Sukses

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Beberapa hari ini, buah salak jadi perbincangan hangat di media sosial. Tapi, apakah Anda sudah tahu manfaatnya untuk kesehatan?

Klikdokter.com, Jakarta Dalam beberapa hari ini, buah salak menjadi perbincangan hangat setelah artis Nia Ramadhani diketahui tak bisa membuka kulit buah tersebut. Meski jadi bahan pergunjingan, nyatanya salak merupakan buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apakah Anda sudah tahu?

Warganet membicarakan ketidakmampuan Nia membuka kulit salak setelah melihat unggahan sang suami, Ardi Bakrie, di akun Instagram-nya. Sontak, banyak yang mengolok-olok selebritas cantik ini gara-gara hal tersebut.

Omong-omong tentang salak, ternyata ada banyak manfaat bagi kesehatan di balik kulitnya yang berwarna cokelat dan bersisik itu. Penasaran?

Manfaat buah salak untuk kesehatan

Demi bisa menikmati buahnya, Anda perlu membuka kulitnya dari posisi atas alias kuncupnya. Lalu, tinggal sobek saja dan Anda bisa langsung memakan daging buahnya.

Membuka kulit buah dengan nama latin Salacca zalacca ini ternyata cukup praktis, kan? Dan yang lebih menyenangkan adalah kebaikan yang tersembunyi di dalamnya.

Salak mengandung kalsium, fosfor, potasium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan karbohidrat. Kandungan tersebut membuat salak kaya akan berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti:

1. Menunjang kesehatan mata

"Ini karena salak mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Sebagaimana diketahui, kesehatan mata perlu ditunjang asupan vitamin A yang baik. Selain itu, salak juga memiliki beta-karoten, kandungan yang juga sangat dibutuhkan mata," ujar dr. Muhammad Iqbal Ramadhan dari KlikDokter.

2. Menjaga daya tahan tubuh tetap baik

Pertahanan tubuh yang baik adalah kunci agar Anda bisa beraktivitas dengan baik. Pertahanan tubuh Anda bisa dalam kondisi baik jika mendapat asupan vitamin B yang memadai. Sementara, salak merupakan salah satu buah yang melimpah dengan jenis vitamin ini.

3. Menambah stamina

"Salak memiliki kandungan karbohidrat, atau dalam kata lain punya kadar gula. Tapi, jenis gula dalam salak adalah jenis gula yang baik. Karbohidrat pada salak bisa menambah stamina dan tenaga. Ini seperti makanan manis pada umumnya," jelas dr. Iqbal.

4. Kesehatan jantung

Salak diketahui tidak mengandung kolesterol, tapi mengandung kalium. Hal ini pun akan berefek pada kesehatan jantung Anda. Selain itu, salak juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan pembuluh darah.

5. Menghindarkan tubuh dari penyakit kronis

"Antioksidan yang dimiliki salak juga bisa menghindarkan Anda dari beragam penyakit kronis, tak hanya jantung. Sebab, antioksidan bisa menghambat terjadinya peradangan di dalam tubuh. Dengan demikian, salak bisa menghindarkan Anda dari diabetes dan stroke karena bisa mencegah penumpukan sel radang," kata dr. Iqbal.

6. Menjaga kesehatan pankreas

Di dalam salak, ada kandungan yang bisa meregenerasi sel pankreas. Sebagaimana diketahui, pankreas yang sehat dibutuhkan oleh penderita diabetes. Sebab, penderita diabetes tidak bisa menghasilkan insulin yang normal akibat penurunan fungsi sel pankreas.

Itulah deretan manfaat makan buah salak untuk kesehatan yang perlu Anda tahu. Tertarik mencobanya? Anda pun tidak perlu khawatir kesulitan dalam membuka kulitnya, sebab, meski bersisik seperti ular, sebenarnya buah ini masih cukup mudah untuk dikonsumsi.

[MS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar