Sukses

Mengenal Teh Rooibos dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Anda pernah mendengar tentang teh rooibos? Teh asal Afrika ini punya beberapa manfaat bagi kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Teh rooibos mungkin bukan hal yang asing bagi para penggemar teh. Selain teh hitam dan teh hijau, teh asal Afrika ini bisa menjadi pilihan teh yang baik untuk diminum dalam keadaan hangat. Selain rasanya yang nikmat, teh rooibos ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan.

Mengenal teh rooibos

Teh rooibos pada mulanya berasal dari daerah Cederberg di Afrika Selatan. Daun tehnya berasal dari tanaman bernama Aspalanthus linearis yang pada awalnya digunakan untuk obat herbal oleh suku Khoisan di daerah setempat.

Untuk membuat teh rooibos, daun dari tanaman Aspalanthus linearis dipetik dan ditumbuk, lalu dilakukan proses fermentasi. Setelah fermentasi selesai, daun teh dijemur hingga kering di bawah sinar matahari. 

Teh ini disukai oleh penduduk Afrika karena aromanya yang khas dan sangat berbeda dibandingkan jenis teh lainnya. Selain itu, teh ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

1 dari 2 halaman

Manfaat teh rooibos 

Teh rooibos memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Meski demikian, secara ilmiah teh rooibos sebagai obat herbal belum terbukti khasiatnya dapat mengobati berbagai penyakit, seperti yang dipercaya suku di pedalaman Afrika Selatan.

Tapi jangan sedih. Masih banyak manfaat teh rooibos yang telah terbukti secara ilmiah, seperti:

  • Tidak mengandung kafein

Hampir semua jenis teh mengandung kafein. Hal ini menyebabkan orang-orang yang hipersensitif terhadap kafein harus menghindari minum teh. Pasalnya, kandungan kafein dalam teh bisa menyebabkan mereka mengalami jantung berdebar-debar, gangguan tidur, atau merasa cemas. 

Akan tetapi, teh rooibos bisa menjadi pilihan teh yang baik untuk orang yang hipersensitif terhadap kafein sekalipun. Alasannya, teh ini tidak mengandung kafein sama sekali.

  • Kaya akan antioksidan

Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas yang merusak sel-sel di dalam tubuh. Nah, sebuah studi pada hewan percobaan menunjukkan bahwa antioksidan dari teh rooibos dapat mengoptimalkan kesehatan liver.

  • Baik untuk kesehatan jantung

Teh rooibos dapat menjaga kesehatan jantung dengan cara menghambat angiotensin-converting enzyme (ACE), yaitu enzim yang meningkatkan tekanan darah. 

Sebuah studi menunjukkan bahwa teh rooibos mulai menghambat enzim tersebut 30-60 menit setelah diminum.

  • Menjaga berat badan ideal

Jika diminum tanpa tambahan susu atau pemanis, teh rooibos tidak mengandung kalori sama sekali. Oleh karena itu, teh ini bisa menjadi pilihan yang baik jika Anda sedang ingin menjaga berat badan ideal atau menurunkannya. 

Selain itu, sebuah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi teh rooibos juga meningkatkan kadar hormon leptin di dalam darah. Hormon leptin berperan untuk menimbulkan rasa kenyang sehingga seseorang akan membatasi makanannya.

  • Memiliki kadar tannin yang rendah

Pada umumnya, teh mengandung sebuah zat bernama tannin. Zat tersebut mengganggu penyerapan zat besi. Oleh sebab itu, teh sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan makanan yang kaya zat besi karena zat besinya tak akan terserap dengan optimal. 

Namun demikian, teh rooibos mengandung tannin yang sangat rendah sehingga tidak akan mengganggu penyerapan zat besi.

Sebagian orang yang sering mengonsumsi teh rooibos meyakini bahwa teh ini juga bisa mengurangi keluhan pencernaan, seperti perut kembung dan mulas. Namun begitu, belum ada studi medis yang mengonfirmasi hal tersebut.

Kini, teh rooibos dapat menjadi pilihan minuman di waktu santai Anda, selain teh hijau, teh melati, dan jenis teh lainnya. Selain nikmat, aneka manfaat sehat di atas dapat Anda rasakan. Teh rooibos ini juga dapat dikonsumsi dalam keadaan hangat atau dingin. Selamat mencoba!

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar