Sukses

8 Makanan Alami yang Bisa Bantu Bakar Lemak di Tubuh

Kata siapa makanan cuma bisa bikin tubuh jadi gemuk? Ada juga makanan yang bisa bantu bakar lemak di tubuh! Apa saja?

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga dan menjaga pola makan adalah dua cara ampuh untuk menurunkan berat badan. Jika hanya salah satu, hasil yang didapat tak akan maksimal. Omong-omong soal makan, ada jenis-jenis makanan alami yang bisa membantu Anda untuk membakar lemak. 

  • Makanan yang mengandung protein

Salah satu yang harus Anda perhatikan adalah protein. Nutrisi yang satu ini dapat mendukung pembakaran lemak dan penurunan berat badan. 

Orang yang mengonsumsi makanan berprotein tinggi akan merasakan efek kenyang yang lebih lama. Nafsu makannya pun akan lebih terkontrol. Protein juga dapat meningkatkan metabolisme dan memungkinkan tubuh membakar lemak dengan lebih efektif. 

Asupan protein harian yang dianjurkan jika Anda ingin menurunkan berat badan adalah 1-2 gram protein per kilogram berat badan Anda. 

Pilihlah protein berkalori rendah. Contohnya ayam tanpa lemak, ikan, dan protein nabati seperti kacang-kacangan. Kemudian, kurangi asupan daging merah berlemak, makanan yang digoreng, dan yang mengandung banyak mentega. 

  • Gandum utuh 

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, olahraga yang dibarengi dengan pola makan yang disertai gandum utuh terbukti lebih efektif untuk menurunkan berat badan ketimbang olahraga saja. 

“Karena penuh dengan serat, mengonsumsi gandum utuh juga dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Sehingga, tubuh bisa memperoleh manfaat ganda demi tercapainya berat badan ideal,” katanya. 

  • Kafein

Anda penggemar kopi? Kalau begitu bergembiralah! Sebab kafein merupakan stimulan yang dapat meningkatkan metabolisme seseorang. 

Tapi jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan mengonsumsi kopi atau teh, hindari menambahkan susu dan gula. Sebab, kedua bahan tersebut justru akan merusak manfaat baik dari kafein dan meningkatkan asupan kalori. 

  • Makanan yang mengandung polifenol

Sebuah studi di tahun 2011 melaporkan, diet kaya polifenol memberikan interaksi positif dengan bakteri di usus untuk mendukung penurunan berat badan. 

Hasilnya akan semakin positif, jika Anda mengombinasikannya dengan makanan berprobiotik. 

Polifenol sendiri merupakan senyawa yang berperan sebagai antioksidan dan banyak ditemukan dalam buah dan sayuran. Ada pun sejumlah makanan yang tinggi kadar polifenolnya adalah apel, pir. anggur, kunyit, bayam, dan brokoli. 

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  • Probiotik

Probiotik adalah bakteri hidup yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Contoh makanan yang mengandung probiotik antara lain yoghurt, kimchi, dan tempe. 

Mengonsumsi probiotik dapat membantu meningkatkan keseimbangan alami antara bakteri baik dan bakteri jahat untuk mendukung metabolisme, mencegah infeksi pencernaan, melancarkan BAB. Tak hanya itu, tapi juga menurunkan berat badan. 

  • Teh Hijau

Dari banyaknya antioksidan yang terkandung di dalam teh hijau, antioksidan Epigallocatechin gallate (EGCG) bermanfaat untuk menghancurkan lemak. 

Selain menangkal radikal bebas, EGCG dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Peningkatan metabolisme ini akan berdampak pada penghancuran kelebihan lemak yang tersimpan di dalam tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan di Thailand mengungkapkan, perubahan pola diet yang disertai dengan teh hijau terbukti efektif untuk menurunkan berat badan. Teh hijau mampu menurunkan berat badan sebanyak 3.3 kg lebih banyak dan membakar kalori 183 lebih tinggi setelah dikonsumsi rutin selama 3 bulan.

  • Ikan 

Ikan bukanlah sumber protein biasa. Menurut dr. Dyan Mega, ikan mengandung asam lemak tak jenuh yang dapat memicu kerja gen untuk bertugas dalam pembakaran lemak. 

“Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsi ikan dua kali seminggu. Ikan yang tinggi asam lemak tak jenuhnya, antara lain salmon, sarden, makarel, dan tuna.” 

  • Buah-buahan

Stres membuat Anda tergoda untuk mengunyah banyak makanan manis? Makanan atau minuman manis tingkat kalorinya tinggi. Jadi, lebih baik konsumsi buah-buahan alih-alih makanan manis seperti kue. 

Buah mengandung gula alami, sehingga kebutuhan akan rasa manis tetap terpenuhi. Bonusnya, buah kaya akan serat, yang bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. 

Ketujuh makanan alami di atas dapat membantu Anda untuk membakar lemak di tubuh. Tapi jangan lupa, maksimalkan dengan olahraga kardio. Olahraga tersebut efektif untuk membakar kalori. Sedangkan untuk mengencangkan tubuh yang perlahan mengurus, lakukanlah latihan angkat beban. Selamat mencoba!

(RH)

2 Komentar