Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

5 Cara Membersihkan Penis Setelah Berhubungan Seks

Jangan langsung tidur, penis tetap harus dibersihkan setelah berhubungan seks. Begini cara membersihkannya dengan benar!

Klikdokter.com, Jakarta Kehidupan seksual yang sehat tak hanya dilihat dari seberapa sering Anda dan pasangan melakukan seks, tapi juga bagaimana menjaga kebersihan genitalia setelah seks. Pria juga termasuk. Jangan langsung tidur, bersihkan penis dengan cara ini setelah berhubungan seks.

Menjaga kebersihan organ intim pria sangat penting. Penis  memiliki dua jenis kulit, yakni kulit mukosa dan kulit keratin. Berdasarkan penjelasan dari dr. Sara Elise Wijono, MRes, dari KlikDokter, kulit mukosa tidak memiliki lapisan kulit mati pada permukaanya, sehingga bagian ini sangat mudah untuk terluka dan teriritasi jika ada “pemicu” seperti cairan vagina yang menempel.

Alasan lain adalah jika melakukan seks oral saat seks.

“Selain cairan vagina, air ludah dari pasangan saat seks oral juga mengandung bakteri yang bisa dengan mudah menyebabkan iritasi, bahkan infeksi pada kulit mukosa. Oleh karena itu, itulah kenapa pria harus membersihkan penisnya sebelum dan setelah berhubungan seks,” jelas dr. Sara.

Cara membersihkan penis setelah berhubungan seks

Jangan seperti yang tampak di film-film, yaitu pasangan langsung mematikan lampu dan tidur setelah seks. Di kehidupan nyata, penis harus dibersihkan usai berhubungan seks. Begini caranya:

  1. Bersihkan dengan air mengalir

Setelah berbaring sejenak usai seks, pergilah ke kamar mandi dan bersihkan penis dengan air mengalir. Suhu air yang disarankan adalah suam-suam kuku. Jangan terlalu dingin atau terlalu panas, karena bisa-bisa penis teriritasi dan jadi lebih kaki.

Selain itu, Anda juga bisa mengelap penis dengan waslap yang sebelumnya sudah dicelupkan ke air hangat. Usap bagian atas, pinggir, dan bawah penis agar seluruh cairan vagina dan kuman yang menempel bisa dihilangkan.

  1. Hindari pakai sabun dengan wewangian

Selain cara di atas, Anda juga membersihkan penis dengan sabun ringan untuk mengusir bakteri atau residu lengket yang tersisa seperti cairan vagina atau lubrikan. Hindari menggunakan sabun berwarna atau dengan yang mengandung wewangian, karena dapat memicu iritasi.

“Jika ada, gunakan sabun bayi yang tidak memiliki kandungan berbahaya dan lembut untuk kulit. Selain itu, jangan menggosok kulit penis terlalu kencang, karena hal ini juga bisa menyebabkan lecet dan iritasi,” tambah dr. Sara.

  1. Jangan lupa buang air kecil

Tak hanya untuk wanita, pria juga disarankan untuk berkemih setelah berhubungan seks. Buang air kecil usai seks bisa membantu mencegah infeksi saluran kemih dan menjaga kebersihan uretra.

  1. Keringkan dengan benar

Selesai membersihkan penis, keringkan dengan benar.

“Kondisi penis yang lembap bisa menyebabkan munculnya jamur, yang nantinya bisa membuat penis jadi bau, gatal, dan bisa muncul ruam,” ungkap dr. Sara.

Gunakan kain, handuk, atau tisu yang lembut untuk mengeringkan penis setelah dibasuh.

  1. Gunakan pelembap

Setelah penis bersih dan kering, pertimbangkan penggunaan losion lembut atau pelempab untuk membantu rehidrasi dan melindungi kulit penis.

1 dari 2 halaman

Penis yang disunat vs yang tidak disunat

Pria yang tidak disunat perlu lebih sedikit berhati-hati saat membersihkan penis. Pasalnya, penis yang tidak disunat memiliki lebih banyak kulit mukosa. Itulah kenapa daging di bawah kulup terlihat lebih pink atau lebih lembut. Semakin banyak kulit sensitif tersebut, maka kulit akan semakin rentan terhadap iritasi. Hal ini diungkapkan oleh Dr. John Zampella dari NYU Langone Preston Robert Tisch Center for Men’s Health, Amerika Serikat, seperti dikutip di Men’s Health.

Selain itu, bagian kulup bisa menjebak iritan di bawahnya, menambah potensi masalah. Karena itulah, Dr. John mengatakan bahwa yang terpenting adalah membersihkan diri setelah seks, baik pria dengan penis yang tidak disunat maupun disunat. Untuk penis yang disunat, pastikan untuk menarik kulup saat membersihkan penis untuk membersihkan kotoran di lipatan atau area tersebut secara menyeluruh.

Lima cara di atas tidak rumit, kan, untuk membersihkan penis setelah berhubungan seks? Cara di atas tak hanya membantu Anda mendapat kehidupan seks yang sehat, tetapi juga menjauhkan penis dari gangguan yang tidak diinginkan. Jadikan itu sebagai kebiasaan tiap usah berhubungan seks, ya!

(RN)

0 Komentar

Belum ada komentar