Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Cara Mengatasi Bayi Bingung Puting yang Terbukti Efektif

Cara Mengatasi Bayi Bingung Puting yang Terbukti Efektif

Bayi bingung puting dapat menghambat proses menyusui. Tak perlu gundah, berikut ini cara mengatasi bayi bingung puting yang terbukti efektif.

Menyusui adalah cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi yang baru lahir. Dengan menyusui, dapat pula tercipta ikatan (bonding) yang lebih kuat antara ibu dan bayi.

Sayangnya, tak semua proses menyusui dapat berjalan dengan lancar. Ada saja masalah yang bisa terjadi, salah satunya bayi bingung puting susu ibu.

1 dari 3 halaman

Apa itu Bingung Puting pada Bayi?

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), bingung puting adalah keadaan yang terjadi karena bayi mendapat susu formula dengan botol, bergantian dengan menyusu langsung dari payudara ibu. 

Faktanya, mekanisme menyusu langsung dari payudara ibu ibu berbeda dengan mengisap dot. Dengan demikian, bayi yang belum sepenuhnya paham dengan kondisi di sekitarnya dapat kebingungan untuk membedakan, mana puting payudara dan dot.

Beberapa tanda bayi mengalami bingung puting, antara lain:

  • Bayi menolak menyusu dari payudara ibu
  • Bila menyusu dari payudara, mulut bayi akan menguncup seperti minum dari dot
  • Waktu menyusu, bayi sebentar-sebentar melepas isapannya

Apabila bayi bingung puting tidak segera diatasi, bisa saja ia akan semakin menolak untuk mengisap payudara ibu selama menyusui. Pada akhirnya, pemberian ASI eksklusif dapat terhambat.

Artikel Lainnya: 7 Cara Tepat Ciptakan Bonding Antara Ibu dan Bayi

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Bayi Bingung Puting

Tidak perlu khawatir dengan kondisi bayi bingung puting. Berikut ini beberapa cara mengatasi bayi bingung puting yang terbukti efektif:

  1. Mencari Informasi Seputar ASI 

Cara mengatasi bayi bingung puting yang pertama adalah dengan mencari sebanyak-banyaknya informasi mengenai ASI selagi hamil. Dengan demikian, perasaan sedih atau cemas berlebih tidak akan muncul saat melahirkan dan menemukan produksi ASI yang sedikit.

Pada dasarnya, produksi ASI yang sedikit dapat menimbulkan rasa khawatir berlebih sehingga sebagian ibu akan memutuskan untuk memberikan susu formula kepada bayi yang baru lahir.

  1. Kurangi Penggunaan Botol Susu 

Terus-menerus menggunakan botol susu bisa membuat bayi semakin enggan untuk mengisap ASI secara langsung dari payudara ibu. 

Oleh karena itu, lebih baik kurangi frekuensi penggunaan botol susu atau empeng, terutama jika bayi masih kecil dan belum bisa menyusu langsung dari payudara dengan cara yang benar.

  1. Menggunakan Sendok atau Gelas Khusus Laktasi 

Anda dapat menggunakan sendok atau gelas khusus laktasi (cup feeder) yang berbentuk agak cekung di ujungnya. 

Untuk di awal, penggunaan benda tersebut mungkin sedikit sulit dan membutuhkan latihan serta kesabaran. Namun, hal tersebut perlu dilakukan agar bayi tidak mudah bingung puting saat menyusui.

  1. Jangan Berhenti Menyusui Bayi 

Jika bayi tidak mau menyusu langsung dari payudara, jangan pasrah dan putus asa. Anda tetap mesti mengusahakan agar bayi ingin dan bisa menyusu dari payudara secara langsung.

Tipsnya, bantu bayi dengan cara menempelkan puting payudara ketika mulutnya sedang terbuka. Mengoleskan ASI di bibir bayi dan meletakan si kecil di atas tubuh Anda juga bisa dilakukan. Tujuannya, agar si buah hati bisa mencari sumber ASI yang tadi dioleskan ke bibirnya.

  1. Cari Waktu yang Tepat untuk Menyusui 

Dalam keadaan lapar, bayi biasanya akan mau menyusu dengan lebih baik. Oleh sebab itu, jika bayi sudah menunjukan tanda-tanda kelaparan, gunakan peluang tersebut untuk menyusuinya dari payudara secara langsung.

Bayi yang lapar biasanya akan mengisap payudara dengan semangat dan tanpa penolakan. Selain berhasil membuat bayi menyusu dari payudara, ASI yang didapatkan oleh si kecil juga akan lebih banyak.

  1. Lakukan Skin to Skin Contact dengan Bayi 

Saat terjadi skin to skin contact, bayi akan merasa lebih nyaman saat menyusui. Lakukan hal ini secara rutin selama bayi masih mengalami bingung puting. 

  1. Susui Bayi Sebelum Lapar

Jika terdapat kesempatan, Anda dapat menyusui bayi langsung dari payudara sekalipun si kecil belum terlihat kelaparan. Hal ini dapat dilakukan, khususnya jika si kecil sedang mengalami bingung puting.

  1. Ibu harus Tenang

Saat si kecil bingung puting, ibu harus berusaha tetap tenang agar bayi tidak bertambah rewel. 

Hindari memaksa bayi, karena menyusui harus dengan kasih sayang dan tercipta suasana yang nyaman. 

Sudah melakukan cara mengatasi bayi bingung puting susu ibu, namun hasilnya belum optimal? Jika memang begitu, Anda sebaiknya berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar