Kulit

Cara Mencegah dan Mengatasi Garis Kerutan di Dahi

dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, 29 Mar 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Garis kerutan di dahi bisa membuat Anda terlihat lebih tua. Yuk, simak cara mencegah dan mengatasinya di sini.

Cara Mencegah dan Mengatasi Garis Kerutan di Dahi

Ternyata, bukan cuma kerutan di sekitar mata yang bisa membuat Anda terlihat lebih tua. Garis kerutan di dahi alias glabella pun bisa membuat hal serupa. Tak suka dengan hal itu? Tenang, di bawah ini ada cara mencegah dan mengatasinya.

Namun, perlu Anda ketahui terlebih dahulu bahwa garis kerutan di dahi yang akan dibahas di sini adalah garis horizontal yang muncul di tengah dahi, bukan garis vertikal yang berada di antara dua alis.

Seiring bertambahnya usia, kulit akan menjadi lebih longgar dan ikatan kolagen yang membentuk struktur wajah menjadi kurang jelas, sehingga terbentuklah garis tersebut. Ekspresi berulang yang Anda lakukan juga akan membentuk garis kerutan di dahi.

Untuk menghilangkan kerutan di dahi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, seperti:

1. Jangan Lupakan Pelembap

Orang dengan kulit berminyak mungkin akan menganggap pelembap sebagai musuh, karena dapat memberikan sensasi lengket. Padahal, mereka tetap membutuhkan pelembap untuk mengatasi garis kerutan di dahi.

Pelembap yang digunakan bisa berbahan dasar gel, sehingga mudah meresap, ringan, dan tidak menyumbat pori. 

Penggunaan pelembap secara rutin juga akan membuat kulit lebih kebal terhadap segala proses penuaan dini.

Artikel Lainnya: Perbedaan Garis Halus dan Kerutan yang Perlu Anda Tahu

2. Gunakan Krim Antioksidan

Krim antioksidan juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kerutan di dahi atau jidat. 

Kandungan antioksidan dapat membantu kulit melawan kerusakan yang berasal dari stres oksidatif, seperti polusi udara dan racun dari lingkungan. 

Pilihlah krim antioksidan yang mengandung ekstrak teh hijau dan vitamin E, karena dapat membantu merangsang pertumbuhan kulit baru dan menjaga permukaan kulit terlihat lebih muda.

3. Gunakan Serum Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid dapat menghaluskan kulit dan menghambat munculnya keriput, karena bisa membantu menyimpan air hingga seribu kali lebih banyak. 

Dengan demikian, tekstur kulit tampak lebih kenyal, lembap, dan bercahaya.

Artikel lainnya: Penyebab Tangan Tampak Tua dan Keriput di Usia Muda

4. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Mengandung Peptide

Untuk menghilangkan kerutan di jidat, salah satu caranya adalah dengan menggunakan produk kulit yang mengandung peptide.

Peptide yang terdapat di dalam serum, pembersih, dan krim kulit dapat membuat kulit wajah menjadi lebih cerah serta merangsang pergantian sel. 

Meskipun ini tidak akan memperbaiki kerutan dengan sendirinya, efeknya dapat membuat kulit lebih halus secara keseluruhan dan kulit wajah menjadi lebih kencang.

5. Tindakan Medis Antiaging

Jika Anda kurang sabar dengan perawatan kulit secara rutin, maka Anda dapat melakukan tindakan medis untuk menghilangkan garis kerutan di dahi. 

Beberapa jenis tindakan tersebut adalah suntik botox, juvederm, dan soft tissue fillers, serta facelift atau teknik tarik wajah.

6. Senam Dahi

Salah satu cara alami untuk menghilangkan kerutan di dahi adalah dengan senam dahi. 

Berbaringlah telentang dan buka mata. Tempatkan tangan di dahi sehingga ujung-ujung semua jari saling berhadapan. Kemudian gerakkan alis dan kelopak mata ke atas. Tahan posisi ini selama 5 detik. 

Senam ini bermanfaat bagi otot-otot dahi dan menahan alis, sehingga membantu mengurangi keriput di area tersebut. 

7. Pijat Wajah

Pijat wajah dapat membuat kulit lebih kencang. Sebab, pemijatan ini dapat meredakan ketegangan. 

Perlu diketahui bahwa ketika otot-otot di wajah Anda tegang, mereka akan lebih cenderung menyimpan kerutan. Itulah sebabnya Anda perlu melakukan pijat wajah secara teratur.

Artikel lainnya: Benarkah Lidah Buaya Bisa Hilangkan Kerutan di Wajah?

8. Perhatikan Asupan Makanan

Cara lainnya untuk menghilangkan kerutan di jidat adalah dengan memperhatikan pola makan sehari-hari.

Konsumsilah makanan yang mengandung banyak antioksidan, seperti buah sitrus, buah beri, sayuran berwarna hijau gelap, dan lainnya. 

Selain itu, hindari makanan tinggi garam, minuman bersoda, alkohol, serta makanan yang digoreng.

9. Cukup Tidur

Untuk menghilangkan kerutan di dahi, memiliki tidur yang cukup dan berkualitas itu sangat penting!

Penelitian menyimpulkan bahwa kebiasaan begadang akan membuat seseorang terlihat sepuluh tahun lebih tua dari usia sebenarnya. 

Selain itu, kerutan di wajah akan bertambah banyak jika Anda kurang tidur. Usahakanlah untuk tidur selama 6 hingga 8 jam setiap malam.

10. Perbanyak Minum Air Putih

Memenuhi asupan cairan dapat membantu mengurangi keriput pada wajah hingga 25 persen. Karenanya, konsumsilah air yang cukup setiap harinya.

Umumnya setiap orang dianjurkan minum sebanyak 8 gelas atau kurang lebih 2 liter per hari. 

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kerutan di dahi. Usahakan sabar dalam melakukan perawatan tersebut. Sebab, perawatan kulit tidak bisa memberikan hasil yang instan kecuali melakukan tindakan medis antiaging.

Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan kulit, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter melalui Live Chat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

[RS]

Penuaan Dinikerutankeriput

Konsultasi Dokter Terkait