Sukses

Penyebab Lutut Sakit Saat Naik Tangga

Sering mengalami nyeri lutut saat naik atau turun tangga? Bisa jadi ini penyebabnya!

Keluhan nyeri lutut bisa dirasakan oleh siapa saja. Tak jarang, adanya nyeri lutut baru disadari ketika sedang melakukan aktivitas fisik, seperti naik tangga.

Lutut sakit saat naik tangga merupakan salah satu kondisi medis yang disebut dengan chondromalacia. Yuk, kenali lebih jauh!

Apa Itu Chondromalacia?

Chondromalacia adalah kondisi ketika tulang rawan di bawah tempurung lutut menjadi lunak dan usang atau menghilang. Hal ini bisa mencetuskan nyeri lutut saat naik tangga, bukan pada saat aktivitas lainnya.

Lutut terdiri dari bagian-bagian yang bergerak, termasuk tulang paha (femur), tulang kering (tibia), dan tempurung lutut (patella).

Pada saat semua bagian lutut tersebut bergerak, terdapat bantalan tulang rawan yang mencegah mereka menjadi usang karena adanya gesekan yang terjadi secara terus-menerus.

Akan tetapi, ketika tulang rawan ini usang atau rusak, lutut kehilangan bantalan pelindung yang menyebabkan timbulnya nyeri yang disebut chondromalacia.

Artikel Lainnya: 5 Penyebab Lutut Nyeri Saat Ditekuk

1 dari 4 halaman

Aktivitas Penyebab Chondromalacia

Chondromalacia dapat menyebabkan nyeri tumpul saat menekuk lutut atau ketika lutut lurus setelah menekuk. Beberapa aktivitas yang dapat memicu nyeri pada kondisi chondromalacia, antara lain:

  • Berjalan Menuruni Bukit atau Naik Turun Tangga

Terkadang lutut sakit saat naik atau turun tangga. Pergerakan yang lebih dalam menyebabkan tempurung lutut dipaksa meluncur ke atas dan ke bawah di atas tulang paha lebih dari biasanya.

  • Meluruskan Lutut Ketika sedang Mengangkat Beban

Jika tulang rawan usang atau tempurung lutut tidak meluncur di lekukannya, seseorang mungkin merasakan sakit ketika lutut menekuk dan diluruskan. Namun, rasa sakitnya bisa hilang ketika berjalan karena lutut tidak harus banyak bergerak.

  • Segala Aktivitas yang Membuat Lutut Menekuk Lebih dari 90 Derajat

Selain kedua aktivitas tersebut, berjongkok, berlutut, atau menekuk lutut lebih dari 90 derajat juga dapat menyebabkan rasa sakit dengan kondisi ini. Hal tersebut karena semua kegiatan ini melibatkan tekukan lutut yang dalam.

Bahkan, sedikit pembengkakan tulang rawan bisa memicu rasa sakit selama melakukan beberapa kegiatan tersebut.

Artikel Lainnya: Penyebab Nyeri Lutut Setelah Jongkok atau Duduk Bersila

Beberapa orang mungkin juga merasakan sensasi retak setelah berolahraga ataupun penggunaan berat kaki dan lutut.

2 dari 4 halaman

Penyebab Nyeri Lutut Saat Naik Tangga

Selain disebabkan oleh chondromalacia, penyebab lutut sakit saat naik tangga dapat diakibatkan oleh beberapa hal berikut:

1. Cedera

Cedera seperti terjatuh, kecelakaan, atau pukulan pada lutut dapat membuat tempurung lutut keluar dari dudukannya, merusak tulang rawan, atau keduanya. Kondisi ini dapat menyebabkan lutut sakit saat naik dan turun tangga.

2. Lutut Terlalu Sering Digunakan

Penyebab lutut sakit saat naik tangga lainnya adalah terlalu sering menggunakan lutut. Misalnya berlari, melompat, atau segala aktivitas yang membutuhkan kerja lutut yang berat.

Oleh karena itu, kondisi chondromalacia sering disebut sebagai ‘lutut pelari’ karena sering terjadi pada orang di segala usia dan umumnya dialami oleh atlet berusia muda yang aktif.

Artikel Lainnya: Jangan Sepelekan Nyeri Lutut Setelah Naik Sepeda

3. Tempurung Tidak Selaras

Tidak selarasnya tempurung lutut dan tidak berada pada posisi yang semestinya membuat tulang rawan tidak dapat melindungi dari gesekan. Hal ini menyebabkan lutut sakit saat naik dan turun tangga.

Beberapa orang terlahir dengan kondisi lutut yang tidak selaras, sehingga dapat berujung pada kondisi chondromalacia.

4. Lemahnya Otot Paha

Otot paha yang lemah dapat menyebabkan kondisi chondromalacia sehingga Anda akan merasakan lutut sakit saat naik tangga. Otot-otot kaki membantu menyokong lutut dan membuatnya tetap berada di tempat.

Apabila otot-otot ini tidak kuat, lutut menjadi tidak selaras yang akhirnya dapat membuat tulang rawan menjadi aus dan menyebabkan nyeri.

3 dari 4 halaman

Cara Mencegah Lutut Sakit Saat Naik Tangga

Ada beberapa pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi lutut sakit saat naik tangga, di antaranya:

  • Lakukan gaya hidup yang sehat
  • Konsumsi makanan bergizi
  • Jalani aktivitas fisik yang baik untuk lutut dan semua sendi

Apabila mengalami lutut sakit saat naik dan turun tangga, mungkin ini merupakan tanda dari chondromalacia atau kondisi lainnya. Beberapa orang mengatasinya dengan menggunakan pelindung lutut saat berkebun, mengepel lantai, atau aktivitas lainnya.

Sepatu dengan pelindung yang sesuai juga dapat membantu menjaga lutut. Selain itu, penggunaan sepatu yang berkualitas akan membantu menyerap goncangan saat berjalan atau berlari.

[WA/ RS]

1 Komentar