Sukses

Berdebat Bikin Otak Lebih Sehat, Benarkah?

Berdebat diyakini dapat meningkatkan kesehatan otak. Benarkah manfaat debat bagi otak itu? kita ulas dari sisi medis.

Perdebatan rasanya bukan suatu hal yang mudah dihindarkan. Mulai dari dunia kerja, keluarga, hingga pertemanan, berdebat cukup sering terjadi dalam pembicaraan.

Tahukah Anda? Terdapat anggapan bahwa sebenarnya berdebat baik untuk kesehatan otak. Bagaimana bisa? 

Untuk tahu lebih jelasnya, simak potensi manfaat debat berikut ini!

Manfaat Debat untuk Kesehatan Otak

Ketika berdebat, seluruh sistem dan fungsi otak untuk berbicara, berdebat, dan berargumen aktif digunakan. Semua ini memerlukan pengaktifan otak, sehingga otak akan berfungsi dengan baik. 

Jika tidak melakukannya atau tidak aktif berkegiatan dan berdiskusi, otak dan tubuh diklaim akan kehilangan kapasitasnya dan organ-organ akan memburuk fungsinya.

Hal tersebut memang belum teruji klinis. Namun, sebenarnya pernyataan “berdebat membuat otak sehat” hanyalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat otak tetap aktif. 

Saat berdebat Anda menggunakan otak untuk berpikir kritis. Anda pun berusaha menyampaikan argumen yang masuk akal. Hal ini berpotensi membuat otak terstimulasi untuk bekerja.

Artikel lainnya: Fungsi Otak Bisa Turun Akibat Kesehatan Mulut yang Buruk

Cara Berdebat yang Baik untuk Otak

Berdebat untuk menajamkan otak bukan berarti berdebat secara frontal atau membabi buta, ya. Bukan berarti pula semua hal harus diperdebatkan. 

Hal yang penting adalah saat berdebat Anda menggunakan otak secara aktif untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan teman-teman atau orang lain.

Sebenarnya ada banyak cara lain yang dapat membantu otak tetap sehat berapa pun umur Anda. 

Melakukan latihan otak tertentu dapat membantu mempertajam memori, konsentrasi, dan fokus. Kemampuan ini dapat membuat pekerjaan sehari-hari lebih mudah dan cepat dikerjakan. 

Terdapat beberapa latihan otak yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan otak Anda selain berdebat, seperti:

1. Menyusun Puzzle

Tak masalah berapa pun jumlah puzzle yang Anda buat, 100 ataupun 1.000 keping. Menyusun puzzle adalah cara yang baik untuk memperkuat otak Anda. 

Penelitian telah menunjukkan, menyusun puzzle dapat memberikan banyak manfaat pada kemampuan kognitif dan merupakan faktor yang menghambat penuaan kognitif visuospasial.

Artikel lainnya: Tingkatkan Kemampuan Otak dengan Kebiasaan Sehari-hari Ini!

2. Memperkaya Kosakata

Tak hanya membuat Anda makin pintar, menambah kosakata juga dapat mendukung fungsi otak. Penelitian menunjukkan, lebih banyak area otak yang ikut serta dalam hal ini, khususnya area pemrosesan pendengaran dan visual. 

Anda dapat mencatat kata-kata baru, mencari definisinya, dan menggunakannya dalam percakapan.

3. Menggunakan Seluruh Indra

Menurut penelitian, menggunakan seluruh indra dapat memperkuat otak Anda. Demi melatih otak dan indra, coba lakukan kegiatan yang melibatkan lima indra sekaligus. 

Anda dapat mencoba membuat kue, pergi ke pertokoan, atau datang ke kafe terbaru sambil berfokus pada sentuhan, penciuman, penglihatan, pengecapan, dan pendengaran dalam waktu bersamaan.

Aktif berdebat memang dapat membuat otak tetap aktif. Namun, apabila Anda tidak dapat berdebat, masih ada cara lain yang dapat dilakukan seperti yang telah disebutkan di atas!

Ingin tahu info menarik seputar kesehatan lainnya? Langsung download aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa konsultasi dengan dokter di Live Chat, lho.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar