Sukses

Tips Jaga Kesehatan Saat Cuaca Panas

Cuaca panas sedang melanda beberapa daerah Indonesia. Yuk, ketahui tips menjaga kesehatan saat cuaca panas sedang menerpa.

Klikdokter.com, Jakarta Cuaca panas masih akan melanda beberapa daerah di Indonesia sampai beberapa hari ke depan. Khusus di Jakarta, suhu udara bahkan sampai 36-38 derajat Celsius pada siang hari. Kalau sudah begini, Anda harus tahu tips menjaga kesehatan karena cuaca panas sangat rentan menyebabkan kesehatan terganggu.

Panas yang sedang terjadi di beberapa daerah Indonesia mulai dikeluhkan banyak pihak. Hal ini diprediksi masih akan terus berlangsung dalam beberapa hari mendatang dan warga diminta bersiap untuk menghadapinya dengan baik.

Tercatat banyak faktor yang menyebabkan cuaca panas ini. Salah satunya adalah posisi matahari yang sedang tepat berada di garis ekuator atau khatulistiwa.

"Posisi matahari sekarang sedang tepat di atas Indonesia. Nah, itu yang menyebabkan kenapa suhu terasa panas," papar Fahry Rajab, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG seperti dilansir dari Liputan6.com.

Selain itu, penyebab lain yang cukup mudah dilihat adalah kondisi awan di langit Jakarta dan sekitarnya yang sedang sedikit. Hal ini membuat terik panas matahari langsung menimpa tanah, tanpa ada penghalang dari awan.

Bahaya cuaca panas bagi kesehatan

Cuaca panas yang sedang terjadi perlu diwaspadai karena bisa mengganggu kesehatan Anda. Berikut adalah deretan masalah kesehatan yang dapat timbul akibat cuaca panas:

  • Dehidrasi

Ini sudah menjadi pengetahuan umum. Cuaca panas bisa membuat Anda mengeluarkan lebih banyak cairan, terutama bagi yang beraktivitas di luar ruangan. Oleh karena itu, selalu sediakan air minum di tangan Anda.

  • Masalah pernapasan

Masalah ini juga bisa terjadi pada saat cuaca panas. Sebab, udara cenderung menjadi kering dan debu menjadi ringan. Akibatnya, debu bisa masuk ke saluran pernapasan.

Awalnya, akan menyebabkan iritasi, lalu akhirnya bisa membuat infeksi pada pernapasan," ungkap dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter.

  • Diare

Masih menurut dr. Sepriani, munculnya diare sama seperti pada masalah pernapasan. Oleh karena cuaca cenderung kering dan debunya ringan, sehingga debu jadi mudah menyangkut di makanan, mengontaminasinya, dan akhirnya menyebabkan diare.

Ini adalah gangguan kesehatan yang paling berbahaya jika berbicara tentang cuaca panas. Akan semakin berbahaya lagi jika suhu sudah di atas 40 derajat Celsius.

"Kalau suhu sudah sangat tinggi, terutama saat sudah di atas 40 derajat Celsius, fungsi-fungsi organ seperti otak, ginjal, dan jantung akan terganggu. Pada akhirnya, itu bisa membuat Anda kejang dan tidak sadarkan diri," tutur dr. Sepriani.

1 dari 2 halaman

Tips menjaga kesehatan saat cuaca panas

Jika sudah begini, Anda harus bisa menjaga kesehatan Anda. Berikut adalah tips agar tubuh tetap dalam kondisi baik saat cuaca sedang tidak bersahabat menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter:

  • Perbanyak asupan air putih, minimal 8 gelas per hari untuk menghindari dehidrasi. Hindari konsumsi air teh karena bersifat diuretik, sehingga akan membuat Anda lebih sering buang air kecil.
  • Gunakan pakaian dengan bahan tipis, tidak menyerap panas, longgar, dan berwarna terang atau putih.
  • Memakai pelembab untuk menjaga hidrasi kulit dan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.
  • Perbanyak asupan sayur dan buah yang tinggi kadar airnya.
  • Jika ada waktu luang, isi dengan beristirahat cukup.
  • Hindari paparan sinar matahari secara langsung. Jika memungkinkan, cari tempat yang sejuk, teduh, atau ruangan yang memiliki pendingin ruangan.
  • Jika memungkinkan, kurangi aktivitas di luar ruangan antara pukul 11 siang hingga 3 sore. Sebab, pada waktu ini, suhu udara sedang mengalami peningkatan.
  • Anda dapat mandi untuk menyegarkan badan. Namun, jangan terlalu sering saat udara sedang panas karena akan membuat kulit menjadi lebih kering.
  • Hindari makanan tinggi protein karena akan meningkatkan panas di dalam tubuh.
  • Hindari pemakaian kosmetik terlalu tebal karena akan membuat udara terasa lebih panas, terutama di area wajah.
  • Jika sudah terjadi heat cramp atau kondisi kram otot yang menyakitkan, Anda bisa mengatasinya dengan asupan makanan atau minuman yang tinggi garam.
  • Jika terjadi heat exhaustion, segera istirahat di tempat teduh, dinginkan tubuh di lingkungan dengan udara yang sejuk, dan rehidrasi tubuh dengan cairan, lalu segera ke rumah sakit.

Itulah tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh saat cuaca panas seperti sekarang ini. Kuncinya adalah cukupi cairan dalam tubuh. Selain itu, jika terpaksa berkegiatan di luar ruangan pada siang hari, Anda bisa menggunakan topi supaya kepala tidak langsung terkena paparan sinar matahari.

[MS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar