidak terus-terusan kambuh. Tak hanya itu, jalani pola hidup sehat untuk menunjang imunitas yang baik, yaitu dengan rutin berolahraga, cukup istirahat, mempu mengelola stres dengan baik, serta hindari rokok dan minum alkohol secara berlebihan.

[HNS/RN]

0 Komentar

Belum ada komentar