Saraf

Serangan Stroke Bisa Diprediksi 30 Hari Sebelumnya, Perhatikan Ini!

dr. Jessica Florencia, Sp.PK, 28 Okt 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Menurut penelitian, seseorang yang mengalami infeksi ini tiga kali lebih mungkin terkena stroke, diprediksi terjadi dalam waktu 30 hari setelah infeksi.

Serangan Stroke Bisa Diprediksi 30 Hari Sebelumnya, Perhatikan Ini!

Penelitian menemukan bahwa pasien yang mengalami infeksi saluran kemih (ISK) tiga kali lebih mungkin mengalami stroke. Serangan stroke diprediksi terjadi 30 hari setelah pasien terinfeksi. Hasil penelitian ini diterbitkan oleh American Heart Association (AHA) dalam jurnal medis “Stroke” bulan Juni lalu.

Stroke merupakan salah satu penyakit penyebab kematian tertinggi kedua di dunia, yang angka kejadiannya semakin meningkat di Indonesia. Selain bisa berujung pada kematian, stroke juga dapat menyebabkan kesakitan dan kecacatan. Tak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental penderitanya.

Stroke terjadi ketika aliran darah ke otak terganggu baik karena sumbatan atau perdarahan, sehingga menyebabkan aliran darah ke otak menjadi terganggu dan otak tidak mendapatkan oksigen dan makanan yang diperlukan oleh sel otak. Stroke terjadi dalam hitungan detik hingga menit dan butuh penanganan medis sesegera mungkin.

Karenanya, Anda perlu tahu gejala stroke sehingga bisa langsung segera mencari bantuan medis. Gejala umum stroke adalah:

  • Gangguan dalam berbicara dan mengerti percakapan.
  • Kebas di daerah wajah, lengan, atau kaki yang sering kali terjadi hanya pada satu sisi tubuh.
  • Gangguan penglihatan yang terjadi pada satu atau kedua mata.
  • Sakit kepala tiba-tiba yang sangat parah dan dapat disertai muntah, pusing, atau gangguan kesadaran.
  • Masalah ketika berjalan, misalnya pusing tiba-tiba, kehilangan keseimbangan, atau kehilangan koordinasi tubuh.

Stroke bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti merokok, diabetes melitus atau penyakit gula, dan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Semuanya erat kaitannya dengan kejadian stroke.

Stroke Bisa Diprediksi Lewat Terjadinya Infeksi?

Penelitian sebelumnya telah menemukan hubungan antara infeksi akut dengan stroke iskemik. Namun, penelitian yang baru ini mempertimbangkan jenis infeksi yang lebih luas serta meneliti hubungannya dengan dua jenis stroke lainnya: stroke hemoragik perdarahan intraserbral (intracerabral hemorrhage) dan stroke hemoragik perdarahan subarachnoid (subarachnod hemmorhage).

Peneliti mempelajari analisis data yang dikumpulkan pada tahun 2006-2013 dari rumah sakit komunitas di New York, Amerika Serikat, melalui data rawat inap dan data departemen darurat. Peneliti memeriksa infeksi kulit, saluran kemih, darah, perut, dan pernapasan. 

Hubungan paling kuat terlihat pada ISK, yang dikaitkan dengan peningkatan risiko terjadinya stroke iskemik hingga tiga kali lipat dalam 30 hari setelah pasien terinfeksi ISK. Untuk jenis infeksi lain, risiko stroke iskemik turun seiring berjalannya hari setelah infeksi terjadi.

Untuk stroke hemoragik perdarahan intraserebral, hubungan terkuat adalah dengan ISK, infeksi darah, dan infeksi pernapasan.

Pada stroke perdarahan subarachnoid, hubungan yang ditemukan adalah hanya dengan infeksi pernapasan.

Temuan ini bisa menjadi awal yang baik untuk mengetahui apakah penanganan segera dan tepat—seperti pemberian vaksin dan antibiotik—dapat membuat kondisi lebih baik dan menurunkan risiko terjadinya stroke.

Hasil temuan tersebut bisa menjadi awal yang baik untuk mengetahui apakah pemberian vaksinasi, antibiotik, atau terapi antipembekuan darah bisa digunakan untuk pencegahan infeksi, dan bahkan mencegah stroke pada pasien dengan risiko stroke tinggi.

Pencegahan Stroke Lainnya

Selain dengan mewaspadai infeksi, khususnya ISK, ada banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah stroke, yaitu dengan mengendalikan faktor risiko terjadinya stroke seperti: 

  • Berhenti merokok
  • Mengendalikan diabetes
  • Menjaga berat badan tetap ideal
  • Menerapkan pola makan sehat dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah
  • Olahraga rutin
  • Mampu mengelola stres dengan baik
  • Batasi atau hindari minum minuman beralkohol
  • Cek kesehatan secara berkala

Dengan ditemukannya hubungan antara serangan stroke dengan infeksi, khususnya ISK, Anda perlu lebih waspada. Pasalnya, stroke diprediksi terjadi dalam waktu 30 hari setelah infeksi terjadi. Lakukan pencegahan dengan menerapkan pola hidup yang disebutkan tadi. Pola hidup yang sehat tersebut bukan hanya akan mencegah terjadinya stroke, tetapi secara keseluruhan dapat menyehatkan tubuh dan melindungi Anda dari banyak penyakit berbahaya lainnya.

(RN)

infeksiSerangan StrokeHari Stroke SeduniaStrokeInfeksi Saluran Kemih

Konsultasi Dokter Terkait