Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Patah Kaki seperti Pesepak Bola Andre Gomes, Berapa Lama Pemulihannya?

Patah Kaki seperti Pesepak Bola Andre Gomes, Berapa Lama Pemulihannya?

Pesepak bola Andre Gomes mengalami patah kaki yang mengerikan. Jika sudah begitu, berapa lama pemulihannya?

Klikdokter.com, Jakarta Pertandingan Liga Inggris antara Everton vs Tottenham Hotspur pada Senin (4/11) WIB, diwarnai sebuah insiden mengerikan. Gelandang Everton, Andre Gomes, mengalami patah kaki setelah mendapat tekel keras dari pemain Tottenham, Son Heung-min. Terkait cedera patah tulang itu, Gomes tentu membutuhkan waktu cukup lama untuk pemulihan.

Segera usai insiden itu, pihak klub langsung membawa Andre Gomes ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Menurut kabar yang beredar, hari ini (Senin), Gomes akan langsung dioperasi.

"Everton dapat mengonfirmasi bahwa Andre Gomes akan menjalani operasi besok (hari ini-red) setelah mengalami cedera pergelangan kaki pada pertandingan kontra Tottenham Hotspur," tulis pernyataan resmi klub.

"Pemain asal Portugal itu ditarik keluar dari lapangan pada babak kedua dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Aintree dengan ambulans didampingi oleh anggota tim medis Everton. Setelah menjalani tes di rumah sakit, dipastikan Gomes mengalami patah tulang di pergelangan kaki kanannya," sambung pernyataan tersebut.

Sampai sekarang, pihak klub belum bisa memastikan sampai berapa lama mantan pemain Barcelona itu akan kembali merumput.

Patah tulang dan lama pemulihan

Patah tulang atau fraktur adalah kondisi terputusnya keutuhan susunan tulang pada tubuh manusia. Kondisi ini dapat terjadi di area ujung tulang atau tulang rawan pada bagian persendian.

Saat Anda mengalami kecelakaan dan mendapatkan indikasi telah terjadi patah tulang, segeralah ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan pada pasien terkait adanya bengkak, perubahan bentuk, atau nyeri hebat pada daerah tulang tertentu setelah mengalami benturan.

Pada pemeriksaan fisik, dokter akan mencek perubahan bentuk pada area tulang tertentu, bunyi abnormal saat area tersebut digerakkan, atau rasa nyeri saat bergerak. Jika diperlukan, dokter juga akan melakukan pemeriksaan penunjang melalui rontgen.

Nah, saat seseorang mengalami cedera patah tulang, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pulih kembali? Menurut dr. Nabila Viera Yovita dari KlikDokter, cedera patah tulang bisa memakan waktu sekitar satu tahun untuk sembuh.

Menurutnya, prosedur operasi biasanya sangat dibutuhkan dalam kasus kaki patah. Dalam prosedur ini, penderita patah tulang biasanya akan dipasangi pen.

"Memang operasi adalah jalan terbaik. Saat operasi, garis-garis tulang penderita akan diperbaiki lagi. Secara anatomis, memang kalau tulang patah akan diluruskan lagi, dan dibiarkan menyambung sendiri,” kata dr. Nabila.

"Soal waktu pemulihan untuk operasi seperti itu bisa berbeda-beda. Namun, pada umumnya butuh waktu sekitar 1-2 tahun. Itu untuk benar-benar pulih, yaitu pulih secara total ya, jaringan, tulang, dan otot-ototnya," ungkap dr. Nabila.

Akan tetapi, untuk bisa kembali bermain seperti sedia kala, memang banyak faktor yang menentukan. Biasanya, pemain atau atlet lainnya membutuhkan rehabilitasi dengan melakukan gerakan latihan angkat beban dengan kaki.

“Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan fungsi otot dan kemampuan untuk menggerakkan. Biasanya butuh proses untuk berlari dan menendang sampai setahun," tegasnya.

Dalam rentang waktu satu tahun itu, penderita patah tulang memang pemain perlu diawasi oleh dokter dan tim medis. Pemantauan pun akan dilakukan secara berkala, baik dengan sinar X, kontrol rutin, dan lainnya.

Saat pemulihan, dokter akan mengecek kekuatan otot, dan apakah jaringan-jaringan yang ada di kaki pasien sudah sempurna atau belum. Jika sudah, pemain akan dievaluasi untuk kembali ke lapangan. Dokter juga biasanya akan mengevaluasi bagaimana psikis pemain itu, apakah sudah siap kembali berlari dan menendang atau tidak.

Cedera patah kaki seperti yang dialami Andre Gomes memang membutuhkan waktu pemulihan yang cukup lama, yakni 1-2 tahun. Di sisi lain, apabila Anda mengalami cedera patah tulang, sebaiknya diurut untuk menghindari kondisi yang bisa semakin serius. Lebih baik, segeralah ke dokter. Untuk Gomes, semoga segera pulih!

[HNS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar