Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tips Berpakaian untuk Ibu Hamil, agar Bisa Bergerak Lebih Nyaman

Tips Berpakaian untuk Ibu Hamil, agar Bisa Bergerak Lebih Nyaman

Soal pakaian, ibu hamil tentu butuh kenyamanan ekstra. Ikuti tips berpakaian untuk ibu hamil ini, agar bisa bergerak lebih nyaman.

Klikdokter.com, Jakarta Ketika hamil, berpakaian bisa begitu menantang karena banyaknya perubahan pada tubuh dan Anda tak tahu pakaian yang masih muat untuk dipakai sehari-hari. Jangan sampai frustasi, ada tips berpakaian untuk ibu hamil agar bisa bergerak lebih nyaman.

“Selama bahan pakaiannya aman dan tidak bikin ibu hamil susah bergerak, baju apa pun sebenarnya diperbolehkan untuk dipakai. Dengan pemilihan pakaian yang tepat, ibu hamil tetap dapat bekerja, bersosialisasi, dan berlibur tanpa terganggu kenyamanannya,” ujar dr. Grace Valentine, SpOG, dari KlikDokter.

Namun jangan hanya mengandalkan baju pasangan yang memang lebih besar atau semuanya serba oversized. Ingat, ibu hamil tetap bisa tampil stylish dan nyaman. Sebenarnya ini tidak sulit, karena ibu hamil hanya perlu menyesuaikan jenis pakaian yang dipilih dengan kondisi tubuh.

Tips berpakaian untuk ibu hamil yang disarankan

Berikut ini adalah tips untuk ibu hamil dalam berpakaian yang nyaman dan tetap terlihat menawan.

1. Cek isi lemari, pakaian apa saja yang Anda miliki

Simpan pakaian seperti sweter, blazer, kaus, serta celana atau rok yang berbahan elastis, atau elastis di bagian pinggang. Itu semua masih bisa Anda pakai pada kehamilan trimester pertama.

2. Pilih pakaian kehamilan seperti yang Anda pakai sehari-hari

Desain, bahan, dan warna juga sebaiknya dipilih sesuai selera. Pakaian kehamilan seharusnya tidak membuat Anda merasa hanya memiliki pilihan yang terbatas.

3. Berpakaian sesuai trimester

Dokter Grace menganjurkan pakaian untuk trimester pertama kehamilan antara lain: pakaian tidak terlalu ketat, pakaian dengan bagian perut dan pinggul yang longgar (rok A-line, kemeja atau loose dress, atau boot-cut jeans yang bisa meregang), dan pakaian berbahan nyaman yang dapat menyerap keringat dengan baik.

Pada trimester kedua, dr. Grace menyarankan maternity bra, “Karena mampu menopang ukuran cup yang bertambah dan ukuran lingkar dada yang juga makin besar,” katanya.

Selain itu, pada trimester kedua ibu hamil juga perlu mengenakan pakaian berbahan nyaman dan menyerap keringat, mengenakan pakaian biasanya dengan satu ukura lebih besar dari sebelumnya jika tak ingin menggunakan pakaian kehamilan, serta penggunaan wrap dress pada ibu hamil yang bekerja. Pilihan lain adalah legging atau jeans dengan bagian stretch di perut, dengan atasan longgar atau kemeja panjang.

Pada trimester ketiga, ukuran perut makin membesar.

“Kancing, resleting, atau bahkan waistband juga terasa tidak nyaman. Oleh karena itu, pakaian gaun selutut atau gaun empire-waisted atau legging dapat dipadukan dengan atasan tunik yang longgar,” dr. Grace menyarankan.

Selain itu, hindari sepatu berhak tinggi. Gunakan sepatu flats.

Hindari cara berpakaian seperti ini!

Turut ditambahkan oleh dr. Bram Pradipta, SpOG, juga dari KlikDokter, ibu hamil sebaiknya menghindari pakaian yang ketat, karena dapat mengganggu sirkulasi darah di dalam tubuh. Selain itu, pakaian yang ketat juga membatasi ruang gerak ibu hamil saat melakukan aktivitas sehari-hari.

“Sirkulasi darah yang terhambat nantinya bisa membuat ibu jadi lebih mudah kesemutan, kram, bengkak pada kaki, pegal di bagian punggung belakang, gatal pada perut dan sebagainya. Selain itu, menggunakan pakaian terlalu ketat juga bisa menimbulkan ruam merah pada beberapa area kulit yang mendapat tekanan berlebih,” ujar dr. Bram.

Selain menghindari pakaian terlalu ketat, dr. Bram juga menegaskan bahwa ibu hamil sebaiknya tidak menggunakan pakaian yang terlalu berat seperti celana dan jaket jeans.

“Jaket atau celana berbahan jeans baiknya disimpan dulu selama hamil. Bukan karena dapat menyebabkan iritasi, tetapi karena bahan tersebut tergolong berat untuk digunakan. Bila merasa kedinginan, gunakan sweter atau jaket hoodie,” kata dr. Bram.

Satu hal lagi, hindari mengenakan sepatu hak tinggi. Meski membuat kaki tampak jenjang, sepatu jenis ini bikin ibu hamil berisiko cedera. Daripada sepatu hak tinggi, lebih baik gunakan flat shoes atau sepatu kets sebagai alas kaki sehari-hari.

Pada dasarnya, ukuran perut yang semakin besar bukanlah penghalang bagi ibu hamil untuk selalu tampil modis dan agar bisa bergerak lebih nyaman. Coba lakukan tips di atas. Intinya, pakai apa yang menurut Anda nyaman dan tetap simpel. Jangan hanya memikirkan penampilan, ingat juga untuk selalu memenuhi kebutuhan gizi harian yang dianjurkan oleh dokter demi kehamilan yang tetap sehat.

(NB/RN)

0 Komentar

Belum ada komentar