Sukses

Anda Penderita Ambeien? Hindari 5 Makanan Ini!

Agar kondisi Anda tidak semakin parah, inilah lima jenis makanan yang harus dihindari penderita ambeien.

Klikdokter.com, Jakarta Anda sering merasa sakit dan perih di bagian anus ketika duduk atau sedang berdiri? Bisa jadi Anda menderita ambeien atau yang disebut juga wasir. Untuk mencegah kondisi semakin parah, ada beberapa makanan yang harus Anda hindari. 

Gangguan kesehatan yang dikenal juga dengan istilah hemoroid ini merupakan kondisi di mana terjadi pelebaran pembuluh darah yang terjadi di sekitar anus. Pembuluh darah yang melebar ini sering kali teregang hebat, menipis dan teriritasi.

Biasanya, kondisi ini terjadi karena faktor risiko yang terus berulang. Misalnya, sering buang air besar yang keras. 

Hindari deretan makan ini

Selain bantuan medis, Anda sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan yang disebut-sebut bisa memperburuk kondisi ambeien. Berikut beberapa di antaranya, seperti yang dijelaskan dr. Citra Roseno dari KlikDokter

  • Makanan olahan 

Makanan yang rendah serat –seperti makanan olahan atau junk food, bisa memperburuk kondisi ambeien Anda. Hal ini dikarenakan serat berperan penting untuk melancarkan sistem saluran cerna.

Jika tubuh Anda kekurangan serat, maka sistem pencernaan jadi terganggu. Kalau sudah begitu, Anda akan semakin sulit untuk buang air besar dan risikonya kondisi ambeien bisa memburuk. 

  • Makanan yang terlalu banyak mengandung garam 

Makanan yang mengandung garam tinggi (termasuk makanan olahan), dapat memperlambat sistem pencernaan dan membuat pergerakan dalam usus jadi lebih lamban.

Tidak hanya itu, kandungan garam yang menumpuk dalam tubuh juga bisa menyebabkan perut kembung dan berpotensi membuat ambeien jadi lebih bengkak dan meradang.

  • Makanan yang digoreng 

Perlu Anda ketahui bahwa sering mengonsumsi makanan yang digoreng, bisa memicu ambeien. Caranya dengan menyebabkan kerusakan dinding pada usus dan membuat Anda jadi susah untuk buang air besar.

Hal ini dikarenakan gorengan termasuk makanan rendah serat yang membuatnya sulit untuk dicerna.

  • Minum alkohol secara berlebihan 

Alkohol yang dikonsumsi secara berlebihan, terutama saat Anda sedang mengalami ambeien, akan membuat kondisi radang pada anus bertambah parah. 

Minum alkohol dalam jumlah yang banyak dapat mengganggu keseimbangan pencernaan dalam perut. Untuk mengatasi masalah ambeien, sebaiknya hindari mengonsumsi alkohol terlebih dahulu, agar sistem pencernaan lebih baik.

  • Makanan pedas 

Makanan pedas sangat dekat dengan lidah orang Indonesia. Meski pedas, makanan ini tak jarang membuat ‘ketagihan’ orang yang menyantapnya. Sayangnya, makanan pedas harus dihindari dulu oleh penderita ambeien. 

Bila ambeien Anda bengkak, jauhi dulu makanan pedas selama beberapa hari sampai nyeri pada ambeien hilang. Makanan yang memiliki citarasa pedas bisa memicu naiknya asam lambung dan membuat ambeien terasa lebih sakit.

1 dari 2 halaman

Pengobatan ambeien

Bila kondisi ambeien cukup parah –seperti timbul benjolan besar dan sulit untuk disembuhkan, dr. Arina Heidyana dari KlikDokter menyarankan tindakan bedah/ operasi.

Tapi jika ambeien yang Anda rasakan masih dalam tahap awal dan belum berlangsung lama, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, seperti:

  • Rendam dengan air hangat 

Selain merelaksasi otot punggung, berendam air hangat juga bisa mengendurkan dan membuat otot-otot yang tegang di sekitar anus lebih rileks.

Tak hanya itu, air hangat juga dapat meningkatkan aliran darah untuk membantu mengecilkan vena yang bengkak. Anda bisa mencampurkan 1 sdm garam pada air hangat untuk membantu menyempitkan ambeien. 

  • Jangan duduk terlalu lama

Jika pekerjaan mengharuskan Anda duduk dalam waktu yang cukup lama, cobalah untuk berjalan setiap 15 sampai 30 menit sekali. Anda bisa berjalan untuk mengambil air minum atau sekedar menyapa teman ke mejanya.

Hal ini berguna untuk mengurangi tekanan rektal yang menyebabkan ambeien. Hindari juga olahraga yang mengharuskan Anda untuk duduk terlalu lama, seperti yoga dan bersepeda. 

  • Cukupi asupan serat 

Selain melakukan pengobatan dari luar, Anda juga diharapkan melakukan pengobatan dari dalam. Bagaimana caranya? Dengan rutin mengonsumsi buah yang mengandung serat tinggi. 

Anda bisa makan buah seperti pepaya dan pisang agar ambeien dapat cepat teratasi. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi gandum utuh dan kacang-kacangan untuk bantuan ekstra dalam mengatasi ambeien. 

  • Tiduran

Setelah seharian bekerja, berbaringlah untuk mendapatkan istirahat yang cukup dan membantu penyembuhan ambeien.

Tiduran sambil menekuk kaki kurang lebih setengah jam, dapat meningkatkan sirkulasi darah ke area belakang dan akhirnya bantu mengecilkan benjolan yang timbul akibat ambeien. 

  • Minum obat

Jika cara-cara di atas belum dapat membantu meringankan rasa sakit akibat ambeien, makan Anda memerlukan obat khusus ambeien/ wasir.

Konsultasikan pada dokter obat yang dapat membantu mengatasi kondisi Anda. Biasanya, dokter akan memberikan dua pilihan obat yakni obat yang diminum atau obat yang dioleskan pada anus. 

Nah, bagi penderita ambeien, agar kondisi tidak semakin parah ingatlah jenis-jenis makanan yang harus Anda hindari. Lebih baik pastikan untuk mencukupi asupan serat dengan mengonsumsi buah, sayur, dan kacang-kacangan. Jika ambeien tidak sembuh dalam kurun waktu satu minggu, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. 

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar