Sukses

Cara Mengatasi Bekas Gatal Menghitam karena Digaruk

Bekas gatal yang menghitam karena digaruk bisa mengurangi keindahan kulit. Jangan dibiarkan, begini cara ampuh mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Saat kulit gatal, reaksi pertama tentu adalah menggaruknya hingga gatal hilang atau hingga puas. Akan tetapi bukannya mereda, gatal yang makin digaruk makin menjadi-jadi dan meluas, sehingga meninggalkan bekas menghitam. Karena bisa membuat kulit tampak tak mulus, Anda harus tahu cara mengatasinya dengan benar.

Gatal? Jangan digaruk!

Bila gatal, sebisa mungkin jangan menggaruknya secara berlebihan, bahkan sampai menggunakan benda tajam. Kasihan, dong, kulit Anda!

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Washington di St. Louis, Amerika Serikat, menggaruk justru akan melepaskan hormon serotonin di otak. Rasa gatal itu pun akan semakin menjadi. Pada akhirnya, terjadilah siklus gatal-garuk yang akan semakin memburuk atau meluas.

“Selain itu, garukan juga akan menimbulkan trauma pada kulit, yang akan semakin merusak pertahanan kulit. Rusaknya lapisan atas kulit ini akan semakin membuat kulit rentan terhadap infeksi, luka, hingga kehilangan kelembapan,” ungkap dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter.

Daripada digaruk, menurut dr. Karin, Anda bisa menggunakan kompres dingin pada daerah yang gatal. Jangan menggunakan kompres air panas karena akan membuat kulit Anda semakin gatal atau teriritasi. 

"Anda juga bisa memberikan bedak atau bedak kocok yang mengandung mentol atau kalamin untuk meredakan rasa gatal dan memberikan sensasi dingin," saran dr. Karin.

Cara mengatasi bekas hitam akibat digaruk

Bila sudah terlanjur memiliki bekas gatal yang menghitam di kulit, ada beberapa cara untuk membantu mengatasinya.

Menurut dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter, dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit atau chemical peeling, mikrodermabrasi, ataupun laser.

"Beberapa cara tersebut dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. Pemilihan penanganan biasanya akan disesuaikan dengan ukuran dari hiperpigmentasi dan lamanya bekas luka Anda sudah terjadi," kata dr. Adeline.

Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, ditambahkan dr. Adeline, Anda dapat mengoleskan krim mengandung hidrokuinon 2 persen yang banyak dijual di pasaran.

"Krim tersebut termasuk dalam dosis yang aman. Meski begitu, penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan diaplikasikan pada malam hari," ujar dr. Adeline.

1 dari 2 halaman

Rawat kulit dengan baik

Meski bekas menghitam di kulit dapat cukup mengganggu, Anda sebenarnya tidak perlu khawatir. Pasalnya, bekas tersebut dapat menghilang sendiri seiring berjalannya waktu. Yang terpenting, Anda tidak lupa merawat kulit.

Salah satu caranya adalah menjaga kebersihan kulit, termasuk area yang menghitam. Hal ini bisa dilakukan dengan cara:

  • Pilih sabun mandi yang mengandung banyak moisturizer dengan sedikit busa
  • Gunakan pelembap bila perlu usai mandi
  • Hindari penggunaan sabun mandi yang mengandung antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering

Hal lain yang perlu dilakukan adalah menjaga agar daerah yang menghitam tidak tergesek. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat untuk kegiatan sehari-hari. Apabila daerah yang sama kembali gatal, usahakan jangan menggaruknya.

Sebetulnya menggaruk diperbolehkan, tetapi Anda harus tahu tips aman melakukannya, yakni:

  • Jangan menggaruk menggunakan kuku. Daripada menggaruk, Anda lebih disarankan untuk menggosok, menempuk, atau memegang atau menekan erat area yang gatal. Anda juga bisa mencubit lebmbut area yang gatal tersebut.
  • Jaga kuku tetap pendek agar kuku tidak melukai kulit saat menggaruk. Bila perlu, pakai sarung tangan untuk melindungi kulit saat tidur.
  • Hindari pencetus gatal, misalnya sweter berbahan wol, ruangan yang panas, produk pembersih tertentu, atau alergen lainnya.
  • Kompres dingin atau mandi air dingin bisa meredakan keluhan gatal-gatal.
  • Jaga kelembapan kulit dengan tidak mandi dengan air hangat terlalu lama, gunakan pembersih yang lembut dan tanpa pewangi, serta jangan lupa untuk rutin menggunakan losion paling tidak sekali sehari untuk “menenangkan” kulit yang gatal.

Itulah beberapa cara yang bisa membantu mengatasi bekas gatal yang menghitam karena digaruk. Lebih baik lagi jika Anda hentikan kebiasaan menggaruk berlebihan saat kulit gatal. Lakukan tips di atas agar aksi menggaruk tersebut tak lagi meninggalkan bekas luka apa pun.

[HNS/RN]

0 Komentar

Belum ada komentar