Kulit

11 Hal Tak Terduga Penyebab Jerawat di Punggung

dr. Adeline Jaclyn, 04 Nov 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Memang tak terlihat langsung, tapi jerawat di punggung bisa mengganggu dan bikin frustrasi. Hal-hal tak terduga ini bisa jadi penyebabnya!

11 Hal Tak Terduga Penyebab Jerawat di Punggung

Jerawat adalah keluhan sejuta umat. Gangguan kulit ini paling sering muncul di wajah dan merusak penampilan. Meski demikian, tidak sedikit orang yang mengeluhkan jerawat di punggung, yang kemunculannya sama-sama mengganggu. Termasuk Anda? Coba cek, mungkin hal-hal tak terduga ini adalah penyebabnya!

Faktanya, kulit manusia memiliki kelenjar sebasea (kelenjar minyak) yang memproduksi minyak atau sebum untuk memberi kelembapan alami pada kulit maupun rambut.

Pada kondisi tertentu, kelenjar sebasea menghasilkan minyak dalam jumlah berlebih. Jika kondisi ini terjadi berbarengan dengan penumpukan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, timbullah jerawat.

Mekanisme kelenjar sebasea yang memproduksi minyak berlebih, pori-pori tersumbat sel kulit mati dan munculnya jerawat tidak hanya bisa terjadi pada kulit wajah. Hal tersebut juga bisa terjadi pada area tubuh lain, termasuk punggung.

Penyebab jerawat di punggung

Penyebab jerawat di punggung sangat beragam. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Genetik

Lahir di keluarga yang mayoritas mengalami jerawat di punggung membuat Anda lebih berisiko untuk mengalaminya juga. Risiko ini bisa meningkat berkali-kali lipat jika Anda tidak menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh dengan teliti.

  1. Hormon

Perubahan hormon saat remaja sering menyebabkan munculnya jerawat, baik di wajah, punggung, atau bagian tubuh lainnya. Pada wanita yang telah melewati fase tersebut, munculnya jerawat dikaitkan dengan perubahan hormon yang terjadi saat menstruasi dan kehamilan.

  1. Jarang melakukan eksfoliasi punggung

Bukan hanya wajah, punggung juga butuh eksfoliasi. Apa itu eksfoliasi? Ini adalah sebuah tindakan yang bertujuan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati supaya tidak menyebabkan penyumbatan pada pori-pori di kulit. Eksfoliasi paling baik dilakukan sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu.

Anda perlu rutin eksfoliasi punggung dengan scrub. Pilih scrub dengan kandungan asam salisilat untuk menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit punggung. Selain itu, bersihkan juga punggung dengan sikat atau spons dengan gagang panjang agar dapat menjangkau seluruh bagian punggung.

  1. Punggung tertekan

Sering menggendong tas berat di punggung? Jika ya, risiko Anda mengalami jerawat di punggung menjadi berlipat ganda. Hal ini dikarenakan tekanan dan gesekan yang dialami saat menggendong tas berat di punggung dapat menimbulkan iritasi dari folikel, sehingga mencetuskan peradangan di bagian tersebut.

  1. Pakaian terlalu ketat

Pakaian yang terlalu ketat dapat menyebabkan gesekan berlebih di bagian punggung. Apabila hal ini dibarengi dengan produksi keringat berlebih, iritasi, dan peradangan pada kulit punggung, jerawat akan muncul.

Selanjutnya

  1. Jarang mandi

Mandi dua kali sehari adalah salah satu syarat untuk mendapatkan kulit sehat. Bila malas mandi, apalagi sering berkeringat, wajar saja bila jerawat tumbuh subur di punggung.

  1. Penggunaan produk tertentu

Produk yang sering digunakan sehari-hari seperti sabun, sampo, kondisioner, dan tabir surya bisa saja mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa memicu iritasi pada kulit punggung, sehingga jerawat lebih mudah muncul.

  1. Makanan

Berdasarkan pernyataan dari American Academy of Dermatology, sumber karbohidrat seperti roti putih dan keripik kentang dapat meningkatkan kadar gula darah yang berkontribusi terhadap timbulnya jerawat.

  1. Punya rambut panjang

Rambut yang panjang dapat meningkatkan jumlah minyak dan kotoran yang terperangkap di kulit. Karenanya, Anda disarankan untuk keramas secara teratur dan sesekali kuncir rambut saat sedang berkeringat. Selain itu, bersihkan punggung saat mandi dari sisa-sisa sampo dan kondisioner yang mungkin menempel.

  1. Efek samping obat-obatan

Jenis obat-obatan tertentu terbukti dapat menyebabkan munculnya efek samping berupa munculnya jerawat di punggung. Beberapa jenis obat yang dimaksud misalnya antidepresan dan pengobatan hormon pria.

  1. Stres

Saat tubuh lelah menanggung beban secara fisik maupun psikis, stres sangat mungkin terjadi. Stres tak hanya membebani pikiran, tetapi membuat suasana hati menjadi tak menentu. Stres juga turut berperan pada terjadinya jerawat di punggung.

Mana kira-kira hal tak terduga yang menjadi penyebab munculnya jerawat di punggung Anda? Bila jerawat di punggung sudah meresahkan, dalam arti jumlahnya banyak dan mengalami peradangan, sebaiknya konsultasi ke dokter spesialis kulit agar bisa ditangani hingga tuntas sesuai penyebabnya.

(NB/RN)

punggungGangguan KulitJerawat

Konsultasi Dokter Terkait