Diet dan Nutrisi

Mengenal Teh Rooibos dan Manfaatnya bagi Kesehatan

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 02 Des 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Teh rooibos adalah salah satu jenis teh yang bermanfaat bagi kesehatan. Apa manfaat teh rooibos bagi tubuh? Yuk, simak lengkapnya di sini.

Mengenal Teh Rooibos dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Teh rooibos mungkin bukan hal yang asing bagi para penggemar teh. Selain teh hitam dan teh hijau, teh asal Afrika ini bisa menjadi pilihan teh yang baik untuk diminum dalam keadaan hangat. Selain rasanya nikmat, ada banyak manfaat teh rooibos bagi kesehatan, lho!

Teh rooibos pada mulanya berasal dari daerah Cederberg di Afrika Selatan. Daun tehnya berasal dari tanaman bernama Aspalanthus linearis yang pada awalnya digunakan untuk obat herbal oleh suku Khoisan di daerah setempat.

Untuk membuat teh rooibos, daun dari tanaman Aspalanthus linearis dipetik dan ditumbuk, lalu dilakukan proses fermentasi. Setelah fermentasi selesai, daun teh dijemur hingga kering di bawah sinar matahari.

Teh rooibos memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan. Meski belum semua terbukti secara ilmiah, berikut potensi manfaat teh rooibos bagi tubuh.

1. Tidak Mengandung Kafein

Hampir semua jenis teh mengandung kafein. Hal ini menyebabkan orang-orang yang hipersensitif terhadap kafein menghindari minum teh. Kandungan kafein dalam teh bisa memicu jantung berdebar-debar, gangguan tidur, atau merasa cemas. 

Karena tidak mengandung kafein, teh rooibos bisa menjadi pilihan teh yang baik untuk orang yang hipersensitif tersebut.

Artikel lainnya: 4 Manfaat Teh Herbal untuk Kesehatan yang Harus Anda Coba

2. Kaya Antioksidan

Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas yang merusak sel-sel di dalam tubuh. Sebuah studi pada hewan percobaan menunjukkan bahwa antioksidan dari teh rooibos dapat mengoptimalkan kesehatan liver.

3. Baik untuk Kesehatan Jantung

Potensi manfaat teh rooibos selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Caranya dengan menghambat angiotensin-converting enzyme (ACE), yaitu enzim yang meningkatkan tekanan darah. 

Sebuah studi menunjukkan teh rooibos mulai menghambat enzim tersebut 30-60 menit setelah diminum.

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Jika diminum tanpa tambahan susu atau pemanis, teh rooibos tidak mengandung kalori sama sekali. Oleh karena itu, teh ini bisa menjadi pilihan yang baik jika Anda sedang ingin menjaga berat badan ideal atau menurunkannya. 

Selain itu, sebuah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi teh rooibos juga meningkatkan kadar hormon leptin dalam darah. Hormon leptin berperan untuk menimbulkan rasa kenyang sehingga seseorang akan membatasi makanannya.

5. Memiliki Kadar Tannin yang Rendah

Pada umumnya, teh mengandung sebuah zat bernama tannin. Zat tersebut mengganggu penyerapan zat besi. Oleh sebab itu, teh sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan makanan yang kaya zat besi karena zat besinya tak akan terserap dengan optimal. 

Namun demikian, teh rooibos mengandung tannin yang sangat rendah sehingga tidak akan mengganggu penyerapan zat besi.

Artikel lainnya: 10 Manfaat Teh Chamomile untuk Kesehatan Anda

6. Tidak Mengandung Asam Oksalat

Kebanyakan jenis teh, seperti teh hitam dan teh hijau, mengandung asam oksalat dalam jumlah yang berbeda. Asam oksalat merupakan salah satu zat yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, dapat meningkatkan risiko penyakit batu ginjal.

Tidak seperti teh lainnya, teh rooibos tidak mengandung asam oksalat ini. Hal ini menjadikan teh rooibos sebagai teh pilihan yang baik untuk mereka yang memiliki masalah ginjal atau berisiko tinggi mengalami gangguan organ ini.

7. Mengandung Berbagai Mikronutrien

Teh rooibos memiliki berbagai kandungan mikronutrien yang diperlukan oleh tubuh untuk memelihara fungsi organ, seperti besi, zinc, dan mangan.

Mikronutrien ini antara lain bermanfaat bagi penderita rambut rontok. Yaitu, membantu menjaga rambut tetap kuat dan kulit kepala sehat.

8. Manfaat lainnya

Ada berbagai klaim manfaat teh rooibos yang masih membutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikannya. Salah satunya adalah membantu memperkuat tulang dan mencerahkan kulit.

Selain itu, sebagian orang yang sering mengonsumsi teh rooibos meyakini bahwa teh ini juga bisa mengurangi keluhan pencernaan, seperti perut kembung dan mulas. Namun begitu, belum ada studi medis yang mengonfirmasi hal tersebut.

Kini, teh rooibos dapat menjadi pilihan minuman di waktu santai Anda, selain teh hijau, teh melati, dan jenis teh lainnya. Selain nikmat, aneka manfaat sehat di atas dapat Anda rasakan. Teh rooibos ini juga dapat dikonsumsi dalam keadaan hangat atau dingin. 

Anda masih ingin tahu seputar manfaat teh rooibos ataupun jenis teh lainnya? Jangan ragu tanyakan pada dokter melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[HNS/JKT]

Tehteh rooibos

Konsultasi Dokter Terkait