Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tips Berpakaian untuk Ibu Hamil agar Bisa Bergerak Lebih Nyaman

Tips Berpakaian untuk Ibu Hamil agar Bisa Bergerak Lebih Nyaman

Pakaian ibu hamil dapat memengaruhi kenyamanan. Bagaimana cara berpakaian yang baik dan nyaman bagi ibu hamil? Yuk, simak tipsnya di sini.

Saat ini, mendapatkan pakaian ibu hamil sudah cukup mudah, dengan berbagai pilihan bahan, harga, dan model. Namun, sebenarnya bagaimana sih cara berpakaian untuk ibu hamil yang dianjurkan?

Pada dasarnya, pakaian apa pun diperbolehkan digunakan ibu hamil. Yang terpenting, Anda aman, nyaman, dan tidak susah bergerak.

Sebagai panduan, berikut beberapa tips cara berpakaian ibu hamil yang patut diperhatikan.

1 dari 5 halaman

1. Siapkan Berbagai Baju Ukuran Longgar

Ketika hamil, tentu Anda akan mengantisipasi perubahan bentuk dan ukuran tubuh. Jadi, pastikan Anda membeli pakaian dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan sebelum hamil.

Hindari menggunakan pakaian terlalu ketat karena bisa ganggu sirkulasi darah tubuh. Nantinya, ibu akan lebih mudah kram, kesemutan, kaki bengkak, gatal pada perut, dan lainnya.

Selain itu, gerak ibu hamil juga bakal terbatas saat menggunakan celana atau baju terlalu ketat.

Artikel lainnya: 5 Tips agar Kehamilan Terasa Menyenangkan

2. Pilih Bahan Katun

Anda sudah siap membeli baju dan celana baru, tapi jangan lupa untuk memperhatikan bahan yang digunakan. Carilah bahan yang longgar, dengan bahan kain yang ringan. Salah satunya adalah katun, yang mudah meregang dan mampu menyerap keringat.

Wanita hamil akan lebih mudah dan sering berkeringat. Menggunakan pakaian berbahan katun juga dapat mengurangi risiko berbagai infeksi.

2 dari 5 halaman

3. Gunakan Celana atau Rok yang Dapat Dikencangkan dengan Tali

Seiring pertambahan bulan, perut Anda akan membesar. Pilihlah pakaian yang bisa diatur menggunakan tali.

Pakaian yang bisa dikencangkan dengan tali akan sangat membantu Anda di bulan-bulan akhir, ketika tidak banyak pakaian yang muat untuk digunakan.

4. Rok dan Dress Akan Memudahkan Buang Air Kecil

Ibu hamil akan lebih sering berkemih. Itu sebabnya, memilih pakaian seperti rok, dress, atau daster akan sangat memudahkan saat bolak-balik untuk buang air kecil.

Siapkan beberapa potong dress, rok, dan daster di rumah agar bisa dipakai bergantian.

3 dari 5 halaman

5. Ingat Anggaran Biaya yang Dikeluarkan

Bahan berkualitas bagus dan sesuai untuk kehamilan tidak perlu menguras dompet. Sesuaikan dengan budget bulanan Anda dan beli sesuai kebutuhan.

Artikel lainnya: Tips Mandi Sehat untuk Ibu Hamil

6. Jangan Menggunakan Pakaian yang Terlalu Berat

Pakaian yang terlalu berat, seperti celana jeans sebaiknya juga dihindari. Bukan karena menyebabkan iritasi, tapi lebih karena bahannya yang tergolong berat. Bahan yang terlalu berat juga akan membatasi gerak Anda.

Apabila merasa kedinginan, ibu hamil bisa menggunakan sweater ataupun jaket hoodie.

4 dari 5 halaman

7. Hindari Penggunaan Hak Tinggi

Bukan Cuma hal baju dan celana, cara berpakaian untuk ibu hamil juga mencakup pemilihan sepatu. Ya, hindari menggunakan high heels alias sepatu hak tinggi. Meski membuat terlihat lebih jenjang, sepatu hak tinggi berisiko menyebabkan cedera pada ibu hamil.

Daripada high heels, lebih baik pakai flat shoes, sandal telpek, ataupun sepatu kets sebagai alas kaki.

Ukuran perut yang semakin besar bukanlah penghalang bagi ibu hamil untuk selalu tampil modis tapi tetap bisa bergerak nyaman. Coba lakukan tips pakaian yang nyaman untuk ibu hamil di atas. Dengan menggunakan pakaian yang nyaman lagi modis, mood bumil bisa terjaga.

Hanya saja, jangan hanya memikirkan penampilan. Ingat juga untuk selalu memenuhi kebutuhan gizi harian yang dianjurkan oleh dokter demi kehamilan yang tetap sehat.

Pantau juga kondisi kandungan dengan Kalender Kehamilan dari aplikasi KlikDokter.

[HNS/JKT]

    0 Komentar

    Belum ada komentar