Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Daftar Makanan yang Membuat Kebiasaan Mendengkur Makin Parah

Daftar Makanan yang Membuat Kebiasaan Mendengkur Makin Parah

Tahukah Anda bahwa jenis makanan yang membuat mendengkur semakin parah? Kenali dan waspadai beberapa makanan penyebab tidur ngorok berikut ini.

Apakah Anda punya kebiasaan mendengkur saat tidur? Kondisi ini memang tidak terlalu mengganggu diri sendiri. Namun, kebiasaan mendengkur bisa mengganggu bahkan mengacaukan kualitas tidur rekan seranjang Anda.

Faktanya, mendengkur terjadi ketika aliran udara menyebabkan getaran pada jaringan lunak di daerah tenggorokan. Risiko seseorang untuk mengalami kondisi tersebut dapat dipengaruhi oleh bentuk anatomi mulut, dan obesitas atau kelebihan berat badan.

Selain itu, makanan yang Anda konsumsi sehari-hari ternyata juga dapat memperberat gejala mendengkur saat tidur. Berikut ini beberapa makanan yang membuat mendengkur semakin parah:

1 dari 4 halaman

1. Kedelai

Beralih dari susu sapi ke kedelai ternyata tidak dapat membantu menghentikan kebiasaan mendengkur saat tidur. Malahan, konsumsi produk kedelai dapat membuat Anda mendengkur semakin parah.

Kedelai dapat meningkatkan produksi lendir pada saluran pernapasan, karenanya dapat meningkatkan risiko mendengkur saat tidur.

Artikel Lainnya: 8 Penyebab Ngorok atau Mendengkur saat Tidur, Apa Saja?

2. Susu Tinggi Lemak

Susu tinggi lemak dan produk olahannya dapat memicu dan memperparah produksi lendir di saluran pernapasan.  Hal ini dihubungkan dengan perburukan kondisi yang berhubungan dengan sleep apnea, termasuk mendengkur.

Selain itu, susu tinggi lemak juga dapat meningkatkan risiko obesitas, yang merupakan salah satu faktor risiko mendengkur.

Penelitian yang diterbitkan di American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine menyebut, 72 pasien sleep apnea dengan kelebihan berat badan yang membatasi asupan lemak jenuh mengalami perbaikan gejala mendengkur saat tidur.

2 dari 4 halaman

3. Daging Tinggi Lemak

Daging yang tinggi kandungan lemak dapat meningkatkan risiko obesitas, gangguan jantung, dan pembuluh darah.

Jika sedari awal berat badan Anda sudah berlebih, konsumsi daging tinggi lemak dapat semakin mendekatkan pada kondisi obesitas. Cepat atau lambat, hal tersebut bisa mencetuskan atau memperberat gejala mendengkur saat tidur.

Artikel Lainnya: Begini Posisi Tidur yang Baik agar Tidak Mendengkur

4. Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan cenderung tinggi akan gula tambahan. Jenis karbohidrat tersebut berkontribusi terhadap meningkatnya jumlah kalori di dalam tubuh, sehingga bisa menyebabkan obesitas.

Mengonsumsi karbohidrat olahan secara berlebihan juga membuat Anda berisiko mengalami gejala sleep apnea yang lebih parah.

3 dari 4 halaman

5. Alkohol

Mengonsumsi alkohol sebelum tidur dapat meningkatkan risiko mendengkur, karena melemahnya otot pernapasan. Jadi, agar tak mendengkur, hindari asupan alkohol sebelum tidur, ya!

6. Kopi

Minuman yang mengandung kafein ini dapat meningkatkan peradangan pada saluran napas jika dikonsumsi berlebihan.

Selain itu, kandungan kafein pada kopi juga dapat membuat Anda terjaga pada malam hari dan menyebabkan gangguan pola tidur.

Makanan dan minuman di atas bukanlah faktor mutlak yang menyebabkan gejala mendengkur saat tidur. Karena pada dasarnya, mendengkur dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk anatomi mulut dan berat badan.

Oleh karena itu, jika Anda masih mengalami keluhan setelah membatasi makanan penyebab tidur ngorok, lebih baik konsultasikan kondisi kesehatan kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

Jangan anggap sepele, kebiasaan mendengkur yang tidak terkendali dapat menjadi tanda dari adanya sleep apnea!

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar