Sukses

Cara Mudah Menghilangkan Kantung Mata

Pada sebagian orang, munculnya kantung mata bisa memengaruhi rasa percaya diri. Simak cara mudah menghilangkannya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Dalam hampir semua kasus, munculnya kantung mata memang tidak menimbulkan masalah serius pada kesehatan. Masalahnya, kantung mata bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang. Lalu bagaimana cara mudah menghilangkannya?

Mengapa kantung mata bisa muncul?

Kantung mata terjadi akibat adanya penumpukan cairan pada daerah bawah mata, yang merupakan daerah dengan jaringan kulit tipis dan longgar.

Seiring dengan bertambahnya usia, struktur jaringan dan otot yang mendukung kelopak mata akan semakin melemah. Dengan demikian, struktur kulit akan semakin mengendur, sehingga lemak yang ada di sekitar mata dapat bergerak ke daerah bawah mata.

Pada umumnya, munculnya kantung mata akan diikuti beberapa gejala penyerta, seperti:

  • Pembengkakan mata karena adanya penumpukan cairan di bawah mata 
  • Lingkar hitam di area mata 
  • Kerutan di wajah

Beberapa hal yang paling sering menyebabkan timbulnya kantung mata adalah kurang tidur. Selain itu juga terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi garam yang menyebabkan terjadinya penumpukan cairan di bawah mata, gangguan alergi, faktor keturunan, dan kebiasaan merokok.

Ini cara mudah menghilangkannya

Untuk menghilangkan kantung mata, sebenarnya bisa dilakukan dengan cara-cara yang mudah dan sederhana. Berikut ini adalah beberapa caranya:

  • Kompres area mata 

Kompres area mata menggunakan kain bersih dan air dingin selama 10 sampai 15 menit dalam posisi yang tegak. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan mentimun atau kantung teh sebagai kompres di area mata.

  • Cukupi durasi jam tidur 

Agar peredaran darah di area mata semakin lancar, usahakan untuk tidur setidaknya 8 jam di malam hari.

  • Perbaiki posisi tidur 

Ternyata, posisi tidur tertentu dapat mengurangi kantung di area mata. Tidurlah dengan kepala sedikit terangkat. 

  • Cukupi kebutuhan cairan

Pastikan Anda mengonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari agar kulit terjaga kekenyalan dan kelembapannya.

  • Konsumsi kalium 

Makanan yang mengandung kalium dapat mengatasi kekurangan cairan di dalam tubuh yang memicu munculnya kantung mata. Sumber makanan yang mengandung kalium, antara lain pisang, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

  • Penggunaan krim mata 

Mengoleskan krim mata yang mengandung kamomil secara rutin dapat membantu mengurangi peradangan dan pengencangan kulit.

  • Jangan lupa membersihkan area mata dari kosmetik 

Jika Anda telah seharian memakai kosmetik, jangan lupa untuk menghapusnya sebelum tidur agar tidak terjadi pertumbuhan bakteri di area mata.

Pada beberapa kasus yang cukup berat, masalah kantung mata juga dapat diperbaiki dengan tindakan operasi kelopak mata (blepharoplasty). Operasi ini dilakukan dengan cara mengeluarkan lemak, kulit, ataupun otot yang berlebih di area kelopak mata.

Jika kantung mata Anda sudah mulai berkurang, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan mata. Penuhi asupan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan mata, seperti sayuran hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, dan buah-buahan.

Bila perlu, Anda juga dapat menambahnya dengan asupan suplemen yang mengandung vitamin A, vitamin C, zink, dan lutein. Biasakan juga untuk tidak menatap layar elektronik terlalu lama, serta melakukan olahraga secara rutin.

Apabila beberapa cara mudah menghilangkan kantung mata di atas ternyata tidak dapat membantu, apalagi jika disertai dengan timbulnya gangguan penglihatan, segera konsultasikan hal tersebut ke dokter. Dengan pemeriksaan yang tepat, maka penanganannya pun akan dapat dilakukan dengan optimal.

[MS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar