Sukses

4 Makanan yang Bisa Membantu Mengurangi Efek Rokok

Selain sehat untuk kesehatan tubuh, makanan ini juga bisa mengurangi efek yang diberikan oleh rokok.

Klikdokter.com, Jakarta Perokok tahu betapa buruknya rokok bagi kesehatan, tetapi tetap saja menutup mata. Demi tubuh sehat, cobalah perlahan kurangi hingga berhenti merokok. Sementara menunggu, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan yang bisa membantu mengurangi efek merokok. Apa saja?

Paru-paru punya risiko tinggi terserang penyakit karena berhubungan dengan dunia luar lewat saluran napas atas. Kondisi tersebut menjadikan organ pernapasan ini terpapar alergen, polutan, atau mikroba. Kebiasaan merokok dan menghirup polusi udara tentu bisa berdampak buruk pada paru-paru.

Mengurangi efek rokok dengan makanan ini

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan paru. Tak hanya untuk para perokok atau mereka yang baru saja berhenti merokok, tetapi juga orang-orang yang sering terpapar polusi udara, memiliki kondisi kronis yang memengaruhi sistem pernapsan seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dan cystic fibrosis (fibrosis kistik). Nah, salah satunya adalah dengan mengonsumsi:

  1. Vitamin A

Vitamin A mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu menangkal radikal bebas di sel tubuh, sehingga bisa mencegah kerusakan sel. Contoh makanannya adalah ubi jalar, labu, wortel, dan paprika untuk mendapatkan vitamin A.

  1. Vitamin C

Selain vitamin A, vitamin C juga mengandung antioksidan dan antiradang yang mampu mencegah kerusakan sel dalam tubuh akibat paparan asap rokok.

“Sudah ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa mengonsumsi sumber vitamin C dengan jumlah yang tepat bisa mencegah penyakit asma, memperbaiki jaringan paru, dan meningkatkan fungsi organ tubuh,” ujar dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter.

Juga dari KlikDokter, dr. Andika Widyatama menyarankan Anda untuk banyak makan apel.

“Kandungan flavonoid, vitamin, dan antioksidan (terutama vitamin C) di dalamnya dipercaya dapat membentu melindungi organ paru dari berbagai penyakit. Bahkan ada penelitian yang menemukan komponen apel yang dapat memperbaiki kerusakan jaringan paru akibat merokok,” ungkap dr. Andika.

  1. Omega-3

“Omega-3 memiliki kandungan antioksidan yang bisa mengurangi inflamasi pada paru-paru dan membasmi bakteri yang merusak kesehatan organ tubuh,” tambah dr. Sepriani.

  1. Antioksidan lainnya

Salah satu sumber antioksidan yang terbukti baik untuk paru-paru adalah teh hijau. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru. Senyawa tersebut bahkan berpotensi melindungi jaringan paru-paru dari efek bahaya merokok.

Menurut studi di Korea yang diterbitkan di “The Journal of Nutrition” tahun 2018, orang-orang yang minum teh hijau setidaknya dua cangkir per hari dilaporkan memiliki fungsi paru yang lebih baik dibandingkan dengan orang-orang yang tidak meminumnya.

1 dari 2 halaman

Makanan untuk membantu berhenti merokok

Meski ada makanan yang dapat membantu membersihkan organ paru dari berbagai polutan atau mikroba, tetapi untuk perokok, fokus utamanya harus tetap berhenti merokok demi kesehatan yang lebih baik.

Selain dengan tekad kuat, Anda juga bisa berhenti merokok dengan bantuan makanan atau pola makan ini:

  • Terapkan pola makan teratur dan jangan lewatkan waktu makan. Perut lapar bisa membuat Anda refleks mencari rokok. Jika disiplin makan tiga kali sehari plus 2-3 kali ngemil, Anda bisa menghindari perasaan tersebut.
  • Sibukkan mulut, misalnya dengan mengunyah wortel atau seledri mentah. Mengunyah makanan yang renyah dapat membuat perhatian mulut “teralihkan”. Pilihan kunyahan lainnya adalah brokoli, kol, atau irisan paprika. Siapkan juga saus cocol (dipping sauce) jika ingin tambahan rasa.
  • Siapkan selalu permen karet saat merasa ngidam.
  • Jagung pop atau popcorn juga dapat membantu mengalihkan perhatian dari hasrat merokok—membuat mulut dan tangan sama-sama sibuk. Popcorn diketahui tinggi serat dan rendah kalori. Untuk menambah rasa, tambahkan bumbu rempah seperti bubuk bawang putih atau bubuk paprika. Hindari menambahkan banyak garam dan butter.
  • Ingin yang manis-manis? Konsumsi buah-buahan segar seperti jeruk, apel, atau pisang. Selain manis, buah-buahan tersebut kaya akan vitamin, antioksidan, dan serat. Ini penting karena antioksidan dan vitamin C  jumlahnya menyusut pada perokok.

Memang ada beberapa jenis makanan yang dapat membersihkan paru-paru untuk membantu mengurangi efek rokok. Meski demikian, prioritasnya tetap harus berhenti merokok demi kesehatan yang lebih baik sebelum terlambat. Bila kesulitan untuk berhenti, baiknya minta bantuan profesional, misalnya dengan ikut konseling.

(RN)

1 Komentar