Sukses

Mengungkap Manfaat Tidur Telanjang bagi Kesehatan

Bagi beberapa orang, tidur telanjang dianggap tak nyaman. Namun kesampingkan dulu anggapan itu, karena tidur tanpa busana punya banyak manfaat.

Klikdokter.com, Jakarta Tak sedikit yang mengernyitkan dahi saat mendengar rekomendasi tidur telanjang. Alasannya macam-macam, mulai dari takut masuk angin, takut digigit nyamuk, tidak nyaman, atau malu. Padahal, menurut dr. Muhammad Iqbal Ramadhan dari KlikDokter, manfaat sehat tidur telanjang bukan hanya isapan jempol belaka, lo!

Faktanya, tidur mengenakan pakaian, terutama yang ketat, justru akan menghambat sirkulasi darah dan membuat tidur tidak nyenyak. Bukan hanya itu, keesokan harinya pun, Anda akan bangun dengan bekas-bekas kemerahan yang gatal, apalagi jika tidak melepas bra atau celana dalam yang sempit saat tidur.

Sebaliknya, Anda tidak akan merasakan hal tersebut apabila tidur telanjang. Di luar manfaatnya tersebut, dr. Iqbal juga mengatakan bahwa tidur telanjang bisa mendatangkan manfaat sehat berikut ini:

  • Meningkatkan hormon serotonin

Hormon serotonin berpengaruh terhadap perasaan tenang dan senang. Jika kadar hormon ini meningkat, Anda akan menjadi lebih cepat terlelap dan keesokan harinya bisa bangung dengan kondisi yang lebih segar. 

  • Mengurangi hormon kortisol

Hormon kortisol memengaruhi tingkat stres dan berkaitan dengan risiko penyakit kronis. Ketika Anda tidur telanjang, tubuh akan terasa lebih nyaman, sehingga kadar hormon tersebut bisa menurun. Alhasil, tingkat stres dan risiko penyakit juga lebih minimal.

  • Hormon melatonin meningkat

Orang yang susah tidur biasanya memiliki kadar melatonin yang rendah. Ini berkaitan dengan proses penuaan dini.

“Jika Anda tidur telanjang, kadar melatonin akan meningkat,” kata dr. Iqbal.

  • Meningkatkan kesehatan organ intim

Untuk wanita, tidur dengan celana dalam yang ketat akan membuat area vagina terlalu lembap.

“Sedangkan pada pria, mengenakan celana dalam yang terlalu ketat saat tidur akan meningkat suhu di area testis. Suhu panas akan menurunkan kualitas sperma diproduksi,” dr. Iqbal menambahkan.

Tetap tenang meski tidur telanjang

Banyak hal yang membuat seseorang terhalang untuk merasakan manfaat tidur telanjang. Jangan khawatir, ini tips yang bisa Anda ikuti:

1. Sesuaikan dengan kondisi

Malu untuk tidur telanjang? Hal ini sebenarnya bisa disesuaikan dengan konteks Anda saat itu. Misalnya, Anda sedang tidak tidur di kamar sendiri atau sedang mengikuti kegiatan yang mengharuskan tidur beramai-ramai. Kondisi tersebut bisa diakali dengan hanya melepas bra atau celana dalam, dan mengganti pakaian dengan piyama.

Perlu Anda tahu, piyama adalah pakaian yang dianjurkan untuk digunakan saat tidur. Piyama biasanya berbahan lembut, adem dan longgar, sehingga sirkulasi darah tetap lancar dan kualitas tidur ikut meningkat.

2. Jaga kebersihan

Jangan takut digigit serangga akibat tidur telanjang. Jika Anda telah membersihkan seluruh area kamar, termasuk kasur, sprei, bantal maupun guling dengan teliti, seharusnya tidak ada serangga yang akan datang dan menggangu tidur Anda.

3. Gunakan selimut

Tidak perlu khawatir akan ancaman masuk angin gara-gara tidur telanjang, karena Anda bisa memanfaatkan selimut. Ketika memutuskan untuk tidur tanpa pakaian, Anda dapat melindungi tubuh dari suhu dingin dengan cara membungkus diri dengan selimut yang nyaman sesuai suhu ruangan.

4. Siapkan jubah tidur

Tak sedikit orang yang menolak tidur telanjang karena alasan susah keluar kamar jika ada keadaan darurat. Untuk perkara ini, Anda dapat mengakalinya dengan penggunaan jubah tidur.

Untuk antisipasi, letakkan jubah tidur di dekat kasur. Sehingga, saat ada kejadian darurat, Anda dapat dengan mudah keluar dengan mengenakan jubah tersebut. 

Manfaat sehat tidur telanjang sayang sekali untuk dilewatkan, bukan? Lakukanlah jika situasinya memungkinkan dan Anda merasa nyaman. Bila tidak, kenakan pakaian tidur yang longgar dan nyaman.

(NB/RN)

0 Komentar

Belum ada komentar