Kesehatan Anak

Benarkah Ganja Efektif untuk Pengobatan Anak dengan Autisme?

Menurut sebuah uji klinis terbaru, pengobatan ganja dapat membantu pengobatan anak-anak dengan autisme. Namun, benarkah efektif?

Benarkah Ganja Efektif untuk Pengobatan Anak dengan Autisme?

Setiap 2 April, kita memperingati Hari Autisme Sedunia. Pada hari itu adalah kesempatan untuk meningkatkan kesadaran tentang gangguan spektrum autisme (autism spectrum disorder, ASD) yang kompleks.

Lebih dari sekadar perayaan, Hari Autisme Sedunia adalah panggilan untuk memahami, menerima, dan mendukung individu yang hidup dengan autisme. Sebelum lebih lanjut, Kami menjelaskan terlebih dahulu mengenai Autismspectrum disorder (ASD) atau autisme.

Kita bahas terlebih dahulu, apa itu Autisme?, ini merupakan kondisi gangguan perkembangan yang memengaruhi kemampuan berkomunikasi dan perilaku.

Meskipun dapat terdiagnosis pada usia berapa pun, autisme dikatakan sebagai gangguan perkembangan karena gejala umumnya muncul dalam dua tahun pertama kehidupan.

Autisme dikenal sebagai gangguan "spektrum" karena ada variasi yang luas dalam jenis dan tingkat keparahan gejala yang dialami. orang-orang dengan ASD memiliki gejala:

  1. Kesulitan dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain
  2. Minat terbatas dan perilaku berulang
  3. Gejala yang bisa mengganggu orang lain untuk belajar atau bekerja di sekolah, kantor, atau lingkungan
  4. Mengalami masalah tidur dan lekas marah

Meskipun ini dapat menjadi gangguan seumur hidup, perawatan dan layanan kesehatan yang baik dapat memperbaiki gejala serta kemampuan seseorang dalam berkomunikasi dengan baik.

Pada kesempatan ini, kami dari KlikDokter ingin membahas sebuah metode atau terapi alternatif untuk perawatan autisme, yaitu penggunaan ganja atau mariyuana.

Meskipun kontroversial, beberapa uji klinis terbaru menunjukkan potensi ganja dalam membantu mengelola gejala autisme. Namun, efektivitasnya masih memerlukan penelitian lebih lanjut dan pengawasan yang ketat.

Efektifkah Ganja bantu Penderita Autisme?

Mendeteksi Autisme pada Anak Melalui Permainan (tikcelo/Shutterstock)

Meski lebih dikenal sebagai bahan pemicu kecanduan dan ilegal di Indonesia, apakah ganja dapat efektif dalam pengobatan autisme? Menjawab hal tersebut, sebuah penelitian kecil dari Israel menemukan bahwa ekstrak ganja dapat digunakan untuk pengobatan gejala ASD.

Studi pengamatan ini mengumpulkan data tentang perilaku sebelum dan sesudah pengobatan dengan ekstrak ganja pada 188 remaja yang terdiagnosis ASD. Peneliti ingin memeriksa kualitas hidup dan perubahan suasana hati semua remaja itu.

Hasilnya, anak-anak yang diobati dengan ekstrak ganja mengalami kemajuan yang signifikan, dibandingkan dengan kelompok kontrol yang diberi plasebo.

Tak hanya itu, cannabidiol (CBD) dalam ganja juga telah terbukti membantu perilaku cemas dan mengobati masalah perilaku pada anak-anak dengan autisme.

Anak-anak yang diberikan ekstrak ganja mengalami peningkatan sebesar 49 persen dan 53 persen pada dua skala, di mana dokter dan orang tua mengukur gejala autism dan perilaku mengganggu.

Angka itu jauh lebih tinggi dibandingkan perawatan dengan menggunakan plasebo, yakni meningkat 21 persen dan 44 persen.

Artikel lainnya: Kenapa Anak dengan Autisme Biasanya Pintar? Ini Faktanya

Selain itu, kualitas hidup, suasana hati, dan kemampuan untuk melakukan kegiatan sehari-hari dinilai sebelum pengobatan dan enam bulan kemudian. Hasilnya, kualitas hidup naik dari 31,3 persen sebelum memulai pengobatan, menjadi 66,8 persen enam bulan setelah pengobatan.

Suasana hati juga meningkat dari 42 persen, menjadi 63,5 setelah enam bulan pengobatan. Studi kecil ini memang membuktikan bahwa pengobatan dengan ekstrak ganja dapat menjadi pengobatan autisme pada anak yang meliputi kualitas hidup, suasana hati, dan masalah perilaku.

Meski begitu, efektivitas dan keamanan ganja untuk autisme (dan penyakit apa pun) harus dievaluasi lebih lanjut dalam uji klinis berskala besar. Bila anak memiliki autisme, konsultasikan dengan dokter sebelum mencoba atau memulai terapi apa pun.

JIka ada pertanyaan tentang tema diatas Kamu bisa tanyakan langsung menggunakan fitur Tanya Dokter dan jangan lupa untuk unduh aplikasi KlikDokter.Jangan lupa untuk #JagaSehatmu selalu ya!

[HNS/RN]

ganjamariyuanaautism spectrum disorderAutisme

Konsultasi Dokter Terkait