Sukses

Pantat Sakit saat Hamil? Ini Cara Mengatasinya!

Tak cuma punggung yang terasa pegal, pantat pun bisa ikut sakit saat hamil. Agar tak sampai mengganggu aktivitas, ini cara mengatasinya.

Banyak hal yang dirasakan seorang ibu ketika sedang hamil. Mulai dari pegal-pegal sampai merasakan sakit di beberapa bagian tubuh. Salah satu yang bisa dialami adalah pantat yang terasa sakit.

Banyak ibu hamil yang cukup sering mencari cara untuk mengatasi rasa sakit pada pantat.

Bukan tanpa alasan, rahim dan janin makin lama makin besar dan memberikan tekanan pada punggung, pinggang, dan bokong. Akhirnya, menimbulkan rasa nyeri.

Namun, selain karena tekanan rahim dan janin yang membesar, masih ada juga beberapa faktor lain yang menyebabkan pantat Anda sakit saat hamil. Misalnya, wasir, panggul yang linu, dan kontraksi.

1 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Mengatasi Pantat Sakit saat Hamil?

Meski begitu, pantat yang sakit saat hamil bisa diatasi dengan berbagai cara. Simak di bawah ini:

1. Minum Obat

Mengatasi pantat sakit saat hamil harus berdasarkan penyebabnya. Jika penyebabnya adalah wasir, hal yang bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi obat penghilang rasa nyeri.

Namun, tentunya konsumsi obat yang aman untuk ibu hamil. Anda wajib berkonsultasi dulu kepada dokter sebelum membeli dan mengonsumsi obat.

2. Konsumsi Serat

Perbanyak konsumsi serat seperti sayur dan buah supaya sembelit bisa diminimalkan. Jika sembelit semakin parah, begitu pula dengan wasirnya. Alhasil, nyeri bokong tak bisa dicegah.

Artikel Lainnya: Perlukah Ibu Hamil Menambah Asupan Serat?

3. Hindari Duduk Terlalu Lama

Jangan duduk terlalu lama. Kalau ingin duduk, sebaiknya pastikan dudukannya dilapisi bantalan yang empuk.

4. Pentingnya Peregangan

Lakukan peregangan di bagian pinggang dan kaki agar nyeri bisa berkurang. Anda juga dapat memanfaatkan foam roller (roller busa).

5. Jangan Tinggalkan Air Putih

Perbanyak asupan air putih untuk meminimalkan rasa sakit akibat kontraksi.

6. Hindari Mengangkat Beban Terlalu Berat

Ibu hamil memang tidak disarankan mengangkat barang yang terlalu berat. Selain membuat pantat sakit, mengangkat beban terlalu berat juga berbahaya bagi kandungan.

7. Perhatikan Posisi Tidur

Tidurlah dengan posisi miring dan tambahkan bantal di antara kaki. Cara ini sangat membantu bumil untuk mengatasi bokong yang sakit.

Artikel Lainnya: Posisi Tidur Ibu Hamil, Bagaimana Posisi Tidur yang Aman?

2 dari 3 halaman

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Selama Kehamilan

Selain mengetahui cara-cara mengatasi keluhan saat hamil, ibu hamil juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisi agar selalu sehat dan bisa menjalani kehamilan dengan baik.

Kondisi kehamilan yang baik akan menjadi awal yang baik untuk proses persalinan. Beragam hal bisa dilakukan supaya bumil bisa sehat, misalnya menjaga pola makan bergizi seimbang.

Selain itu, ibu hamil juga perlu menunjang tambahan nutrisi dengan minum susu. Sebagai rekomendasi, minum susu PRENAGEN mommy dengan formula PRENAPRO yang bernutrisi lengkap yaitu nutrisi makro dan mikro.

Penyerapan nutrisi mikro membutuhkan nutrisi makro yang tepat dan seimbang. Jadi, penting bagi ibu hamil untuk memenuhi keduanya.

Sumber protein di dalamnya mampu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin. Lalu, susu ini pun tinggi kalsium untuk mendukung pembentukan tulang bayi dan kepadatan tulang ibu.

PRENAGEN mommy juga mengandung asam folat dan zat besi yang tinggi. Kandungan-kandungan ini dapat mencegah cacat tabung saraf janin dan pendarahan saat melahirkan.

Tak ketinggalan, ada kandungan DHA dan omega-3 untuk perkembangan otak janin.

Dengan memenuhi asupan gizi yang tepat, ibu hamil dapat menjalani masa kehamilan dengan sehat dan lancar! Bila ingin konsultasi ke dokter kandungan lebih cepat, pakai LiveChat dari Klikdokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar