Sukses

6 Tanda Kutu Rambut yang Tak Boleh Diabaikan

Gatal-gatal dan rasanya seperti ada yang berjalan di kulit kepala? Awas, bisa jadi itu kutu rambut. Kenali tandanya lalut atasi secepatnya!

Klikdokter.com, Jakarta Masalah di kulit kepala bukan cuma ketombe. Masalah lain yang juga sangat mengganggu adalah kutu rambut yang bersarang di kulit kepala, menyebabkan keluhan gatal-gatal. Selain gatal, apa lagi tanda kutu rambut yang tak boleh diabaikan?

Dikatakan oleh dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter, gigitan kutu rambut di kulit kepala dapat menyebabkan iritasi dan rasa gatal berlebih. Akibatnya, frekuensi garuk-garuk kepala akan lebih sering atau lebih intens.

“Kutu rambut umumnya tidak berbahaya, karena tidak menyebarkan penyakit. Meski begitu, hewan kecil ini bisa menyebabkan iritasi dan mengganggu kesehatan kulit kepala," ungkap dr. Adeline.

Tanda-tanda Anda digerayangi kutu rambut

Selain rasa gatal yang hebat, beberapa hal lain yang bisa menjadi tanda bahwa rambut Anda dihuni oleh sejumlah kutu adalah:

1.   Titik putih di rambut

Orang yang memiliki masalah kutu rambut biasanya akan mendapati banyak bulir kecil berwarna putih di batang rambutnya. Ini bukan ketombe, melainkan telur kutu.

Bagaimana membedakannya? Pertama, telur kutu sulit dihilangkan dari rambut, sementara ketombe biasanya mengelupas dengan mudah. Kedua, ketombe umumnya berwarna warna putih pekat (atau kekuning-kuningan) dan mengelupas dari kulit kepala secara langsung, sedangkan telur kutu terlihat seperti butiran beras kecil yang melekat di folikel rambut.

2.   Sensasi menggelitik di kulit kepala

Pada beberapa kasus, kehadiran kutu rambut bisa memicu sensasi menggelitik di kulit kepala. Sensasi ini bisa sangat terasa, khususnya saat kutu sedang menjelajahi kulit kepala. Meski demikian, gejala bisa tak dirasakan semua penderita.

Dilansir dari Prevention, seorang dokter di Connecticut Children's Medical Center, Amerika Serikat (AS), Patricia Garcia, MD, mengungkap bahwa sebagian besar pasiennya tidak merasakan sensasi menggelitik tersebut saat mengalami masalah kutu rambut.

3.   Benjolan merah di kulit kepala

Adanya kutu rambut bisa menyebabkan rasa gatal yang tidak tertahankan. Rasa gatal tersebut disebabkan oleh air liur kutu yang keluar saat menggigit kulit kepala.

"Air liur kutu dapat menyebabkan reaksi alergi dan munculnya ruam merah atau benjolan di kulit," kata Ashanti Woods, MD, dari Mercy Medical Center, Baltimore, AS.

4.   Terlihat kotoran rambut yang bergerak saat menyisir

Kutu rambut tidak suka cahaya dan akan berusaha menghindari segala benda yang mengganggu keberadaannya di kulit kepala. Saat kutu tersebut lengah dan tersapu oleh sisir, bukan tidak mungkin Anda akan menemukan kotoran kecil bergerak di sisir yang digunakan.

5.   Koreng di kepala

Gigitan kutu dapat menyebabkan iritasi di kulit kepala. Jika kulit yang teriritasi digaruk dengan keras secara berulang, keropeng akan muncul tidak lama kemudian.

Jika Anda menemukan keropeng setelah menggaruk atau menyisir, bisa jadi hal tersebut dalangnya adalah kehadiran kutu rambut.

6.   Susah tidur

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), kutu rambut cenderung aktif pada malam hari, baik untuk mencari makan maupun bergerak. Ini dapat membuat penderita kutu rambut tak bisa tidur akibat rasa gatal yang berlebihan.

Mengatasi kutu rambut

Jika Anda terbukti kutuan, jangan khawatir, karena masalah ini bisa dibasmi dengan menggunakan obat kutu yang dijual bebas.

Selain itu, dr. Sara Elise Wijono, MRes, dari KlikDokter mengatakan, orang yang seranjang dengan penderita kutu rambut juga kemungkinan perlu diobati.

“Bagi penghuni rumah lainnya, sebelum memulai pengobatan dapat dipastikan terlebih dahulu apakah terserang kutu juga atau tidak. Kutu rambut akan mati bila terpapar panas (kurang lebih 540C),” jelasnya.

Agar tidak tertular, dr. Sara merekomendasikan untuk mencuci sarung bantal, seprai, topi, dan benda yang terkena kontak dengan kepala penderita selama dua hari menggunakan air panas. Benda yang sulit dicuci, seperti karpet, dapat dibersihkan dengan mesin vacuum. Solusi lainnya yaitu membungkus benda tersebut dengan plastik selama dua minggu.

Itu dia tanda-tanda kutu rambut yang tak boleh diabaikan. Meski tidak berbahaya, tetapi kutu rambut adalah masalah kesehatan yang harus ditumpas. Jangan biarkan kutu rambut terus hidup di kulit kepala dan mengganggu aktivitas dan kualitas hidup Anda.

(NB/RN)

1 Komentar