Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Deteksi Dini dan Batasi Gula, Garam, Lemak (GGL) untuk Cegah Diabetes

Deteksi Dini dan Batasi Gula, Garam, Lemak (GGL) untuk Cegah Diabetes

Kemenkes RI ajak masyarakat tumbuhkan kebiasaan untuk deteksi dini dan membatasi asupan GGL demi mencegah diabetes.

Klikdokter.com, Jakarta Di bulan ini, tepatnya setiap tanggal 14 November, Hari Diabetes Sedunia diperingati. Untuk menyambutnya, Nutrifood bekerja sama dengan Alfa Corporation menggelar kegiatan edukasi bagi pelanggan Alfamart dan Alfamidi di DKI Jakarta terkait cara mencegah diabetes.

Acara yang diselenggarakan di Alfamidi Super, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (05/11) pada pukul 10.00 WIB ini bertajuk “Deteksi Dini dan Batas Gula, Garam, Lemak untuk Cegah Diabetes”.

Hadir sebagai narasumber antara lain dr. Dwi Oktavia Handayani, M.Epid, selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

Mewakili Alfa Corporation, hadir Nur Rachman, selaku Corporate Communication General Manager Alfa Corporation. Dan Angelique Dewi, selaku Head of Division Corporate Communication Nutrifood turut duduk sebagai narasumber.

Dipilihnya DKI Jakarta sebagai lokasi penyuluhan cara mencegah diabetes tentu saja bukan tanpa sebab.

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan, peningkatan prevalensi diabetes di tingkat nasional dari 1,5 persen pada 2013, menjadi 2 persen pada 2018.

Ada pun angka kejadian diabetes di ibu kota sendiri meningkat dari 2,5 persen menjadi 3,4 persen. Persentase diabetes di Jakarta merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan provinsi lainnya.

Bahkan, menurut data Sample Registration Survey Indonesia tahun 2014, diabetes menjadi penyebab kematian terbesar nomor 3 di Indonesia, dengan persentase 6,7 persen.

Atas dasar itulah, Nutrifood ingin menumbuhkan kebiasaan hidup yang lebih baik dari masyarakat demi menekan peningkatan angka penyakit kencing manis tersebut.

Usaha dari pihak swasta seperti Nutrifood tentu akan berdampak lebih maksimal apabila mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Beruntung, Kemenkes RI sudah memiliki program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) CERDIK yang kini sedang digalakkan di seluruh lapisan masyarakat.

CERDIK merupakan singkatan dari cek kesehatan secara berkala, enyahkan asap rokok, rajin aktivitas fisik, diet sehat dengan kalori seimbang, istirahat cukup, dan kelola stres.

Dari enam langkah yang dipaparkan dalam CERDIK, ada dua yang menjadi fokus Nutrifood. Pertama, cek kesehatan secara berkala, dan yang kedua adalah diet sehat dengan kalori seimbang.

Tak sedikit masyarakat yang belum menyadari bahwa dirinya terkena diabetes. Langkah cek kesehatan secara berkala dinilai sangat penting untuk mencegah kondisi tersebut.

Untuk itu Anda bisa memanfaatkan kehadiran Alfa Corporation dengan belasan ribu outlet yang dapat dengan mudah dijangkau. Mengapa Alfa Corporation? Karena kini Anda bisa mencek kadar gula darah sewaktu di 25 cabang Alfamart dan Alfamidi Jakarta.

“Sebagai minimarket dengan jaringan ritel yang luas dan tersebar di Indonesia, Alfa Corporation menilai kampanye ini merupakan kesempatan baik bagi para pelanggan untuk belajar tentang pencegahan,” tutur Nur Rachman.

“Kami turut mendukung program ini dan berharap para pelanggan dapat memanfaatkannya dengan baik demi kesehatan yang lebih baik pula,” ungkapnya lebih lanjut.

Alfa Corporation bertindak juga sebagai penyedia makanan kemasan. Namun yang perlu diperhatikan saat berbelanja makanan kemasan adalah bagaimana memilih produk sehat dan detail membaca komposisi serta nutrition facts di balik kemasan.

Hal-hal yang sebaiknya diperhatikan lebih oleh pelanggan terutama kandungan gula, garam, dan lemaknya. Jika hal ini dilakukan, maka risiko naiknya gula darah secara signifikan akan semakin kecil. Alhasil, target untuk cegah diabetes pun tercapai.

Sementara itu, layanan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) untuk mendeteksi kadar gula darah di sejumlah outlet Alfamart dan Alfamidi disediakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

“Kami menyambut baik inisiasi dari Nutrifood atas acara ini. Kami menyediakan layanan Posbindu untuk melakukan pemeriksaan dini faktor risiko penyakit tidak menular yang mencakup pengukuran lingkar perut, tinggi badan, berat badan, dan yang terpenting, cek gula darah,” jelas dr. Dwi Oktavia.

Nutrifood menargetkan setidaknya ada 5.000 pelanggan yang memeriksakan kondisi kesehatannya di Posbindu tersebut. “Kampanye deteksi ini akan berlangsung sepanjang tanggal 5-15 November mendatang,” pungkas Angelique.

Sebagai informasi tambahan, Nutrifood secara konsisten sudah melakukan rangkaian kegiatan “Cermati Konsumsi Gula, Garam, dan Lemak (GGL) dan Baca Label Kemasan Makanan” sejak 2013. Semoga saja usaha kolaborasi antara tiga mitra strategis dalam melakukan pendeteksian dini dan menjaga pola makan sehat berhasil mencegah diabetes di kota besar seperti Jakarta.

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar