Sukses

Alasan Orang dengan Kepala Botak Perlu Keramas

Banyak yang mengira bahwa orang botak tak perlu keramas. Padahal, keramas tetap penting untuk perawatan kepala botak! Ini penjelasannya.

Banyak yang berpendapat mencukur rambut hingga botak akan lebih mudah perawatannya dibandingkan memiliki rambut lebat. Hari-hari di mana rambut terasa buruk, sulit diatur, atau lepek sudah tidak jadi masalah lagi. Padahal, tidak demikian.

Tak punya rambut alias botak bukan berarti Anda tak perlu keramas. Sama seperti orang-orang yang memiliki rambut di kepala, orang botak juga harus keramas secara rutin dan teratur.

Faktanya, kepala botak tetap bisa dihinggapi oleh berbagai masalah kesehatan. Kulit kepala Anda yang ‘telanjang’ itu sebenarnya lebih rentan terhadap alergi, jerawat, atau terbakar sinar matahari.

Itulah sebabnya, mencuci kepala secara rutin tetap penting dilakukan oleh pemilik kepala botak.

Artikel lainnya: Keramas Menggunakan Sabun Mandi, Apakah Bermanfaat?

Manfaat Keramas bagi Orang Botak

Dengan memiliki kepala botak memang ada beberapa keuntungan, seperti tidak lagi stres karena rambut rontok, hemat waktu, dan juga hemat uang dalam perawatannya. Tapi bukan berarti Anda membiarkan kepala Anda tidak terurus.

Perawatan kepala botak tetap ada dan harus dijalani untuk menghindari munculnya masalah kesehatan. 

Perlu Anda ketahui bahwa kulit kepala tetap memproduksi minyak meskipun seseorang botak. Nah, minyak dan kotoran ini akan lebih mudah menumpuk pada kepala yang botak. 

Jika tidak dikeramas dengan baik dan teratur, maka akan membuat kulit kepala Anda jadi muncul ketombe, iritasi, atau infeksi.

Jerawat juga dapat muncul apabila pori-pori pada kulit kepala tidak dibersihkan dengan baik, sehingga menjadi tempat berkembangnya bakteri penyebab jerawat.

Belum lagi dengan timbulnya kulit kering. Ya, tidak hanya di muka, kulit kering juga bisa muncul pada kepala yang botak. Ini bisa disebabkan oleh kurangnya perlindungan terhadap paparan sinar matahari langsung.

Selain itu, meskipun tidak ada rambut karena dicukur pada permukaan kulit kepala, namun akar rambut tetap ada di dalam lapisan tersebut.

Karena itulah, keramas bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan akar rambut di dalamnya.

Artikel lainnya: Keramas saat Flu Bikin Sakit Makin Parah, Benarkah?

Tips Keramas untuk Kepala Botak

Supaya kepala yang botak tetap bersih dan terjaga kesehatannya, berikut tips keramas yang bisa Anda jadikan sebagai panduan:

  • Keramas menggunakan sampo yang paling sesuai jenis kulit kepala. Pastikan sampo tersebut tidak mengandung deterjen atau pewangi berlebihan, yang justru bisa mengancam kesehatan kulit kepala Anda.
  • Gunakan kondisioner sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk menjaga kulit kepala tetap lembap dan lembut.
  • Lakukan pijatan lembut pada kulit kepala setiap keramas untuk meningkatkan aliran darah di kulit kepala. Pijatan bisa dilakukan selama 2-5 menit.
  • Gunakan pelembap pada kulit kepala untuk mencegah kulit kering. Sesuaikan pelembap dengan jenis kulit Anda.
  • Gunakan tabir surya di kulit kepala sebelum keluar rumah. Ulangi pemakaian, khususnya apabila kepala Anda sering berkeringat.
  • Gunakan topi saat beraktivitas di luar rumah jika dirasa perlu.

Layaknya bagian tubuh yang lain, kepala botak juga butuh perhatian dan perawatan termasuk keramas secara rutin. Pastikan Anda keramas dengan menggunakan sampo, bukan sabun mandi biasa (untuk tubuh). 

Sebab, kulit di tubuh manusia memiliki jenis dan karakteristik yang berbeda di setiap area. Hal tersebut juga berlaku untuk kulit kepala. 

Kulit kepala memiliki karakteristik yang berbeda dengan kulit tubuh lainnya, sehingga perawatan yang diberikan tidak boleh disamakan.

Artinya, Anda tetap harus menggunakan sampo sekalipun kulit kepala tidak memiliki rambut sama sekali. 

Dapatkan informasi kesehatan lainnya di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui layanan Live Chat 24 jam.

[RS]

1 Komentar