Sukses

Jarang Diketahui, Ini 4 Khasiat Tomat untuk Pria

Bukan buah biasa, tomat ternyata memiliki kandungan gizi yang terbukti mampu menunjang kesehatan pria.

Klikdokter.com, Jakarta Tomat. Buah berwarna merah yang memiliki nama latin Solanum lycopersicum ini sering dijadikan campuran sup, dikonsumsi langsung, atau disajikan sebagai minuman. Apa pun bentuknya, tomat yang disajikan dan dikonsumsi dengan cara tepat terbukti bisa memberikan segudang manfaat bagi kesehatan pria.

Faktanya, tomat memiliki kandungan yang bernama likopen. Senyawa ini merupakan golongan antioksidan kuat, yang terbukti mampu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. 

Dengan mengonsumsi sajian tomat yang tepat dan secara rutin, pria bisa merasakan manfaat sehat berikut ini:

  • Terhindar dari kanker prostat

Kanker prostat adalah penyakit yang hanya terjadi pada pria. Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, likopen pada tomat dapat mencegah terbentuknya radikal bebas yang menggiring terbentuknya sel kanker. 

"Para peneliti telah mencoba membuktikan hal tersebut dan hasilnya cukup menjanjikan," ujar dr. Sepriani.

Penelitian tersebut mengatakan bahwa pria yang rutin mengonsumsi tomat memiliki risiko kanker prostat yang lebih rendah. 

Bahkan, pada pasien pria yang sudah mengalami kanker prostat, likopen pada tomat dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker dan melindungi sel prostat yang masih normal dari kerusakan.

Meski hasilnya menjanjikan, dr. Sepriani mengatakan bahwa tim peneliti masih belum dapat menentukan berapa banyak tomat yang diperlukan untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut. 

Selain itu, peneliti juga menekankan bahwa manfaat tersebut hanya bisa diraih apabila tomat disajikan dengan cara yang tepat.

Likopen terikat dengan kuat pada dinding sel sehingga sulit dicerna oleh tubuh bila Anda mengonsumsi tomat utuh. 

“Jadi, untuk manfaat yang lebih maksimal, sebaiknya olah terlebih dahulu dengan cara dijus, dijadikan saus pasta, atau dicampur dalam sup agar likomen tersebut terlepas dan mudah diserap tubuh," ungkap dr. Sepriani.

  • Kesehatan seksual lebih baik

Likopen dapat secara alami membantu pembuluh darah menjadi lebih relaks. Hal ini bisa mengoptimalkan sirkulasi darah, yang pada gilirannya turut meningkatkan aliran darah di penis dan mendukung ereksi yang optimal. 

  • Menjaga paru-paru

Tomat dapat memperbaiki kerusakan paru-paru yang disebabkan oleh kebiasaan merokok. 

Sebagaimana penelitian menyatakan bahwa tomat adalah salah satu buah yang dapat memperlambat penurunan fungsi paru-paru mantan perokok selama 10 tahun. 

Dikatakan pula bahwa orang yang makan lebih dari dua buah tomat dalam satu hari mengalami penurunan fungsi paru-paru yang lebih lambat.

  • Jantung lebih sehat

Tomat mengandung berbagai komponen bioaktif, seperti karotenoid, vitamin A, kalsium, dan asam gamma-aminobutyric

Sebuah penelitian mengatakan bahwa konsumsi rutin jus tomat murni selama satu tahun bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Dengan menurunnya kadar kolesterol jahat, risiko penyakit jantung dan stroke juga akan lebih rendah.

Pria, apakah Anda tertarik dengan manfaat sehat yang ditawarkan oleh tomat? Jika ya, tingkatkan konsumsi produk berbahan tomat –seperti jus tomat, saus tomat, sup tomat dan sejenisnya. Pastikan tomat yang digunakan pada produk tersebut berasal dari buah asli dan bukan perasa semata. Jadi, sudahkah Anda makan tomat hari ini?

(NB/ RH)

1 Komentar