Sukses

4 Cara Tepat Mengatasi Bayi Bingung Puting

Si Kecil tidak mau menyusu langsung dari payudara? Bisa jadi ia mengalami bingung puting. Ketahui apa itu bingung puting cara tepat mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Menyusui adalah cara terbaik untuk memenuhi nutrisi bayi baru lahir sekaligus membangun ikatan antara ibu dan buah hati. Sayangnya, tak semua proses menyusui berjalan lancar. Salah satu kendala yang bisa terjadi adalah bingung puting dan Anda harus tahu cara tepat mengatasinya.

Apa itu bingung puting?

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), bingung puting adalah suatu keadaan yang terjadi karena bayi mendapat susu formula dengan botol bergantian dengan menyusu pada ibu. Hal ini terjadi karena mekanisme menyusu dari ibu berbeda dengan minum melalui botol dan dot. Sehingga, bayi kesulitan untuk membedakan antara dot dan puting payudara ibu.

Tanda-tanda bayi mengalami bingung puting antara lain:

  • Bayi menolak menyusu dari ibunya
  • Bila menyusu, mulutnya menguncup seperti minum dari dot
  • Waktu menyusu, bayi sebentar-sebentar melepas hisapannya.

Apabila kondisi bayi yang bingung puting ini tidak diatasi, maka ada kemungkinan bayi tak mau lagi menyusu dari payudara ibu. Pada akhirnya, pemberian ASI eksklusif akan terhambat.

1 dari 2 halaman

Cara tepat mengatasi bayi bingung puting

Agar bayi bingung puting tidak terus terjadi dan menimbulkan dampak buruk bagi ibu maupun si Kecil, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter menyarankan Anda untuk melakukan tindakan berikut guna mengatasinya:

  1. Kurangi penggunaan botol susu 

Terus-menerus menggunakan botol susu bisa membuat bayi jadi semakin enggan untuk minum ASI dari payudara ibu. Oleh karena itu, kurangi frekuensi penggunaan botol susu atau empeng, terutama jika bayi masih kecil dan belum bisa menyusu dari payudara dengan baik.

  1. Jangan berhenti menyusui bayi 

Jika bayi tidak mau menyusu dari payudara, jangan pasrah. Anda tetap mesti mengusahakan agar bayi ingin dan bisa menyusu dari payudara secara langsung.

Tipsnya, bantu bayi dengan cara menempelkan puting payudara ketika mulutnya sedang terbuka. Mengoleskan ASI di bibir bayi dan meletakan si Kecil di atas tubuh Anda juga bisa dilakukan, agar dirinya bisa mencari sumber ASI yang tadi dioleskan ke bibirnya.

  1. Cari waktu yang tepat saat menyusui 

Dalam keadaan lapar, bayi biasanya akan mau menyusu dengan lebih baik. Oleh sebab itu, jika bayi sudah menunjukan tanda-tanda sedang lapar, gunakan peluang tersebut untuk menyusuinya dari payudara secara langsung.

Bayi yang lapar biasanya akan mengisap payudara dengan semangat tanpa penolakan. Selain berhasil buat bayi menyusu dari payudara, ASI yang didapatkan oleh bayi juga akan lebih banyak.

  1. Bantu bayi untuk menyusu 

Selain menyodorkan payudara ketika mulut bayi terbuka, Anda juga bisa memijat payudara untuk mengeluarkan ASI saat sedang menyusu. Hal ini dilakukan agar dari awal bayi belajar menyusu dari payudara, sehingga dirinya tidak perlu kerepotan untuk mengisap ASI dari payudara.

Mencegah bayi bingung puting

“Tips untuk menghindari terjadinya bingung puting adalah dengan memberikan ASI secara langsung sampai usia minimal 4–6 minggu. Bila mau menggunakan botol susu untuk menyusui atau sudah terjadi bingung puting, sebaiknya konsultasikan dahulu ke dokter spesialis anak atau ke poli laktasi terdekat,” saran dr. Astrid.

Menyusui adalah cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi, yang bila ia sudah 6 bulan akan dibarengi dengan MPASI. Sayangnya, proses menyusui tak selalu lancar. Salah satu masalah banyak dihadapi adalah bayi bingung puting. Dengan mengetahui apa itu kondisi bayi bingung puting sekaligus cara mencegah dan mengatasinya, diharapkan permasalahan yang terkait kondisi tersebut bisa terselesaikan dan proses menyusui kembali lancar. Bila kesulitan mengatasinya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau konsultan laktasi.

(NB/RN)

0 Komentar

Belum ada komentar