Sukses

Benarkah Sarapan Bikin Diet Lebih Lancar?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bikin proses diet Anda lancar. Tapi apakah dengan sarapan salah satunya?

Klikdokter.com, Jakarta Punya tubuh yang ideal merupakan impian bagi banyak orang. Demi mewujudkannya, berbagai pola diet pun menjamur. Untuk itu, tak sedikit yang memutuskan tidak sarapan demi mengurangi porsi makan harian agar dietnya berhasil. Padahal, sarapan secara rutin justru bisa bikin diet lebih lancar. Bagaimana caranya?

Sarapan dan diet 

Meskipun sudah banyak tersedia informasi mengenai manfaat sarapan, tak sedikit orang yang belum memahami bahwa makan pagi ini merupakan waktu makan terpenting dibanding makan siang atau makan malam. 

 “Ketika Anda sarapan dengan menu yang sehat dan tidak berlebihan, maka tubuh akan mendapatkan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas sehari-hari,” ujar dr. Dyan Mega Inderawati pada KlikDokter

Menurutnya, melewatkan sarapan justru akan membuat tubuh bekerja tanpa ada energi. Alhasil, kebutuhan energi di siang hari jadi semakin banyak dan tubuh jadi lapar. Anda pun akhirnya jadi makan lebih banyak di siang maupun di sore hari. 

“Kemungkinan Anda mengalami obesitas juga semakin tinggi karena makan berlebihan di siang dan di sore hari,” katanya lebih lanjut. 

“Ada sebuah studi yang menemukan bahwa tidak sarapan memiliki hubungan yang sangat kuat dengan meningkatnya berat badan, jika dibandingkan dengan kebiasaan makan sebelum tidur,” tambahnya.

Selain membuat Anda jadi makan tidak berlebihan di siang harinya, sarapan juga terbukti mampu membantu memelihara kadar gula darah agar tidak menurun setiap harinya. 

“Jika kadar gula dalam tubuh menurun, maka pasokan oksigen pun akan kurang. Tubuh jadi terasa lebih lemas, letih, muncul gangguan pada fungsi otak yang membuat Anda jadi tidak konsentrasi dan menimbulkan rasa cemas,” jelas dr. Dyan. 

Menu sehat untuk sarapan 

Sedang menjalankan program diet atau tidak, memilih menu sarapan sehat memang wajib untuk dilakukan. Pasalnya, jika Anda sarapan dengan menu yang tidak mengandung nutrisi, maka Anda juga tetap berisiko makan berlebihan di siang harinya.

Pilihlah menu sarapan yang sehat dan sarat energi. Hindari sarapan dengan makanan berat seperti nasi putih beserta lauk-pauk. 

Nasi putih mengandung karbohidrat simpleks. Saat masuk dalam tubuh, karbohidrat simpleks akan segera dicerna dan diubah menjadi energi. Sayangnya, pasokan energi yang cepat melonjak ini juga cepat merosot. Akibatnya, Anda akan merasa lemas dan mengantuk setelah mengonsumsinya.

“Sebaiknya sarapan buah-buahan favorit Anda. Untuk menambah nutrisi dan lebih mengenyangkan, Anda bisa menambahkan yoghurt atau oatmeal,” kata dr. Dyan.

Selain bernutrisi tinggi dan kaya akan kandungan serat, jenis sarapan seperti itu juga akan menunda lapar lebih lama. Anda pun dapat mengurangi porsi makan siang dengan lebih mudah karena tidak terlalu merasa lapar. 

Kebaikan lain yang akan Anda dapatkan juga adalah kesehatan pencernaan yang tetap terjaga karena kandungan seratnya yang tinggi. Dengan demikian Anda akan terhindar dari gangguan buang air besar.

Agar program diet Anda berhasil, padukan juga pola makan sehat dengan olahraga rutin minimal 30 menit dalam sehari. Dengan kombinasi pola makan sehat dan olahraga rutin maka memiliki berat badan ideal bukan impian lagi. Jangan lupa sarapan, karena waktu makan pagi ini akan bikin diet Anda lebih lancar.

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar