Kesehatan Umum

Cara Mencegah Ngantuk Saat Kerja di Kantor

dr. Nadia Octavia, 15 Sep 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Mengantuk bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Jika rasa kantuk muncul ketika bekerja, tentu akan mengurangi produktivitas. Ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kantuk saat di kantor.

Cara Mencegah Ngantuk Saat Kerja di Kantor

Tak sedikit orang yang mengorbankan waktu istirahatnya di malam hari untuk bekerja demi memenuhi target. Akibatnya mereka merasa ngantuk di siang hari, saat waktunya bekerja di kantor.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Berikut beberapa cara mencegah ngantuk saat kerja yang bisa Anda coba:

1. Mulailah dengan Memilih Sarapan yang Benar 

Menu sarapan yang salah bisa menyebabkan tubuh lemas dan membuat Anda mengantuk sepanjang hari. Nasi goreng, nasi uduk, dan gorengan bukanlah makanan terbaik untuk masuk dalam menu sarapan Anda. Jenis makanan tersebut berisiko membuat Anda mengantuk karena mengandung karbohidrat tinggi. 

Nah, salah satu cara mencegah ngantuk saat kerja adalah dengan memilih sarapan yang benar. Pilihlah karbohidrat kompleks jika Anda ingin menu yang mengenyangkan tapi sehat di pagi hari.

Karbohidrat kompleks lebih sulit untuk dicerna, yang akan membuat Anda merasa lebih kenyang dan berenergi di siang hari. Contohnya roti gandum, granola, atau oatmeal.

Artikel Lainnya: Usir Kantuk Tanpa Kopi

2. Minum Air Putih yang Cukup di Siang Hari

Kekurangan cairan, terutama dengan kondisi udara panas, memang dapat meningkatkan risiko dehidrasi. Salah satu dampak yang timbul saat seseorang mengalami dehidrasi adalah rasa ngantuk yang berlebihan dan badan lemas. Karena itu, konsumsi air putih yang cukup bisa menjadi cara mengatasi kantuk di kantor.

Untuk mencegah risiko yang muncul akibat dehidrasi, pastikan untuk memenuhi kebutuhan asupan cairan, dengan meminum minimal 8 gelas per hari. Minum air putih juga terbukti dapat melegakan tenggorokan. Sediakan air dingin untuk menyegarkan kembali tubuh yang mengantuk. 

3. Power Nap

Tidur siang singkat atau power nap bisa menjadi cara mencegah ngantuk saat kerja. Ya, Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat siang untuk melakukan power nap, jika pekerjaan Anda sedang tidak banyak.

Power nap diketahui dapat meningkatkan daya ingat, mendongkrak performa kerja, dan memperbaiki suasana hati saat sedang berada di kantor.

Di siang hari, otak cenderung kekurangan oksigen sehingga membuat seseorang sulit berkonsentrasi. Dengan tidur siang, oksigen dalam otak akan kembali penuh, yang pada akhirnya bisa membantu otak kembali fokus. 

Artikel Lainnya: Sering Mengantuk di Ruangan Ber-AC? Ini Alasannya

4. Bergerak

Berusahalah untuk sesekali beranjak dari meja. Anda bisa mengambil minuman ke dispenser, menyapa teman ke meja kerjanya, membeli jajanan di kantin, atau menghirup udara segar di luar kantor sejenak.

Posisi duduk yang sama dalam waktu yang lama tak hanya bisa menimbulkan pegal dan kekakuan otot, tapi juga membuat Anda ngantuk. Itulah sebabnya, Anda perlu bergerak dan beranjak dari kursi Anda setiap beberapa saat.

5. Jaga Kualitas Tidur

Salah satu cara mencegah ngantuk saat kerja adalah dengan menjaga kualitas tidur. Orang dewasa sebaiknya tidur minimal 7-8 jam per hari. Sekurang-kurangnya, tidurlah selama enam jam.

Selain terbukti bisa mencegah rasa ngantuk datang di siang hari, memiliki waktu tidur yang cukup juga bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang.

6. Berada di Cahaya yang Terang

Salah satu cara mencegah ngantuk saat kerja adalah dengan berada di cahaya yang terang. Pasalnya, jam biologis tubuh bekerja dengan berbagai faktor, salah satunya faktor lingkungan (misalnya sinar matahari atau sinar yang terang). Manipulasi cahaya ini dapat "menipu" tubuh untuk tetap terjaga.

Menurut penelitian, paparan sinar matahari dapat memicu pengeluaran hormon serotonin yang dapat memperbaiki mood dan menurunkan produksi berlebihan melatonin, hormon yang membuat Anda merasa mengantuk.

Ketika Anda sedang di kantor dan rasa kantuk menyerang, cobalah habiskan waktu 15 menit di luar ruangan dan terpapar sinar matahari. Selain membuat Anda kembali terjaga, mata Anda pun akan beristirahat sejenak dari membaca atau melihat komputer.

Artikel Lainnya: Berapa Lama Kopi Bisa Menahan Kantuk?

7. Bicara dengan Rekan Kerja

Anda sering mengantuk di kantor? Cobalah berdiri dari kursi kerja Anda dan sambangi meja rekan kerja Anda ketimbang berkomunikasi lewat e-mail atau pesan singkat. Selain berdiskusi soal pekerjaan, Anda juga bisa berbicara mengenai hal-hal yang menarik perhatian dan minat Anda, semisal politik atau sekadar cerita lucu.

Menurut penelitian, manusia memang merupakan makhluk sosial sehingga berkomunikasi dengan orang lain dapat membuat pikiran Anda terus “bergerak” dan membuat Anda lebih berenergi.

8. Mengemil

Menyibukkan diri dengan mengunyah sesuatu dapat mencegah rasa kantuk. Sebab, mengunyah dapat membuat Anda tetap terjaga, perhatian lebih terpusat dan meningkatkan kemampuan otak.

Anda bisa mengemil makanan (tentu saja yang sehat) setiap 4 jam sekali. Makan langsung dalam jumlah banyak akan membuat Anda menjadi kelelahan dan mengantuk. Oleh karena itu, tak heran banyak pekerja mengeluhkan rasa kantuk setelah jam makan siang.

Jadi, Anda bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi camilan yang bernutrisi seperti yang tinggi zat besi (kekurangan zat besi sering menjadi penyebab utama seseorang kelelahan), tinggi protein dan serat agar Anda terus berenergi sepanjang hari.

Berbagai cara mencegah ngantuk saat kerja di atas dapat Anda coba. Namun, pastikan juga Anda beristirahat yang cukup dan hindari memforsir diri saat bekerja.

Jika ingin bertanya lebih lanjut mengenai topik ini, tanyakan langsung pada dokter melalui fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.  

[FY]

mengantuk

Konsultasi Dokter Terkait